Sukses

Aktor Legendaris Robby Sugara Tutup Usia, Ini 5 Fakta Kiprahnya di Dunia Hiburan

Aktor gaek era 1970-1980-an ini tutup usia pada Kamis (13/6/2019) pukul 00.10 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Aktor legendaris Robby Sugara meninggal dunia di Rumah Sakit UKI, Jakarta Timur, Kamis (13/6/2019). Pria bernama lengkap Robert Isaac Kaehena ini mengembuskan napas terakhirnya pada pada pukul 00.10 WIB.

Kabar meninggalnya Robby Sugara diketahui dari akun Facebook Toto Soegriwo. Dirinya membagikan informasi wafatnya bintang film tersebut.

Robby Sugara sendiri semasa hidupnya adalah seorang aktor yang telah banyak bermain dalam judul film maupun sinetron. Ya, aktor berdarah Jawa, Ambon dan Belanda ini telah memulai kiprahnya di dunia hiburan Indonesia sejak tahun 1970-an.

Berikut 5 fakta kiprah Robby Sugara di dunia hiburan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Awali Debut Sebagai Aktor dari 1975

Robby Sugara lahir di Malang, pada tahun 1951. Ia merupakan aktor berdarah blasteran, yakni Jawa-Ambon-Belanda.

Pada tahun 1975, aktor ini mulai terkenal karena iklan pria Brisk yang dibintanginya. Pasca itulah Robby Sugara mulai bermain film pada tahun 1975.

Robby mengawali debut filmnya pada tahun 1975. Tahun itu, dirinya membintangi lima film. Di antaranya Rahasia Perawan, Sentuhan Cinta, Wajah Tiga Perempuan, Ranjang Siang Ranjang Malam.

3 dari 6 halaman

Salah Satu Aktor Film Dijuluki The Big Fives

Di masa keemasannya pada tahun 1970-1980-an, Robby Sugara merupakan salah satu dari lima aktor film yang mendapat julukan The Big Fives. Makna dari The Big Five yakni lima artis yang mendapat bayaran termahal.

Empat artis lainnya dari The Big Five yakni Roy Marten, Yenny Rachman, Yatie Octavia, dan Tanty Yoshepa.

Dalam tahun-tahun tersebut, Robby Sugara dapat bermain 7 judul film dalam setahun dan paling sedikit 3 judul film dalam setahun.

4 dari 6 halaman

Perankan Karakter di 43 Film dan 7 Sinetron

Aktor kawakan Robby Sugara ini telah mainkan banyak peran sejak tahun 1975 dengan film pertamanya Rahasia Perawan. Dan yang paling terbaru di tahun 2018 dengan judul 3 Dara 2.

Selain itu pula, Robby telah bermain 7 sinetron. Siapa sangka aktor ini juga bermain di sinetron Tersanjung yang sangat legendaris di dunia sinetron Indonesia.

5 dari 6 halaman

Sempat Vakum 32 Tahun dalam Dunia Perfilman

Menilik dari jejak kariernya, dari tahun ke tahun Robby Sugara sempat berada di masa keemasannya. Aktor ini bisa bermain dalam banyak judul film, namun ada pula dirinya sempat vakum main film dari tahun 1983.

Di tahun 1983, Robby Sugara terakhir bermain dalam film Dalam Lingkaran Cinta. Lalu Robby baru kembali bermain peran dalam film setelah 32 tahun, yaitu pada 2015 yang perankan Tuan Derma dalam film Garuda Superhero.

6 dari 6 halaman

Bermain Film Horor Modern

Belum lama ini Robby Sugara terlibat dalam film horor modern dengan judul Jangan Sendrian. Dalam pembuatannya memang tidak ada kendala yang berarti, dan Robby juga banyak berbagi pengalaman dengan pemain-pemain muda lainnya.

Selain itu pada 13 tahun terakhir sebelumnya, baru kali ini Robby bermain film horor. Ya, sebelumnya Robby Sugara memang dikenal dengan perannya di berbagai film bertema percintaan.

Belum diketahui apakah proses pembuatan film ini telah rampung atau masih di tengah jalan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.