Sukses

Sering Dianggap Menjijikkan, Ini 6 Manfaat Makan Belut Bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat belut bagi kesehatan mungkin masih belum banyak yang menyadari. Bahkan banyak juga orang-orang yang menganggap belut menjijikkan karena bentuknya tidak seperti ikan kebanyakan, padahal belut termasuk salah satu jenis ikan.

Belut yang biasa dikonsumsi adalah jenis belut sawah. Walaupun bentuknya menjijikkan dan membuat geli yang melihatnya, belut tetap sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Belut bisa diolah dengan berbagai cara seperti digoreng, direbus, atau dengan cara lainnya sebagai teman makan.

Beruntunglah kamu yang suka mengonsumsi belut, karena belut memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan dengan berbagai kandungan yang dimilikinya. Menemukan belut di pasar juga tidak susah, biasanya di setiap pasar tradisional banyak yang menjual belut sawah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/6/2019) ragam manfaat belut bagi kesehatan.

2 dari 4 halaman

Sumber Protein dan Kalori

1. Sumber Protein yang Tinggi

Manfaat belut bagi kesehatan yang pertama adalah menjadi sumber protein yang tinggi. Belut dapat memenuhi kebutuhan protein harian tubuh dengan kandungan sebanyak 20 gram dari seporsi belut. Oleh karena itu, belut sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil hingga balita sebagai sumber protein yang tinggi, tentunya dengan penyajian yang tepat.

Selain itu, belut juga memiliki kandungan mineral dan zat turunan protein yang lengkap. Hal ini bermanfaat bagi kesehatan jantung, otak, serta sistem kekebalan tubuh. Bahkan daging belut juga bisa membentuk hormone yang dapat mencegah terjadinya kanker, seperti kanker payudara.

2. Kalori

Selanjutnya, belut juga mengandung banyak kalori. Oleh karena itu, belut sangat bermanfaat dalam mengisi tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan saking tingginya kandungan kalori dalam belut, bisa disetarakan dengan kandungan karbohidrat di dalam nasi. Dengan kandungan kalori yang tinggi tersebut, kamu juga harus mengatur konsumsi belut dalam porsi yang sewajarnya dan tidka berlebihan. Konsumsilah belut secukupnya agar harimu lebih bertenaga.

3 dari 4 halaman

Zat Besi dan Fosfor

3. Zat Besi 

Zat besi merupakan salah satu kandungan belut yang tidak kalah bermanfaatnya. Zat besi dapat mencegah anemia pada tubuh. Bila tubuh kekurangan zat besi, maka akan terhadi kekurangan suplai oksigen ke seluruh tubuh karena terjadinya pembentukan hemoglobin dalam sel-sel darah. Selain itu, zat besi juga bisa menjadi menghilangkan rasa lelah dan letih pada tubuh.

4. Fosfor 

Manfaat makan belut selanjutnya didapat dari kandungan fosfor yang dimilikinya. Kandungan fosfor pada belut sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi. Mengonsumsi belut secara teratur damat menghindari kamu dari penyakit osteoporosis. Kandungan fosfor ini akan sangat bagus dikonsumsi oleh lansia ataupun balita bila dikonsumsi secara teratur dan porsi yang aman.

4 dari 4 halaman

Vitamin dan Arginin

5. Kaya Vitamin

Belut juga kaya akan kandungan vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan vitamin A pada belut sangat bermanfaat untuk kesehatan mata serta kesehatan sel reproduksi. Selain itu, kandungan vitamin B juga bisa meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan dungsi enzim. Selain itu masih banyak fungsi vitamin dalam belut seperti membantu perkembangan fungsi jaringan saraf, membantu pembentukan protein, penambah darah, dan lain-lain.

6. Arginin

Kandungan belut selanjutnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan adalah arginin. Arginin yang terkandung dalam belut memiliki fungsi penting untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Bagi yang ingin memiliki jantung sehat, disarankan untuk makan belut, karena makan belut dapat menurunkan risiko serangan jantung, dan juga penyempitan pembuluh darah.

Loading