Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Penampakan Lift Gunung Tertinggi di Dunia, Bikin Merinding

Liputan6.com, Jakarta Jika mendengar tentang negara China pasti yang ada dipikiran banyak orang pertama kali adalah canggihnya teknologi dan uniknya bangunan modern di sana. Banyak bangunan megah di China, baik yang masih berupa rancangan maupun yang sudah jadi, kini dirancang dengan bentuk super aneh dan nyentrik. Salah satu buatan China yang akhir-akhir ini menjadi sorotan adalah sebuah lift.

Elevator atau lift adalah alat mekanik yang sering digunakan untuk mengangkut orang, mobil, atau benda-benda lain di atas sebuah platform. Lift biasanya dapat ditemukan pada berbagai bangunan seperti mall, hotel, rumah sakit, gedung pemerintahan, industri, dan bahkan apartemen. Tapi tidak di China, di Negara Tirai Bambu ini elevator dibangun di gunung.

Kali ini China membuat lift yang mungkin jadi paling menyeramkan di dunia yang dapat menyaingi German Aquarium Elevator, American Arches elevator, dan menjadi elevator tertinggi di dunia. Elevator buatan China ini menjulang setinggi 330 meter atau setara tinggi tebing di kawasan Yuanjiajie, Zhangjiajie National Forest Park, China, seperti yang Liputan6.com lansir dari Guinness World Records, Kamis (13/6/2019).

2 dari 7 halaman

Lift Outdoor Tertinggi di Dunia

Lift outdoor tertinggi di dunia ini bernama The Bailong Elevator. Namanya memiliki arti secara harfiah adalah “ratusan naga”. Lift ini disebut sebagai lift tertinggi di dunia yang pernah diciptakan di kawasan outdoor, dan uniknya lift ini dipergunakan untuk mencapai puncak gunung. Bailong mempunyai tiga gerbong, masing-masing mampu menampung sampai 50 orang sekali jalan.

Elevator yang dibangun di Gunung Tianmen, Kota Zhangjiajie, Provinsi Hunan ini merupakan lift tembus pandang yang siap mengantarkan wisatawan ke puncak dalam waktu sekejap. The Bailong Elevator sendiri telah dibuka untuk umum semenjak 2002 ini mampu mengantarkan pelancong ke puncak tebing dalam waktu kurang lebih 2 menit.

Padahal kalau berjalan kaki dari bawah sampai puncak tebing, membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Tiket untuk menaiki The Bailong Elevator ini adalah CNY 73 atau kurang lebih Rp 150 ribu. Situs bangunan The Bailong Elevator ini juga menjadi warisan dunia yang tetapkan oleh UNESCO.

Selain The Bailong Elevator, Zhangjiajie National Forest Park juga menawarkan Huangshi village, lokasi paling tepat untuk menyaksikan keindahan taman nasional. Kemudian ke Golden Whip Stream, yang terkenal dengan pemandangan wisata airnya yang tenang. Berikut potret keindahan The Bailong Elevator yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/6/2019).

3 dari 7 halaman

1. The Bailong Elevator terletak di kawasan situs bersejarah Wulingyuan.

4 dari 7 halaman

2. The Bailong Elevator dapat dicapai dari pusat Kota Zhangjiajie menggunakan bus umum, selama kira-kira 45 menit sampai 1 jam perjalanan.

5 dari 7 halaman

3. Lift dibangun pada tahun 1999 dan dibuka pertama kali setahun setelahnya, yaitu pada tahun 2000.

6 dari 7 halaman

4. The Bailong Elevator memiliki material kaca.

7 dari 7 halaman

5. Ketinggian dan keunikan lift ini sudah diakui oleh Guiness World Record dengan menyabet 3 penghargaan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Merasa Terganggu, Penyanyi Ini Tendang Penggemar yang Terus Merekamnya
Artikel Selanjutnya
6 Potret Daxing Airport, Bandara dengan Terminal Terbesar di Dunia