Sukses

7 Ilustrasi Ini Ungkap Keprihatinan Konflik yang Terjadi di Sudan

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini, beberapa platform media sosial dipenuhi dengan foto profil bernuansa biru ataupun unggahan lukisan ilustrasi berlatar biru. Di waktu yang bersamaan, terpampang pula tagar #BlueForSudan yang banyak digaungkan pengguna media sosial. Tagar tersebut merupakan wujud keprihatinan warga dunia terhadap kisruh politik yang tengah terjadi di Sudan.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu unjuk rasa berlangsung di negara yang terletak di timur laut benua Afrika itu. Hingga kini, ratusan warga Sudan tewas secara brutal di ibu kota Khartoum. Bahkan tak sedikit yang terluka dan dikabarkan hilang akibat konflik yang terjadi. Akibatnya, publik internasional mengungkapkan keprihatinannya dengan menggaungkan tagar #BlueForSudan.

Dikutip Liputan6.com dari Al Jazeera pada Jumat (14/6/2019), gelombang biru semakin viral di berbagai platform, di mana banyak pengguna Twitter dan Instagram bersama-sama mengenang salah satu korban, Mohamed Mattar, yang warna favoritnya dikabarkan adalah biru.

Insinyur berusia 26 tahun itu ditembak secara brutal hingga tewas dalam bentrok pada 3 Juni lalu. Mattar dilaporkan ditembak ketika berusaha melindungi dua wanita selama pembubaran kamp protes di luar markas milite Sudan.

Sejak pemberitaan tersebut, pengguna media sosial beramai-ramai mengganti foto profil mereka dengan warna biru kesukaan Mattar. Selain itu, beberapa juga membuat lukisan bertemakan tagar #BlueForSudan. Selengkapnya, berikut ini 7 potret ilustrasi lukisan sebagai bentuk penghormatan kepada para korban yang tewas akibat kisruh politik di Sudan, seperti yang Liputan6.com himpun dari berbagai sumber, Jumat (14/6/2019).

2 dari 8 halaman

1. Platform media sosial dipenuhi dengan foto profil bernuansa biru.

3 dari 8 halaman

2. Berfokus pada konflik yang tengah terjadi di Sudan berupa korupsi, penindasan, hingga pembantaian.

4 dari 8 halaman

3. Ilustrasi pakaian yang berlumuran darah sebagai potret kekejaman yang terjadi di Sudan.

5 dari 8 halaman

4. Terinspirasi dari sosok kakek yang terkulai lemah di tanah karena dihajar habis-habisan.

6 dari 8 halaman

5. Ilustrasi kepalan tangan melambangkan perjuangan warga Sudan hingga titik darah penghabisan.

7 dari 8 halaman

6. Derai air mata membanjiri perpecahan di Sudan.

8 dari 8 halaman

7. Jumlah korban yang berjatuhan di Sudan menjadi sorotan publik internasional.

Loading