Sukses

Pertolongan Pertama Saat Vertigo Kambuh, Atasi dengan Tenang

Vertigo berbeda dari sakit kepala biasa.

Liputan6.com, Jakarta Vertigo adalah salah satu keluhan medis yang paling umum ditemukan. Vertigo adalah perasaan pusing yang terjadi tanpa ada tanda-tanda yang menyertainya. Ini disebabkan oleh indra yang memberi tahu otak bahwa tubuh tidak seimbang, meskipun sebenarnya tidak.

Vertigo bisa terasa mirip dengan mabuk perjalanan. Orang yang mengalami vertigo umumnya menggambarkan sensasi sebagai "merasa pusing" atau merasa seolah-olah ruangan itu berputar. Meski demikian, vertigo tidak sama dengan sakit kepala biasa.

Penanganan vertigo tergantung pada penyebabnya. Vertigo dapat datang secara tiba-tiba tanpa tanda awal. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki riwayat vertigo atau beresiko vertigo, penting untuk mengetahui pertolongan pertama saat terserang vertigo.

Berikut pertolongan pertama saat vertigo kambuh yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat(14/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal vertigo

Vertigo adalah gejala dari kondisi yang mendasarinya, bukan diagnosis itu sendiri. Jadi vertigo merupakan gejala dari sebuah kondisi tertentu. Beberapa jenis vertigo hanya akan terjadi sekali, dan beberapa jenis akan terus berulang sampai kondisi yang mendasarinya ditemukan.

Ada dua kategori vertigo. Pertama, vertigo perifer yang terjadi sebagai akibat dari masalah di telinga bagian dalam atau saraf vestibular. Saraf vestibular menghubungkan telinga bagian dalam dengan otak.

Kategori yang kedua yakni, Vertigo sentral yang terjadi ketika ada masalah di otak, terutama otak kecil. Otak kecil adalah bagian dari otak belakang yang mengontrol koordinasi gerakan dan keseimbangan. Neuritis vestibular, stroke, cedera kepala atau leher, dan penyakit Meniere adalah semua kondisi lain yang dapat menyebabkan vertigo.

3 dari 5 halaman

Pertolongan pertama saat vertigo

Dilansir dari Healthline, pertolongan pertama saat vertigo adalah teknik Epley maneuver. Teknik ini adalah strategi yang sering dilakukan bagi banyak orang yang mengalami vertigo. Penelitian menunjukkan bahwa manuver Epley sangat efektif untuk orang dengan BPPV. Anda dapat melakukan manuver di rumah dengan mengikuti prosedur sederhana ini:

1. Gerakkan kepala 45 derajat ke kiri atau kanan tergantung dari letak sumber vertigo yang dirasakan.

2. Kemudian berbaring cepat dengan posisi bahu di atas bantal dan julurkan leher kebawah.

3. Posisi kepala harus lebih rendah dari bahu. Dengan posisi ini telinga yang menjadi sumber vertigo ada dalam posisi di bawah. Tahan posisi ini selama kurang lebih 30 detik.

4. Setelah itu tanpa mengangkat kepala coba untuk menolehkan kepala 90 derajat ke kanan dan tahan kembali selama 30 detik.

5. Kemudian gerakkan seluruh badan mengikuti kepala 90 derajat ke kanan dan tahan posisi selama 30 detik.

6. Cobalah untuk kembali duduk di sisi kanan.

Jika vertigo masih terus terasa dalam waktu yang lama, segera hubungi dokter atau pihak medis terdekat.

4 dari 5 halaman

Gerakan untuk mengatasi vertigo

Manuver Semont-Toupet adalah serangkaian gerakan serupa yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengatasi vertigo. Manuver ini kurang dikenal, tetapi beberapa penelitian mengklaim teknik ini sama efektifnya dengan Epley maneuver. Semont-Toupet maneuver sangat mirip dengan Epley maneuver, tetapi membutuhkan fleksibilitas leher yang lebih sedikit. Berikut tekniknya:

1. Mulailah dengan duduk tegak di permukaan datar, dengan bantal di belakang dan dengan kaki terentang.

2. Berbaringlah, posisikan tubuh ke kanan, dan arahkan pandangan ke kiri dan ke atas.

3. Duduk dengan cepat dan putar kepala ke sisi kiri, pertahankan kepala Anda menghadap ke kiri. Arahkan pandangan ke bawah.

4. Perlahan kembali ke posisi semula, arahkan pandangan ke depan dan duduk tegak.

5 dari 5 halaman

Cara menyembuhkan vertigo secara alami

Jika Anda mengalami vertigo di rumah, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkannya. Berikut cara menyembuhkan vertigo secara alami, dilansir dari Healthline.

Gingko biloba

Ginkgo biloba telah dipelajari untuk efeknya pada vertigo dan ditemukan sebagai sumber yang efektif sebagai obat resep terkemuka untuk mengobati vertigo. Ekstrak Gingko biloba dapat dibeli dalam bentuk cair atau kapsul. Minum 240 miligram ginkgo biloba setiap hari dapat mengurangi gejala vertigo dan membuat Anda merasa lebih seimbang.

Vitamin D

Jika Anda curiga vertigo Anda terhubung dengan sesuatu yang tidak Anda dapatkan dalam makanan, Anda mungkin benar. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat memperburuk gejala bagi orang yang memiliki BPPV, penyebab vertigo yang paling umum.

Segelas susu yang diperkaya vitamin D atau jus jeruk, tuna kalengan, dan bahkan kuning telur semua akan meningkatkan kadar vitamin D. Mintalah dokter memeriksa kadar vitamin D sehingga Anda tahu apakah Anda membutuhkan lebih banyak asupan vitamin D.

Hidrasi

Kadang-kadang vertigo disebabkan oleh dehidrasi sederhana. Mengurangi asupan natrium dapat membantu mengurangi dehidrasi. Tetapi cara terbaik untuk tetap terhidrasi adalah dengan minum banyak air putih. Pantau asupan air dan cobalah untuk memperhitungkan kondisi panas, lembab dan situasi berkeringat yang mungkin membuat Anda kehilangan cairan ekstra. Rencanakan untuk minum air ekstra saat cenderung mengalami dehidrasi.

Kendalikan stres

Beberapa kondisi yang menyebabkan vertigo, termasuk penyakit Meniere, dapat dipicu oleh stres. Berlatih meditasi dan teknik bernafas dalam adalah cara yang baik untuk memulai. Stres jangka panjang bukanlah sesuatu yang baik, dan seringkali penyebab stres bukanlah hal-hal yang dapat Anda hilangkan dari hidup Anda.

Tidur cukup

Vertigo juga dapat dipicu oleh kurang tidur. Jika Anda mengalami vertigo untuk pertama kalinya, itu mungkin akibat stres atau kurang tidur. Jika Anda dapat menghentikan apa yang sedang Anda lakukan dan tidur sebentar, Anda mungkin mendapati bahwa perasaan vertigo Anda telah teratasi dengan sendirinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.