Sukses

Sering Disepelekan, 6 Kebiasaan Ini Bisa Picu Kanker Payudara

Jangan sepelekan pemicu kanker payudara ini.

Liputan6.com, Jakarta Setiap wanita ingin tahu apa yang bisa dia lakukan untuk menurunkan risiko kanker payudara. Beberapa faktor yang terkait dengan kanker payudara seperti genetika memang tidak dapat diubah. Namun, faktor-faktor lain seperti kelebihan berat badan, kurang olahraga, merokok, dan makan makanan yang tidak sehat dapat diubah.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kanker payudara adalah kanker yang paling umum pada wanita. Lebih dari 41.000 wanita diperkirakan meninggal karena penyakit ini. Kanker payudara juga dapat didiagnosis pada pria. ACS juga memperkirakan bahwa pada 2019, lebih dari 2.600 pria akan didiagnosis, dan sekitar 500 pria akan meninggal karena penyakit itu.

Dengan memilih opsi gaya hidup sehat, Anda dapat mengendalikan diri sendiri dan memastikan risiko kanker payudara serendah mungkin. Ada beberapa faktor risiko yang meningkatkan peluang Anda terkena kanker payudara. Faktor resiko ini bisa didapat dari aktivitas sehari-hari.

Agar lebih waspada, berikut aktivitas sehari-hari yang bisa memicu kanker payudara seperti yang dirangkum Liputan6.com dari Breastcancer.org, Jumat (14/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kurang olahraga

Penelitian menunjukkan hubungan antara berolahraga teratur pada tingkat sedang atau intens selama 4 hingga 7 jam per minggu dikaitkan dengan risiko kanker payudara yang lebih rendah. Orang yang berolahraga secara teratur cenderung lebih sehat dan lebih cenderung mempertahankan berat badan yang sehat dan memiliki sedikit kelebihan lemak.

Sel-sel lemak membuat estrogen dan sel-sel lemak ekstra membuat estrogen ekstra. Ketika sel-sel payudara terkena estrogen ekstra dari waktu ke waktu, risiko terkena kanker payudara lebih tinggi.

3 dari 7 halaman

Merokok

Merokok menyebabkan sejumlah penyakit dan terkait dengan risiko kanker payudara yang lebih tinggi pada wanita premenopause yang lebih muda. Penelitian juga menunjukkan bahwa mungkin ada hubungan antara paparan asap rokok pasif yang sangat berat dengan risiko kanker payudara pada wanita pascamenopause.

Merokok juga dapat meningkatkan komplikasi dari perawatan kanker payudara. Ini termasuk kerusakan paru-paru akibat terapi radiasi, kesulitan penyembuhan setelah operasi dan rekonstruksi payudara, dan risiko pembekuan darah yang lebih tinggi ketika mengonsumsi obat terapi hormon.

4 dari 7 halaman

Kadar Vitamin D Rendah

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium, yang penting untuk kesehatan tulang yang baik. Vitamin D juga membantu sistem kekebalan, otot, dan sistem saraf berfungsi dengan baik. Sebagian besar vitamin D dibuat ketika bentuk nutrisi yang tidak aktif diaktifkan di kulit ketika terkena sinar matahari.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan kadar vitamin D rendah memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara. Vitamin D dapat berperan dalam mengendalikan pertumbuhan sel payudara normal dan dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara.

5 dari 7 halaman

Sering terpapar cahaya di malam hari

Hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang bekerja di malam hari seperti pekerja pabrik, dokter, perawat, dan petugas polisi, misalnya memiliki risiko kanker payudara yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang bekerja di siang hari. Penelitian lain menunjukkan bahwa wanita yang tinggal di daerah dengan tingkat cahaya eksternal yang tinggi di malam hari (lampu jalan, misalnya) memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara.

Para peneliti berpikir bahwa peningkatan risiko ini terkait dengan kadar melatonin. Melatonin adalah hormon yang berperan dalam mengatur siklus tidur tubuh. Produksi melatonin memuncak pada malam hari dan lebih rendah pada siang hari ketika mata mencatat paparan cahaya. Ketika wanita bekerja di malam hari atau jika mereka terpapar cahaya eksternal di malam hari, kadar melatonin mereka cenderung rendah.

6 dari 7 halaman

Penggunaan kosmetik dengan bahan kimia tertentu

Sementara bahan kimia dalam kosmetik membuat wanita tampak cantik, beberapa bahan kimia ini dapat berkontribusi pada perkembangan kanker. Tetapi karena produk perawatan pribadi mengandung kombinasi beragam bahan kimia, hampir tidak mungkin untuk menunjukkan penyebab dan efek yang pasti untuk setiap bahan kimia tertentu sendiri.

Namun, banyak dari bahan kimia ini dianggap pengganggu hormon. Pengganggu hormon dapat mempengaruhi bagaimana estrogen dan hormon lain bertindak dalam tubuh, dengan memblokir atau menirunya, yang membuang keseimbangan hormon tubuh.

7 dari 7 halaman

Penggunaan plastik

Wadah makanan dan minuman, beberapa piring sekali pakai, dan botol perlengkapan mandi semuanya plastik dan semuanya terbuat dari bahan kimia. Penelitian menunjukkan bahwa semua plastik dapat larut bahan kimia jika tergores atau dipanaskan. Penelitian juga sangat menyarankan bahwa pada tingkat paparan tertentu, beberapa bahan kimia dalam produk ini, seperti bisphenol A (BPA), dapat menyebabkan kanker pada manusia.

BPA adalah estrogen sintetik lemah yang ditemukan di banyak produk plastik yang kaku, lapisan makanan dan formula, sealant gigi, dan pada sisi mengkilap kertas struk belanjaan (untuk menstabilkan tinta). Aktivitasnya yang menyerupai estrogen membuatnya menjadi pengganggu hormon, seperti banyak bahan kimia lainnya dalam plastik.

BPA juga tampaknya memengaruhi perkembangan otak di dalam rahim. Pada tahun 2011, sebuah penelitian menemukan bahwa wanita hamil dengan kadar BPA yang tinggi dalam urin mereka lebih cenderung memiliki anak perempuan yang menunjukkan tanda-tanda hiperaktif, gelisah, dan depresi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini