Sukses

Sering Disepelekan, Ini 5 Manfaat Menakjubkan Buah Kersen untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Buah kersen atau talok ini sering disebut sebagai buah ceri versi Indonesia. Buah kersen berukuran kecil dan berwarna merah cerah apabila sudah matang. Buah ini memiliki citarasa manis.

Buah kersen sangat mudah ditemukan di Indonesia karena pohonnya gampang tumbuh di mana saja. Bahkan tak butuh bibit untuk bisa menemukannya tumbuh di suatu tempat. Karena gampang ditemukan di pinggir jalan, buah ini pun disepelekan.

Namun, siapa sangka ternyata kalau buah kecil  ini memiliki segudang manfaat menakjubkan untuk kesehatan tubuh. Mungkin kamu tidak percaya dengan segudang manfaat buah kersen untuk kesehatan ini.

Oleh karena itu, berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat buah kersen untuk kesehatan tubuh, Sabtu (15/6/2019).

2 dari 6 halaman

Sumber Antioksidan

Tubuh mengalami yang namanya proses oksidasi dan melepaskan radikal bebas. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh. Oleh karena itu, tubuh kerap membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh.

Nah, kamu kamu bisa mengonsumsi buah kersen sebagai salah satu sumber antioksidan. Pasalnya, buah kersen ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Pada buah kersen memiliki kurang lebih 24 senywa flavonoid dan fenonil di dalamnya. Hal inilah yang menandakan kalau buah kersen merupakan buah yang kaya akan antioksidan.

3 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Pada daun dan buah kersen memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Buah kersen ini memiliki kemampuan untuk melancarkan aliran darah yang merupakan salah satu kriteria jantung yang sehat. Nah, jika aliran darah menuju jantung kamu tidak lancar, maka jantung akan berpotensi mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi buah kersen dan daunnya untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular.

4 dari 6 halaman

Mengurangi Rasa Sakit Asam Urat

Manfaat buah kersen lainnya adalah bisa mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Ya, penderita asam urat kerap merasakan rasa nyeri yang hebat. Nah, untuk mengurangi rasa sakit ini, kamu bisa mengonsumsi secara rutin buah kersen.

Tidak hanya buah kersennya saja, daunnya juga bisa kamu gunakan untuk meredakan nyerinya. Caranya, rebus daun kersen dengan air selama beberapa menit. Kemudian dinginkan dan sari airnya. Setelah itu minum air tersebut secara rutin setiap hari. Niscaya asam urat dapat kembali normal.

5 dari 6 halaman

Anti-tumor

Tidak hanya buah kersen, ternyata daun kersen juga memiliki efek anti-tumor. Perpaduan daun dan buah kersen ini ternyata mempunyai sifat anti-tumor yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, adanya kandungan antioksidan di dalam buah kersen yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker dan tumor.

Antioksidan ini berasal dari vitamin A, vitamin C, dan betakaroten di dalamnya. Sedangkan kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen dikethaui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Jika mengonsumsinya secara teratur, maka sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

6 dari 6 halaman

Mengontrol Gula Darah

Buah kersen memiliki rasa yang manis. Tetapi buah ini sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, bahkan dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah. Pada sebuah penelitian juga sudah menemukan dan menjelaskan bahwa terdapat penurunan kadar gula darah yang cukup signifikan setelah mengonsumsi ekstrak buah kersen.

Hal ini membuktikan bahwa buah kersen memiliki kemampuan untuk mengontrol gula darah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah kersen juga dapat membantu menstabilkan gula darah atau bahkan menurunkan dosis injeksi insulin.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tempat Wisata di Jakarta Barat, Banyak Peninggalan Sejarah
Artikel Selanjutnya
8 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Cocok untuk Liburan Keluarga