Sukses

Bikin Haru, Begini Reaksi Hewan Sirkus Saat Dibebaskan ke Habitatnya

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran sirkus menuai pro kontra di masyarakat. Meski menghibur, nyatanya banyak kasus yang melaporkan perlakuan semena-mena terhadap hewan sirkus demi meraup keuntungan.

Banyak hewan sirkus yang justru disiksa dan melulu dilatih tanpa diimbangi dengan perawatan yang memadai. Seusai tampil menghibur penonton, mereka akan kembali dikurung di kandang.

 

Tak jarang hewan sirkus telah dilatih sejak kecil sehingga mereka tak pernah menikmati indahnya alam bebas semasa hidupnya. Bahkan dari hari ke hari semakin banyak hewan yang dilaporkan mati akibat kelelahan selama berlatih.

Menanggapi kasus tersebut, organisasi Animal Defenders International punya cara khusus menyelamatkan hewan-hewan malang itu. Sesuai namanya, organisasi yang biasa disingkat ADI itu bergerak di bidang penyelamatan dan perlindungan hewan terlantar.

Selain hewan-hewan liar, ADI juga mengusahakan kebebasan hewan sirkus yang hanya hidup di kandang ataupun ruangan tertutup yang jauh dari habitatnya. Beberapa waktu lalu, The Dodo berkolaborasi dengan ADI untuk menyebarkan kesadaran terhadap penyiksaan yang dialami hewan-hewan sirkus.

2 dari 2 halaman

Video reaksi hewan sirkus ketika dibebaskan

Dilansir Liputan6.com dari laman Instagram @thedodo, Sabtu (15/6/2019), sebuah video kompilasi memperlihatkan reaksi mengharukan dari para hewan sirkus yang akhirnya merasakan alam bebas. Terlihat jelas raut muka tiap hewan seperti harimau, singa, beruang dan banyak hewan lainnya ketika menapakkan kaki di tanah.

Seekor harimau diceritakan baru pertama kali mencicipi sensasi berenang di alam bebas. Dalam video, terlihat gelagat harimau yang awalnya merasa asing dengan air yang hendak disentuhnya. Untungnya, ia segera beradaptasi lalu berendam untuk pertama kalinya.

Selain harimau, ADI juga menjelaskan bahwa binatang tapir yang mereka bebaskan sebelumnya tak pernah menyentuh rerumputan sama sekali. Tak heran dirinya tampak terpukau dengan rindangnya alam bebas.

Tak cukup sampai di situ, seekor singa juga segera melesat ketika dirinya dihadapkan dengan alam terbuka. Sontak banyak pengguna Instagram yang terharu dengan reaksi hewan-hewan sirkus yang semasa hidupnya hanya dilatih untuk menghibur manusia.

Kini, ADI masih terus memperjuangkan hak hewan sirkus lainnya yang masih terperangkap demi keuntungan manusia. Melalui situs webnya, ADI terus menggemborkan kampanye pembebasan hewan sirkus.

Loading