Sukses

3 Manfaat Minyak Alpukat Untuk Kecantikan Kulit, Disertai Cara Membuatnya

Manfaat minyak alpukat tak kalah dengan minyak zaitun

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang belum menyadari manfaat dari minyak alpukat untuk kecantikan kulit. Minyak alpukat tak setenar minyak zaitun yang telah digunakan dimana-mana sebagai salah satu bahan alami perawatan kulit. 

Padahal, khasiat yang dimiliki oleh minyak alpukat ini tidak kalah besar dibandingkan dengan minyak zaitun. Apalagi dengan buah alpukat yang mudah ditemui dan cara pembuatan minyak alpuka yang cukup mudah, bisa menjadi alternatif perawatan kecantikan kulit.

Dengan mengenal manfaat minyak alpukat dan cara membuatnya, kulit bisa semakin cantik dan bebas dari berbagai masalah. Merawat kulit dengan bahan alami ini juga menghindari kulit dari berbagai efek samping bila menggunakan bahan yang tidak alami seperti bahan kimia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (16/6/2019) tentang manfaat minyak alpukat untuk kecantikan disertai cara membuatnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Alpukat Bagi Kecantikan Kulit

1. Melembapkan Kulit

Minyak alpukat bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit dengan kandungan vitamin E dan anti oksidan yang cukup tinggi. Bahkan, tidak hanya melembapkan kulit, minyak alpukat juga bermanfaat untuk mencegah kekeringan, retak, hingga kulit bersisik.

Minyak alpukat ini juga tidak menyebabkan kulit menjadi terasa lengket dan berminyak walaupun salah satu fungsinya adalah melembapkan kulit. Jadi kulit tetap terasa nyaman dan tidak mengganggu.

2. Membuat Awet Muda

Minyak alpukat juga dapat membuat kulit lebih awet muda dan juga mengencangkan kulit. Hal ini karena nutrisi yang terkandung di dalam minyak alpukat ini, yang bahkan dapat menyembuhkan luka serta memudarkan noda hitam dan memar pada kulit.

3. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Sinar UV dari sinar matahari langsung dapat menyebabkan masalah yang cukup serius bagi kulit. Dengan kandungan beta karoten, protein, letisin, asam lemak dan vitamin di minyak alpukat bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Minyak Alpukat

Cara membuat minyak alpukat dengan dipanaskan dalam panci

  1. Tahap pertama adalah kamu harus mencuci 12 alpukat dan memotongnya menjadi dua bagian. Selanjutnya kerok daging buah dengan sendok sampai terlepas dari biji dan kulitnya. Lalu, daging buah yang sudah dikerok tersebut dimasukkan ke blender.
  2. Selanjutnya, blender buah alpukat sampai menjadi pure. Daging alpukat harus benar-benar halus sebelum dituangkan ke dalam panci.
  3. Setelah dituang ke dalam panci, masak alpukat dengan api sedang. Alpukat dipanaskdan dan diaduk setiap lima menit. Perhatikan saat alpukat mendidih dan minyak alpukat naik ke permukaan.
  4. Teruskan masak alpukat sampai warnanya berubah dari hujau mudah menjadi hijau tua atau cokelat dan air sudah menguap.
  5. Setelah itu, masukkan alpukat yang telah berubah warna tersebut ke dalam mangkuk yang telah dilapisi kain. Lalu ujung-ujung kain sehingga membentuk kantong yang dapat diperas.
  6. Selanjutnya, peras kain tersebut untuk menyaring minyak alpukat. Peraslah hingga tidak ada lagi minyak alpukat yang menetes dari kain tersebut.
  7. Terakhir, kamu bisa menyimpan minyak alpukat di sebuah wadah. Minyak alpukat siap digunakan.
4 dari 4 halaman

Cara membuat Minyak Alpukat Dengan Memeras Kulitnya

Tidak hanya dengan daging buahnya, minyak alpukat juga bisa didapatkan dari kulitnya. Begini cara mendapatkan minyak alpukat dengan memeras kulitnya:

  1. Tahap pertama adalah kamu harus mencuci 12 alpukat dan memotongnya menjadi dua bagian. Selanjutnya kerok daging buah dengan sendok sampai terlepas dari biji dan kulitnya. Ambil semua kulit buah yang telah terlepas dari daging buahnya.
  2. Selanjutnya, letakkan tumpukan kulit alpukat tersebut di alat pemeras jeruk.
  3. Setelah siap, tekan perasan tersebut sampai kulit alpukat mengeluarkan minyak.
  4. Teruslah menekan perasan tersebut sampai tidak ada lagi minyak alpukat menetes.
  5. Selanjutnya, saring minyak alpukat tersebut dan tuang ke dalam wadah. Kamu bisa menunggu semalaman agar minyak alpukat tetap tersaring sampai habis.
  6. Minyak alpukat siap digunakan.

Jadi kamu tidak hanya bisa memanfaatkan daging buah dari alpukat saja untuk mendapatkan minyak alpukat, kamu bahkan bisa memanfaatkan kulitnya juga. Jadi tidak ada salahnya membeli alpukat dan menggunakannya untuk merawat kecantikan kulit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini