Sukses

6 Cara Menghilangkan Varises Agar Tidak Menganggu, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan varises penting diketahui bagi Anda yang memiliki gangguan satu ini. Varises terjadi ketika pembuluh darah seseorang membengkak dan membesar. Pada beberapa orang, mereka dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. 

Varises juga memberi efek tampilan kulit yang menonjol dan berwarna biru. Ini sebabnya banyak orang yang mencari cara menghilangkan varises.

Varises dapat berkembang ketika katup kecil di vena menjadi lemah. Katup-katup ini biasanya menghentikan aliran darah ke melalui vena, dan ketika mereka rusak, darah dapat menyatu dalam vena.

Ini menyebabkan pembuluh darah yang bengkok dan membengkak yang juga menjadi sangat terlihat. Varises dapat terlihat dari tampilannya yang biru tua atau ungu, mereka juga sering menonjol keluar dari bawah kulit.

Sekitar 20 persen orang dewasa akan mengalami varises di beberapa titik. Para ahli tidak yakin mengapa dinding vena meregang atau mengapa katup menjadi rusak. Dalam banyak kasus, varises terjadi tanpa alasan yang jelas. Namun, beberapa faktor resiko dapat menyebabkan varises seperti menopause, kehamilan, usia, obesitas, berdiri terlalu lama, atau genetik.

Varises jarang membutuhkan perawatan karena dianggap tidak membahayakan. Tetapi jika terjadi pembengkakan, nyeri, dan ketidaknyamanan, pengobatan dapat dilakukan. Ada beberapa perawatan medis untuk kondisi ini jika dirasa menganggu. Cara menghilangkan varises dapat dilakukan melalui tindakan medis seperti operasi. Cara menghilangkan varises juga dapat dilakukan secara alami di rumah.

Cara menghilangkan varises secara alami dapat dilakukan dengan penerapan pola hidup sehat dan konsumsi makanan tertentu. Cara menghilangkan varises ini cukup aman dan mudah dilakukan. Berikut cara menghilangkan varises yang dilansir Liputan6.com dari Medical News Today, Senin(17/6/2019).

2 dari 7 halaman

Olahraga

Olahraga teratur mendorong sirkulasi darah yang lebih baik di kaki. Ini membantu mendorong darah yang terkumpul di pembuluh darah. Olahraga juga membantu menurunkan tekanan darah seseorang, yang merupakan faktor lain yang menyebabkan varises.

Latihan dengan dalam porsi ringan membantu membuat otot betis bekerja tanpa ketegangan yang berlebihan. Latihan yang efektif untuk meringankan varises meliputi renang, berjalan, bersepeda, atau yoga.

3 dari 7 halaman

Stoking kompresi

Stoking kompresi tersedia di sebagian besar apotek dan dapat membantu dengan memberikan tekanan pada kaki. Ini membantu otot dan pembuluh darah untuk menggerakkan darah ke jantung.

Sebuah studi dari 2018 menemukan bahwa orang yang menggunakan stocking kompresi setinggi lutut dengan tekanan 18 hingga 21 mmHg selama satu minggu, melaporkan pengurangan rasa sakit dan rasa sakit yang terkait dengan varises. Anda bisa menemukan stoking kompresi di apotek atau toko online.

4 dari 7 halaman

Ubah pola makanan

Makanan yang asin atau kaya natrium dapat menyebabkan tubuh menahan air yang dapat memicu varises. Makanan tinggi kalium dapat membantu mengurangi retensi air. Makanan yang tinggi kalium meliputi kacang almond, lentil dan kacang putih, kentang, sayuran berdaun, beberapa ikan seperti salmon dan tuna.

Makanan dengan serat membantu menjaga buang air besar dan mencegah sembelit. Makanan ini penting, karena mengejan bisa memperburuk katup yang rusak atau memperburuknya. Makanan yang tinggi serat termasuk biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Orang yang kelebihan berat badan lebih mungkin mengalami varises, oleh karena itu, mengurangi kelebihan berat badan dapat mengurangi tekanan pada vena dan mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan.

5 dari 7 halaman

Konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung flavonoid

Menambahkan makanan yang mengandung flavonoid juga dapat membantu seseorang mengecilkan varisesnya. Flavonoid meningkatkan sirkulasi darah, yang akan membuat darah terus mengalir, dan membuatnya cenderung tidak menggenang di pembuluh darah. Flavonoid juga membantu mengurangi tekanan darah di arteri dan dapat mengendurkan pembuluh darah, yang semuanya dapat mengurangi varises.

Makanan yang mengandung flavonoid meliputi sayuran, termasuk bawang, paprika, bayam, dan brokoli, buah jeruk, anggur, ceri, apel, blueberry, dan biji cokelat.

6 dari 7 halaman

Pilih pakaian longgar dan terus bergerak

Pilih pakaian longgar

Mengenakan pakaian ketat bisa membatasi aliran darah. Seseorang mungkin menemukan bahwa sirkulasi mereka ditingkatkan dengan mengenakan pakaian longgar yang tidak membatasi suplai darah ke tubuh bagian bawah. Mengenakan sepatu datar bukan sepatu hak tinggi juga dapat mengurangi varises di kaki.

Terus bergerak

Hindari duduk atau berdiri untuk waktu yang lama. Jika seseorang harus duduk dalam waktu lama untuk bekerja, mereka harus berusaha untuk bangkit dan bergerak atau mengubah posisi agar darah mengalir dengan lancar. Hindari duduk dengan menyilangkan kaki, karena ini dapat lebih membatasi aliran darah ke kaki dan kaki, yang dapat menambah masalah sirkulasi.

7 dari 7 halaman

Pijat dan mengangkat kaki

Pijat

Memijat bagian yang sakit dengan lembut dapat membantu menjaga darah mengalir melalui pembuluh darah. Seseorang dapat menggunakan minyak pijat lembut atau pelembab untuk efek optimal. Sangat penting untuk menghindari menekan langsung ke pembuluh darah, karena hal ini dapat merusak jaringan yang rapuh.

Mengangkat kaki

Terapi mengangkat kaki dapat mengurangi tekanan di pembuluh darah kaki dan gravitasi akan membantu darah mengalir dengan lancar kembali ke jantung. Tempatkan kaki tetap tinggi, idealnya setinggi jantung atau di atasnya akan membantu meningkatkan sirkulasi.