Sukses

Gejala Tumor Otak dan Penyebabnya yang Sering Disepelekan, Waspada!

Tumor otak adalah pertumbuhan jaringan yang disebabkan oleh sel-sel tidak normal pada otak atau di sekitar otak.

Liputan6.com, Jakarta Tumor, tumor adalah salah saju jenis penyakit yang cukup ditakuti. Salah satu jenis tumor yang ditakuti adalah tumor otak. Tumor otak adalah pertumbuhan jaringan yang disebabkan oleh sel-sel tidak normal pada otak atau di sekitar otak. Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab pasti tumor otak, tapi beberapa peneliti menduga bahwa kondisi ini disebabkan oleh faktor genetik dan paparan bahan kimia berbahaya.

Tumor otak memiliki dua tingkatan yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Dalam dunia kesehatan, tumor ganas sering disebut dengan kanker karena nyatanya sel tumor bisa menyebar ke bagian tubuh lain jika tidak diberikan penanganan yang serius. Namun, tumor jinak cukup disembuhkan dengan cara operasi dan pengambilan jaringan tumor yang tumbuh.

Tumor otak sendiri seringkali disertai gejala yang menyamarkan. Gejala yang menyamarkan tersebut sering dianggap sebagai penyakit biasa. Gejala tumor otak berbeda-beda tergantung jenisnya. Gejala yang muncul dipengaruhi oleh ukuran, kecepatan pertumbuhan, dan lokasi tumor. Berikut gejala dan penyebab tumor otak yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gelaja Tumor Otak

1. Sulit Berkonsentrasi

Gejala tumor otak yang sering dianggap sepele salah satunya adalah sulit berkonsentrasi. Ketika organ pusat menyimpan memori dan berpikir mulai terganggu kinerjanya, kemampuan untuk berkonsentrasi akan terpengaruh pula. Tumor yang menggerogoti syaraf otak akan menganggu jalannya olah pikir seseorang. Kebanyakan orang mengganggap situasi ini adalah situasi yang umum.

2. Badan lemas dan lesu tanpa sebab

Gejala tumor otak biasanya tidak menimbulkan rasa sakit atau nyeri di sekujur tubuh. Namun, biasanya kaki atau tangan mungkin tidak merespon sebaik atau secepat biasanya, atau malah bisa tidak merespon sama sekali. Di samping itu badan biasanya akan menjadi lesu dan lemas tiba-tiba. Bahkan kondisi ini biasanya tak kunjung segera sembuh.

 

3. Kesulitan berbicara

Ada dua pusat bicara di otak yang terletak di sisi kiri, yaitu area Wernicke, yang memungkinkan kita untuk mengerti dan memahami ucapan. Serta area yang lain adalah area Broca, yang mengaktifkan otot yang menciptakan suara. Ketika tumor hadir di otak, kedua kemampuan tersebut seringkali terhambat atau sering berbicara seperti lidah berbelit.

3 dari 5 halaman

Sering Disepelekan

4. Kebingungan melakukan hal sehari-hari

Jika kamu belakangan ini lebih sering kebingungan, kikuk, dan ceroboh mungkin bisa menjadi gejala tumor otak. Biasanya kondisi ini berupa berdiri goyah, atau sering jatuh saat berjalan. Gelaja tumor otak yang satu ini memang sering di sepelekan.

5. Sakit kepala yang sering dan parah

Bisa sangat sulit untuk bisa membedakan mana sakit kepala biasa yang disebabkan kondisi lain dan mana yang timbul sebagai gejala tumor otak, bahkan bagi dokter sekalipun. Petunjuk terbaik adalah jika sakit kepala tersebut tiba-tiba terjadi terus-menerus tanpa ada tanda pulih serta tidak menanggapi pengobatan apapun.

 6. Penglihatan kabur

Penglihatan kabur, penglihatan ganda, dan kehilangan penglihatan bertahap semuanya terkait dengan gejala tumor otak. Biasanya orang tidak begitu memperhatikan gejala tumor otak ini sampai benar-benar merasa terganggu.

4 dari 5 halaman

Penyebab Tumor Otak

Para ahli kesehatan dan peneliti mengemukakan penyebab tumor otak belum diketahui secara menyeluruh, dan sangat sedikit faktor penyebab tumor otak yang pasti. Tumor otak, sama seperti tumor lainnya terbentuk karena perubahan DNA di dalam sel. DNA adalah senyawa kimia yang membentuk gen, mengontrol bagaimana sel-sel tubuh berfungsi.

Namun, terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena tumor otak, yaitu:

1. Usia

2. Keturunan

3. Pernah menjalani radioterapi

5 dari 5 halaman

Perbedaan Tumor Otak dan Kanker Otak

Banyak orang beranggapan bahwa tumor otak dan kanker otak adalah hal yang sama. Tumor otak dan kanker otak adalah dua kondisi yang berbeda, walaupun keduanya mirip dan berkaitan. Tumor otak adalah suatu massa jaringan yang terbentuk akibat dari pertumbuhan sel-sel otak yang abnormal (tidak terkontrol). Tumor adalah istilah umum untuk jaringan yang membentuk massa abnormal.

Sedangkan kanker otak adalah pertumbuhan sel-sel di otak yang abnormal atau tidak terkontrol yang bersifat ganas artinya dapat menyebar dan menyerang organ tubuh lainnya. Tidak semua tumor otak itu ganas, dengan kata lain tumor otak ada yang jinak dan ada yang ganas. Tumor otak yang ganas disebut sebagai kanker otak.

Kanker otak lebih cepat meluas dan menyebar dibanding tumor otak jinak, namun keduanya sama-sama berbahaya dan memiliki gejala yang nyaris sama. Tumor otak bisa berasal dari sel otak itu sendiri (tumor otak primer), dan dapat juga merupakan akibat  kanker dari anggota tubuh lainnya yang menyebar ke otak (tumor otak sekunder, kanker otak sekunder).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini