Sukses

5 Fakta Kasus Dokter Cantik yang Dicabut Izin Praktiknya Gara-Gara Umbar Foto Seksi

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini seorang dokter asal Myanmar menjadi perbincangan hangat warga lokal dan dunia.  Wanita dokter sekaligus model di Myanmar terancam tak bisa lagi membuka praktik. Izin medisnya akan dicabut namun bukan karena malpraktik.

Dewan kode etik negara itu mencabut izin medis dokter bernama Nang Mwe San karena hobinya mengunggah foto-foto seksi di laman sosial media seperti Facebook dan Instagram. Wanita berusia 29 tahun tersebut memang sering mengunggah foto dirinya mengenakan gaun ketat, pakaian dalam, pakaian renang, bahkan pakaian tradisional Burma dalam berbagai pose.

Dewan Medis Myanmar menganggap apa yang dilakukan Nang Mwe San tidaklah tepat hingga kemudian pihaknya menangguhkan lisensi medis atau izin praktik Nang Mwe San dalam sebuah surat kepadanya bertanggal 3 Juni.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber ini fakta-fakta tentang dokter cantik Myanmar yang dicabut izin praktiknya, gara-gara umbar foto seksi di media sosial, Selasa (18/6/2019).

2 dari 6 halaman

1. Sudah bekerja selama empat tahun sebagai dokter

Perempuan 29 tahun ini telah bekerja kurang lebih selama empat tahun sebagai dokter umum sebelum mengejar karier modeling pada tahun 2017. Dia mengatakan tidak ada batasan khusus pada kode etik berpakaian dalam dunia medis. Dilansir dari AFP ia menjelaskan "Saya tidak berpakaian seperti itu ketika saya merawat pasien," ujar Nang Mwe San

3 dari 6 halaman

2. Pernah mendapat peringatan untuk segera menghapus foto vulgarnya

Sebelum keluarnya surat pencabutan izin praktiknya, Nang Mwe San terlebih dahulu sudah mendapat surat peringatan untuk menghapus foto-foto vulgarnya di media sosial. Namun, Nang Mwe San tidak mengindahkan dan tidak menghapus foto-fotonya tersebut.

Pencabutan izin praktik membuat Nang Mwe San mengecam dewan medis karena dianggap terlalu mengganggu kebebasan pribadi yang tak berhubungan dengan pekerjaannya.

4 dari 6 halaman

3. Dianggap bertentangan dengan tradisi

Gaya pakaian dokter Nang Mwe San dianggap vulgar dan seksi serta kerap berpose dengan pakaian tradisional yang ketat atau memperlihatkan bentuk tubuhnya. Bagi dewan kode etik negara Myanmar hal ini sangat bertentangan dengan tradisi budaya, sehingga dengan alasan tersebut izin praktik dokter cantik tersebut dicabut.

Dalam surat keputusan itu Dewan Medis Myanmar mencabut izin medis Nang Mwe San karena gaya berpakaiannya yang bertentangan dengan budaya dan tradisi Myanmar.

5 dari 6 halaman

4. Berencana untuk mengajukan banding

Dalam akun media sosialnya Nang Mwe San mengunggah sebuah surat yang dikirimkan oleh Konsil Medis Myanmar. Menurut surat tersebut, Nang Mwe San sudah ditegur terkait unggahan fotonya sejak Januari lalu, karena tidak sesuai dengan tradisi-tradisi Burma.

Hal ini menurut Nang Mwe San sangat tidak masuk akal, dan berlebihan. Nang Mwe San tidak dapat menerima keputusan tersebut dan rencananya akan mengajukan banding atas keputusan dewan medis dalam sebulan ini.

6 dari 6 halaman

5. Terinspirasi dari model Kendall Jenner

Kontroversi ini memancing perdebatan di media sosial. Sebagian netizen menyebut pencabutan lisensi medis Nang Mwe San wajar karena dinilai tidak etis. Namun yang lain mengatakan foto apapun yang diunggah merupakan hak pribadi, dan tidak berkaitan dengan pekerjaan.

Namun, pada tahun 2017 lalu Nang Mwe San sudah memutuskan untuk mengejar karier modeling. Adapun yang menjadi inspirasi dari foto-foto seksinya tersebut adalah sosok model Amerika Serikat Kendall Jenner yang terkenal seksi.

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tempat Wisata di Jakarta Barat, Banyak Peninggalan Sejarah
Artikel Selanjutnya
8 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Cocok untuk Liburan Keluarga