Sukses

7 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Sebabkan Sembelit, Jangan Sepelekan

Sembelit bisa menyiksa dan menyakitkan.

Liputan6.com, Jakarta Sembelit adalah masalah umum ketika seseorang sulit untuk buang air besar. Faktanya, sebanyak 27% orang dewasa mengalam sembelit.

Gejala yang menyertai sembelit biasanya berupa kembung dan buang gas. Semakin tua atau lebih tidak aktif seseorang secara fisik, semakin besar kemungkinan mengalami sembelit.

Menurut U.S. Department of Health an Human Services, sembelit cukup umum terjadi pada semua umur dan cenderung lebih memengaruhi wanita daripada pria. Ini pada dasarnya merupakan suatu kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan mengosongkan isi perut, biasanya karena tinja yang mengeras.

Sembelit tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan, kondisi ini juga bisa menyakitkan dan menyiksa. Kurangnya serat, obat-obatan tertentu, dan kondisi kesehatan adalah beberapa penyebab umum di balik mengapa Anda mengalami konstipasi. Tetapi menurut para ahli, ada juga beberapa penyebab mengejutkan yang harus diperhatikan.

Berikut kebiasaan yang dapat menimbulkan sembelit, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (18/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Duduk terlalu lama

Ketika mencari tahu apa yang menyebabkan sembelit, jawabannya mungkin mengejutkan. Gaya hidup modern yang memungkinkan seseorang untuk kurang bergerak lebih buruk dari akibatnya dari hanya sekadar kelebihan berat badan, kata Atif Iqbal, MD, seorang ahli gastroenterologi dan direktur medis dari Pusat Perawatan Pencernaan di Orange Coast Memorial Medical Center, dikutip dari Reader's Diggest.

Tetap dalam posisi duduk untuk waktu yang lama akan mengangkat usus besar Anda, ini akan menghambat BAB yang menyebabkan sembelit. Beristirahatlah secara teratur untuk pastikan untuk banyak berdiri dan bergerak. Berjalan dan jongkok yang dalam, khususnya, adalah dua gerakan yang sangat efektif untuk melancarkan buang air besar.

3 dari 8 halaman

Mengonsumsi makanan fermentasi

Makanan fermentasi seperti kefir dan kimchi dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tetapi seperti yang dikatakan Lisa Richards, ahli gizi, kepada Bustle, itu juga dapat menyebabkan sembelit jangka pendek.

"Dalam jangka panjang, bakteri menguntungkan yang dikandungnya akan membantu meningkatkan pencernaan Anda dan meningkatkan kekebalan Anda," katanya.

"Tetapi dalam jangka pendek, memperkenalkan bakteri probiotik dalam jumlah besar dapat menyebabkan perubahan cepat pada usus Anda yang menyebabkan sembelit."

Jika Anda ingin makan makanan fermentasi atau mengonsumsi suplemen probiotik, mulailah perlahan. Jika sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik, Anda dapat meningkatkan asupan secara bertahap.

4 dari 8 halaman

Diet rendah karbohidrat

Salah satu keluhan terbesar orang setelah memulai diet rendah karbohidrat atau tinggi protein adalah sembelit. Dan untuk alasan yang baik, makan makanan yang berfokus pada daging, telur, dan lemak menyisakan sedikit ruang untuk serat tanaman.

Lebih buruk lagi, banyak orang secara sadar menghindari makanan yang mengandung serat seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran karena mereka kaya karbohidrat.

Ingat, semua karbohidrat tidak diciptakan sama. Fokus hanya pada menghilangkan karbohidrat sederhana, seperti camilan manis dan roti putih. Agar usus tetap sehat dan mencegah sembelit, pastikan Anda mendapatkan setidaknya lima porsi buah dan sayuran sehari.

5 dari 8 halaman

Makan Terlalu Cepat

Ada beberapa alasan utama mengapa makan secara perlahan bisa lebih menguntungkan. Ketika Anda makan terlalu cepat, tubuh belum selalu siap.

Tubuh Anda akan beradaptasi, tetapi proses pencernaannya tidak akan bekerja pada 100 persen. Jadi potongan makanan yang lebih besar tidak akan terurai atau diserap seluruhnya sebelum pindah ke usus besar.

Makan terlalu cepat juga dapat memicu sistem fight-or-flight Anda. Ketika Anda terburu-buru untuk menghabiskan makanan, tubuh Anda dapat mengartikannya sebagai tekanan.

Hasil akhirnya adalah pencernaan yang buruk, karena sumber daya tubuh digunakan untuk melawan tekanan daripada mencerna. Ini pada akhirnya menyebabkan sembelit.

6 dari 8 halaman

Sering menahan BAB

Kadang-kadang, seperti di tengah-tengah rapat, Anda mungkin merasa perlu pergi ke kamar mandi tetapi memilih untuk menahannya. Kebiasaan seperti ini mungkin tidak berdampak dalam jangka pendek, namun, itu bukan kebiasaan yang baik untuk dimiliki.

Jika Anda sering menahan BAB, usus besar dapat meregang sehingga seseorang tidak lagi mendapat dorongan teratur untuk buang air besar. Pada akhirnya, ini dapat menyebabkan sembelit.

7 dari 8 halaman

Konsumsi cokelat

Cokelat dapat menyebabkan sembelit, walaupun efeknya tampaknya berbeda dari orang ke orang. Dalam sebuah survei baru-baru ini yang dilakukan oleh Komite Roma tentang Gangguan Usus Fungsional, 70 persen orang dengan sembelit berulang melaporkan bahwa cokelat adalah pelaku utama.

Tidak ada cara untuk mengetahui apakah cokelat berkontribusi terhadap masalah sembelit kecuali Anda benar-benar menghilangkannya dari menu makanan selama jangka waktu tertentu. Mulailah dengan dua minggu tanpa cokelat dan jika sembelit Anda membaik, maka pastikan untuk membatasi makanan manis.

8 dari 8 halaman

Konsumsi obat penghilang rasa sakit

Siapa pun yang menjalani operasi kemungkinan tahu bahwa obat penghilang rasa sakit dapat menyebabkan sembelit, kadang-kadang sembelit besar. Tetapi ini juga dapat berlaku untuk obat-obatan yang dijual bebas seperti Tylenol dan ibuprofen, serta obat resep seperti hidrokodon dan oxycontin. Obat-obatan ini mengikat reseptor yang sama di perut, menumpulkan seluruh sistem pencernaan serta rasa sakit Anda.

Obat penghilang rasa sakit sebaiknya tidak digunakan lebih dari 30 hari jika memungkinkan. Selama waktu itu, Anda harus melakukan segala upaya untuk menyelesaikan cedera yang mendasarinya atau menemukan cara lain untuk mengobati rasa sakit. Sementara itu, gunakan pelunak feses setiap hari bersama dengan obat penghilang sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini