Sukses

Gejala dan Penyebab Kanker Tenggorokan yang Diderita Vokalis Megadeth

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu Dave Mustaine, vokalis Megadeth mengabarkan kondisi kesehatannya, bahwa dirinya didiagnosis menderita kanker tenggorokan. Kabar ini ia publikasikan lewat akun Instagram pribadinya pada Senin (17/6/2019).

"Aku didiagnosis kanker tenggorokan. Ini adalah sesuatu yang perlu dihormati dan dihadapi secara langsung - tapi aku pernah menghadapi ujian sebelumnya," tutur Dave Mustaine dalam keterangan fotonya.

Sesuai dengan namanya, Kanker tenggorokan merupakan jenis kanker yang terjadi di area tenggorokan. Pertumbuhan kanker ini bisa terjadi di kotak suara, pita suara, maupun bagian tenggorokan lainnya. Seperti penyakit kanker pada umumnya, kanker tenggorokan terjadi saat sel normal menjadi abnormal dan cancerous, sehingga tumbuh secara tidak terkendali.

Memang, kanker tenggorokan tergolong masih jarang terjadi dibandingkan dengan kanker lainnya. Namun penyakit ini sebaiknya tidak diremehkan begitu saja. Kanker tenggorokan ini ternyata juga lebih sering terjadi pada laki-laki dibandingkan perempuan.

Walaupun masih tergolong jarang, namun penyakit kanker yang diderita oleh Dave Mustaine ini tidak bisa dianggap sepele karena kerap membahayakan. Untuk menghindari risiko munculnya kanker tenggorokan ini, ada baiknya kamu perlu mengetahui beberapa gejala atau tanda dan penyebab yang umum terjadi pada kanker tenggorokan.

Berikut Liputan6.com lansir dari berbagai sumber seputar gejala dan penyebab kanker tenggorokan yang perlu kamu waspadai, Rabu (19/6/2019).

2 dari 4 halaman

Penyebab Kanker Tenggorokan

Kanker tenggorokan merupakan penyakit yang disebabkan oleh multi faktor. Beberapa faktor risiko yang berhubungan dengan kanker tenggorokan ini seperti:

- Merokok,

- Konsumsi alkohol berlebih,

- Defisiensi vitamin A,

- Paparan terhadap asbes,

- Kondisi ksehatan gigi yang buruk,

- Infeksi HIV,

- Menderita kanker lain seperti esophagus (kerongkongan), paru-paru atau kandung kemih.

3 dari 4 halaman

Gejala Kanker Tenggorokan yang Umum Terjadi

Sulit Menelan

Kesulitan saat menelan merupakan salah satu gejala tenggorokan yang bisa dirasakan. Hal ini dikarenakan terdapat tumor yang tumbuh di tenggorokan. Jika kamu memiliki pertumbuhan lanjut di tenggorokan, ini akan menghambat perjalanan makanan atau bahkan membuat kamu sulit menelan.

Suara Berubah

Gajala kanker tenggorokan yang umum dirasakan juga adalag berubahnya suara. Kamu perlu bersegara untuk mengkonsultasikannya ke dokter ketika merasakan gejala seperti ini.

Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

Gejala kanker lainnya yang bisa dirasakan adalah menderita batuk yang terus-menerus dan tidak kunjung hilang, Kondisi ini kerap membuat suara kamu menjadi serak. Saat kamu sudah mulai merasakan gejala seperti ini, kamu perlu mewaspadainya karena ini merupakan tanda awal dari kanker tenggorokan.

Gejala kanker tenggorokan lainnya yang umum dirasakan adalah terjadinya pembengkakan pada kelenjar limpa leher, penurunan berat badan, nyeri tenggorokan, keinginan untuk mendehem (membersihkan tenggorokan, nyeri telinga, dan suara berubah.

Nah, bila kamu mengalami beberapa tanda atau gejala di atas, ada baiknya untuk segera konsultasi dengan dokter untuk segera mengetahui kondisi yang kamu alami tersebut.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Kanker Tenggorokan

Tidak ada cara pasti yang dapat mencegah kanker tenggorokan. Namun dari beberapa penyebab yang telah diketahui, ternyata ada beberapa kiat pencegahan yang bisa kamu terapkan untuk menurunkan risiko kanker tenggorokan. Berikut ini beberapa kita pencegahan kanker tenggorokan yang bisa kamu lakukan:

1. Berhenti merokok,

2. Mengurangi konsumsi alkohol,

3. Menjaga gaya hidup sehat seperti konsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga,

4. Hindari risiko terinfeksi HPV dengan menggunakan vaksin dan hindari seks bebas.

Loading