Sukses

Cara Membuat Cuka Apel dan Manfaatnya untuk Kecantikan Wajah

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat cuka apel kini banyak dicari karena kini banyak orang yang penasaran dengan segudang manfaat dari fermentasi apel ini. Selain dikonsumsi langsung dari buah apelnya, ternyata kini sudah ada inovasi lain untuk mendapatkan khasiat dari buah apel dengan cuka apel. Ya, siapa sangka banyak manfaat yang didapatkan dari cuka apel ini. 

Maka tak heran kalau banyak orang yang ingin menggunakan cuka apel ini secara rutin untuk mendapatkan segudang khasiatnya. Nah, dengan semakin tingginya minat orang untuk ingin menggunakan cuka apel ini, banyak orang yang penasaran untuk ingin membuat cuka apel sendiri.

Memang, ada cara yang lebih praktis untuk mendapatkan cuka apel ini yaitu dengan mendapatkankannya di pasaran yang telah dijual bebas. Namun tak ada salahnya kamu untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum beberapa langkah cara membuat cuka apel yang cukup praktis. Telah dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini cara membuat cuka apel dan rasakan segudang manfaatnya untuk kecantikan, Rabu (19/6/2019).

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Cuka Apel

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

- 10 apel organik utuh

- 2 toples kaca ukuran besar

- Kain katun yang tipis

- Air

Cara membuat cuka apel:

1. Cuci semua apel yang telah disiapkan tadi

2. Potong apel menjadi 4 bagian

3. Setelah itu biarkan apel berada dalam suhu ruangan hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan

4. Kalau sudah berubah warna, masukkan potongan apel ke dalam toples kaca

5. Tambahkan air ke dalam toples hingga apel terendam

6. Kemudian tutup toples dengan kain katun tipis. Biarkan kain berada di bagian atas toples, namun tidak membuatnya tertutup rapat. Hal ini berfungsi agar masih ada oksigen yang masuk ke dalam campuran tersebut

7. Letakkan toples yang tertutup ini di tempat yang hangat dan gelap

8. Biarkan campuran ini selama enam bulan dan aduk setiap seminggu sekali

9. Ambil toples yang berisikan campuran tersebut, setelah proses fermentasi selama enam bulan. Hasil fermentasi ini akan menghasilkan lapisan buih di atasnya. Buih ini terbentuk dari bakteri normal karena alkohol berubah menjadi cuka

10. Kemudian saring cairan tersebut dengan menggunakan katun tipis ke dalam toples kaca lebar lainnya

11. Seteah cairan dipindahkan, tutup toples tersebut dengan kain katun tipis yang sama

12. Biarkan kembali toples yang berisikan cairan tersebut di tempat yang gelap dan hangat selama 4-6 minggu

13. Setelah memasuki masanya, pindahkan cuka apel yang sudah benar-benar terfermentasi ke dalam wadah yang lebih kecil

14. Tutup dan simpan hasil cuka apel tersebut ke dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya

15. Selesai. Racikan cuka apel sudah bisa kamu gunakan sebagai perawatan tubuh

Setelah berhasil membuat cuka apel sendiri di rumah, sebaiknya jangan menyimpan cuka apel di dalam wadah yang terbuat dari logam. Hal ini dikarenakan adanya kandungan asam yang tinggi pada cuka apel yang bisa membuat logam berkarat.

Ada baiknya untuk menggunakan wadah yang terbuat dari bahan kaca saja. Namun wadah yang terbuat dari plastic, kayu, atau baja antikarat juga bisa kamu gunakan.

3 dari 4 halaman

Kandungan Nutrisi pada Cuka Apel

Apel yang telah difermentasi ini memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik dikonsumsi atau digunakan secara langsung atau dengan cara lain. Dalam proses fermentasinya, kandungan gula pada apel diubah menjadi asam asetat yang merupakan bahan aktif dalam cuka yang membuat cuka apel memiliki beragam manfaat.

Tidak hanya asam asetat, cuka apel ini juga mengandung vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E, potasium, kalsium, dan magnesium.

Meskipun masih termasuk ke dalam jenis cuka, namun cuka apel ini memiliki perbedaan dengan cuka pada umumnya atau cuka putih. Kalau cuka putih diketahui tidak memiliki manfaat, sedangkan cuka apel memiliki banyak bahan aktif yang berguna untuk menurunkan kadar gula darah, membantu menurunkan berat badan, mengurangi lemak, menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan jantung.

4 dari 4 halaman

Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

Sekarang kamu sudah memiliki cuka apel yang telah kamu buat sendiri di rumah dengan cara membuat cuka apel yang cukup mudah untuk dipraktikkan. Selanjutnya, kamu perlu mengetahui segudang manfaat cuka apel yang ternyata baik untuk kecantikan dan kesehatan tubuh kamu.

Terutama manfaatnya untuk wajah yang cukup banyak. Berikut ini Liputan6.com rangkum beberapa manfaat cuka apel untuk kecantikan kulit wajah kamu:

Mengurangi Noda Hitam

Manfaat cuka apel untuk kecantikan yang pertama adalah kemampuannya untuk mengurangi noda hitam di wajah. Menggunakan cuka apel sebagai pengganti sabun pencuci wajah sangat disarankan karena asam hidroksi yang terkandung di dalamnya mampu membantu menghilangkan sel kulit mati dan mempercepat regnerasinya.

Melawan Keriput

Menjadi tua memang sudah pasti. Kondisi ini kerap memunculkan garis halus dan keriput khususnya pada bagian wajah. Namun tak ada salahnya bila kamu mencoba untuk mencegah munculnya gari halus dan keriput mulai sejak kini.

Ya, dengan menggunakan cuka apel ini kamu bisa mengurangi garis halus dan keriput pada wajah. Kamu bisa merasakan manfaat cuka apel ini dengan mengaplikasikannya sedikit ke bagian garis halus dan bagian keriput di wajah kamu.

Melawan Jerawat

Manfaat cuka apel lainnya adalah bisa mengusir jerawat. Cuka apel yang memiliki kandungan antibakteri ini mampu menjaga kulit kamu tetap bersih dari bakteri penyebab munculnya jerawat.

Menghilangkan Racun pada wajah

Manfaat cuka apel selanjutnya adalah untuk menghilangkan racun pada wajah. Cuka apel memiliki kemampuan untuk menarik racun dari dalam kulit, sehingga kulit makin segar dan bersinar.

Menyeimbangkan Kulit

Manfaat cuka apel yang terakhir adalah kemampuannya untuk menyeimbangkan kulit dengan cara menjaga pH kulit dan juga menyeimbangkan kadar minyaknya. Dengan ini, kulit tak akan terlalu berminyak atau terlalu kering.

 

 

 

Loading