Sukses

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan yang Jarang Disadari

Liputan6.com, Jakarta Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang wajib tersedia di dapur. Memiliki nama latin Allium sativum, siapa sangka kalau kegunaannya tak hanya berhenti sebagai bumbu dapur yang bisa membuat ragam masakan menjadi lezat. Ternyata bawang putih memiliki segudang manfaat yang belum banyak diketahui orang khususnya di bidang kecantikan.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa bawang putih memang memiliki banyak manfaat khususnya untuk kecantikan. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki kandungan anti bakterial dan anti aging yang bermanfaat untuk menjaga kulit. Untuk cara memanfaatkan dan mengaplikasikannya pun beragam. Bisa dikonsumsi secara langsung dengan mengesampingkan rasa dan baunya yang kurang sedap, bisa juga dijus, dan lain sebagainya.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum beberapa manfaat bawang putih untuk kecantikan beserta cara menggunakannya yang aman. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini ragam manfaat yang bisa kamu rasakan untuk mendapatkan kondisi kulit yang semakin baik dengan bawang putih, Rabu (19/6/2019).

2 dari 6 halaman

Mengatasi Jerawat

Buat kamu yang bingung mengatasi masalah jerawat di wajah, cobalah untuk menjadikan bawang bawang putih sebagai salah satu produk untuk menghilangkannya. Tidak hanya untuk menghilangkan jerawat, manfaat bawang putih untuk kecantikan ini juga bisa mencegah munculnya jerawat.

Cara mengatasi jerawat dengan bawang putih ini adalah dengan manjadikannya masker. Kamu hanya perlu memotong bawang putih menjadi beberapa bagian dan hancurkan hingga halus. Kemudian oleskan bawang putih yang telah dihaluskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

Kamu bisa melakukan cara ini di malam hari sebelum tidur. Maka keesokan harinya jerawat akan mengempis dan mengering.

3 dari 6 halaman

Memperkecil Pori-pori di Kulit Wajah

Pori-pori yang besar membuat wajah terlihat seperti kulit jeruk dan tentu saja hal ini dapat mengganggu penampilanmu. Tapi tenang saja, kini kamu bisa mengatasi mengecilkan pori-pori yang besar tadi dengan bawang putih.

Cara membuat ramuan dari bawang putih ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mencamlurkan satu suing bawang putih yang telah dihancurkan dengan setengah buah tomat. Kemudian gunakan racikan ini sebagai masker wajah. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas.

4 dari 6 halaman

Membersihkan Komedo

Selain jerawat, komedo di wajah juga sangat mengganggu penampilan, karena wajah terlihat lebih kasar dengan adanya komedo yang menonjol di bagian hidung dan tenagh pipi. Kalau beberapa langkah perawatan tak berhasil menghilangkan masalah komedomu, kini kamu perlu mencoba bawang putih. Ya, ternyata manfaat bawang putih bisa membantu menghilangkan komedo.

Cara memberishkan komedo dengan mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan ke daerah wajah yang berkomedo. Kemudian pijat halus dengan perlahan selama beberapa menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menerapkan cara ini hingga komedo benar-benar hilang.

5 dari 6 halaman

Menunda Penuaan

Manfaat bawang putih mengandung senyawa aktif yang bersifat antioksidan. Nah, senyawalah inilah yang bisa bantu kamu untuk menunda penuaan. Mungkin terdengar aneh, namun dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin mampu memberikan hasil yang menakjubkan.

Ya, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung dengan madu dan lemon di pagi hari. Cukup potong kecil bawang putih. Kemudian campurkan dengan lemon dan madu saat bangun tidur di pagi hari.

6 dari 6 halaman

Menghilangkan Peradangan Kulit

Kalau kamu memiliki beberapa masalah kulit seperti bersisik, gatal, dan memerah, cobalah untuk menggunakan bawang putih. Kamu bisa mengatasi beberapa masalah ini dengan bawang putih. Cara mengambil manfaat bawang putih adalah dengan menghaluskan bawang putih. Kemudian balurkan pada bagian tubuh atau kulit yang bermasalah. Gunakan secara rutin, dan rasakan hasilnya yang luar biasa.

Loading