Sukses

12 Wisata Jambi yang Memesona, dari Alam hingga Sejarah

Liputan6.com, Jakarta Wisata Jambi menjadi destinasi yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke provinsi satu ini. Jambi adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur Pulau Sumatera. Provinsi Jambi terdiri dari 11 Kabupaten/Kota. Wisata Jambi menjadi salah satu potensi besar yang dimiliki provinsi ini.

Wisata Jambi menawarkan serangkaian pilihan rekreasi yang cukup beragam. Mulai dari wisata alam, sejarah, hingga rekreasi buatan yang begitu sayang dilewatkan. Sarana dan prasarana yang disediakan di berbagai wisata Jambi ini juga sudah dikelola dengan baik.

Jika Anda berkunjung ke provinsi Jambi, serangkaian pilihan wisata Jambi ini patut disambangi. Berikut pilihan wisata Jambi yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/6/2019).

2 dari 5 halaman

Wisata Jambi Taman Rekreasi

Taman Rimba

Jambi memiliki versi Taman Mini-nya sendiri. Taman Rimba menjadi destinasi andalan wisata Jambi.

Dengan luas 10 Ha, taman ini berisi hewan endemik langka yang dilestarikan di Provinsi Jambi. Di taman ini terdapat rumah adat tiap daerah atau kabupaten se Provinsi Jambi. Taman Rimba terletak di Jl. Sunaryo, Kecamatan Jambi Selatan, 7 km dari pusat kota dan 500 m dari Bandara Sultan Taha.

Taman Anggrek Sri Soedewi

Jika Anda penggemar bebungaan, taman ini cocok disambangi. Wisata Jambi satu ini menyajikan lebih dari 60 jenis bunga anggrek di taman seluas 2,5 hektar.

Tersedia pula informasi mengenai cara perawatan anggrek yang baik dan tepat sesuai dengan jenisnya. Tanaman anggrek ini berada di Jalan Ahmad Yani atau di depan Kantor Gubernur Jambi.

Geopark Merangin

Wisata alam satu ini terletak di Kabupaten Merangin.Geopark merangin tidak hanya menawarkan arung jeram saja tetapi keunikan fosil flora berusia 350 juta tahun juga menjadi daya tarik tersendiri. Kawasan ini masih diselimuti hutan lebat dengan beragam jenis tanamannya. Untuk mencapai lokasi ini dibutuhkan waktu sekitar 6 jam dengan menggunakan mobil dari Jambi, Ibukota provisi Jambi.

3 dari 5 halaman

Wisata Jambi keindahan kota

Tanggo Rajo

Tanggo Rajo menawarkan pemandangan Sungai Batanghari yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera. Selain pemandangan Sungai Batanghari dan matahari terbenam, Anda juga bisa menikmati kuliner yang banyak dijual di warung tenda sekitar tempat wisata ini.

Tanggo rajo berada di kawasan depan Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jl. Sultan Taha, Kecamatan Pasar Jambi. Kawasan ini sering menjadi tujuan rekreasi keluarga.

Jembatan Gentala Arasy

Jembatan ini adalah Jembatan untuk pejalan kaki dengan bentuk berkelok-kelok dan terbentang di atas Sungai Batanghari di sini Anda bisa dengan gratis menikmati pemandangan dari atas jembatan. Di ujung jembatan terdapat Menara Gentala Arasy yang merupakan museum tentang sejarah berkembangnya Islam di Kota Jambi.

Selain museum, di sini juga menjadi pusat kuliner dan nongkrong pada sore dan malam hari. Di sini juga banyak disediakan perahu jika Anda ingin jalan-jalan menyusuri Sungai Batanghari.

4 dari 5 halaman

Wisata Jambi alam yang menyejukkan

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatra, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi, di Pegunungan Bukit Barisan.

Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra. Gunung Kerinci dapat ditempuh melalui darat dari Kota Jambi menuju Kota Sungaipenuh melalui Bangko. Dan bisa juga jalur udara dari Bandara Internasional sultan thaha menuju Bandara Depati Parbo di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Air terjun tegan kiri

Air terjun tegan kiri adalah salah satu objek wisata alam yang terdapat di Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Air terjun ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan masih asri dengan ketinggian 10 meter. Sumber air terjun tegan kiri dari perbukitan dengan ketinggian 26 meter.

Danau Sipin

Obyek wisata Danau Sipin merupakan salah satu potensi wisata yang dimiliki Kota Jambi. Danau Sipin memiliki pemandangan panorama yang khas, dengan deretan perumahan khas melayu Jambi. Danau Sipin pada hakikatnya termasuk kategori Danau Laguna karena permukaan airnya dipengaruhi Sungai Batanghari melalui Anak Sungai Legok sebagai penghubungnya.

5 dari 5 halaman

Wisata Jambi Sejarah dan Religi

Candi Muaro Jambi

Wisata Jambi bersejarah ini berada di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, atau sekitar 26 km dari pusat kota Jambi. Candi yang disebut-sebut sebagai peninggalan masa Hindu-Buddha ini merupakan yang terluas di Asia Tenggara. Luasnya mencapai 12 kilometer persegi atau delapan kali luas Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Masjid Seribu Tiang

Nama resmi masjid ini adalah Masjid Agung Al-Falah. Masjid Seribu Tiang adalah masjid paling bersejarah sekaligus terbesar di Provinsi Jambi. Masjid ini berada tepat di jantung Kota Jambi.

Berdiri di atas lahan 2,7 hektare, masjid ini mampu menampung 10 ribu jemaah. Di sekeliling masjid juga terdapat lokasi bersejarah lain, seperti Pasar Tradisional Angsoduo, menara air peninggalan Belanda, serta Museum Perjuangan Jambi.

Taman Makam Raja-Raja

Makam Rajo-Rajo ini merupakan tempat pemakaman Sultan Mahmud Mahidin bersama istrinya R. Isah. Sultan Mahmud Mahidin memerintah Kesultanan Jambi antara 1821 hingga 1826.

Di kompleks pemakaman ini juga terdapat makam Raden Muhammad Tahir atau biasa disebut Raden Mattaher. Raden Mattaher dikenal sebagai salah satu pejuang yang melawan kolonial Belanda.

Ia merupakan penerus perjuangan Sultan Thaha Syaifudin yang merupakan salah satu sultan ternama di Jambi. Lokasi makam Rajo-Rajo berada di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Legok, Kota Jambi.

Museum Negeri Jambi

Museum ini dibangun menyerupai Rumah Kajang Lako yang merupakan rumah adat di Jambi. Di sini, Anda bisa menemukan banyak koleksi benda bersejarah dan bernilai seni budaya Jambi dari masa ke masa seperti peralatan berburu, anyaman khas Jambi, batik tenun dengan motif bunga yang khas dan juga binatang yang diawetkan. Wisata sejarah ini berada di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 1, Jambi.