Sukses

8 Wisata Kudus yang Wajib Dikunjungi, dari Religi hingga Alam

Liputan6.com, Jakarta Wisata Kudus lebih dikenal dengan destinasi wisata religinya. Apalagi ada makam dua sunan yang termasuk ke dalam Wali Songo dan berperan penting dalam penyebaran agama Islam di Nusantara pada zaman dahulu.

Selain itu, ada juga beberapa wisata alam yang tak kalah indah dan menyegarkan dibandingkan dengan wisata alam di tempat lain. Tempat wisata di kawasan pegunungan dan beberapa air terjun yang indah menjadi daya tarik wisata alam di Kudus.

Wisata Kudus sekarang sudah bukan hanya wisata religi saja, namun juga wisata alam. Kota Kudus yang terkenal dengan sebutan Kota Kretek dan Kota Santri ini akan sangat menarik dikunjungi bagi pecinta wisata religi.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang wisata Kudus dari berbagai sumber, Kamis (20/6/2019).

2 dari 5 halaman

Wisata Kudus yang Wajib Dikunjungi

1. Masjid Menara Kudus

Keistimewaan dari Masjid Menara Kudus ini adalah menara yang berdiri menjulang di sebelah tenggara masjid bentuknya menyerupai bangunan candi khas Jawa Timur. Hal inilah yang menyebabkan Masjid Menara Kudus memiliki tampilan yang berbeda dengan masjid pada umumnya.

Bentuknya yang unik semakin mencolok berkat konstruksi susunan batu merah yang tertata rapi. Masjid Menara Kudus berada di Kelurahan Kauman, Kecamatan Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

2. Gray Canyon

Jika Grand Canyon ada di wilayah Arizona, Indonesia juga memiliki destinasi wisata nyaris serupa. Namanya Gray Canyon yang terletak di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Jekulo.

Tempat ini dulunya merupakan area tambang batu dan pasir yang disulap menjadi wisata populer di Kudus. Di sini, kamu bisa berfoto dengan hasil jepretan yang mengagumkan.

Udara di Gray Canyon sangat segar dan tanah bukitnya seperti hamparan sahara. Pemandangan alam yang asri serta kumpulan gundukan bukit yang memanjakan mata.

Waktu terbaik mengunjungi Gray Canyon adalah sore hari. Terbukti dari banyak wisatawan yang rela menunggu demi menikmati matahari terbenam. 

3 dari 5 halaman

Wisata Kudus yang Wajib Dikunjungi

3. Makam Sunan Kudus

Rasanya kurang lengkap bila berkunjung ke Kudus tanpa menyambangi makam sunan kudus. Bahkan mungkin inti dari berjalan-jalan ke Kudus adalah menunjungi makan sunan Kudus ini.

Kamu tidak perlu takut karena, makam sunan Kudus berada persis dibelakang Menara Masjid Kudus. Jadi tidak perlu jauh-jauh untuk mengunjungi dua destinasi, karena kamu bisa mendapatkan dua destinasi sekaligus dengan ke sini.

Makam salah satu dari Walisongo tersebut ramai didatangi oleh peziarah yang datang dari penjuru nusantara. Terlebih menjelang dan saat Ramadhan.

Di tempat ini kerap digelar beragam tradisi, seperti tradisi Buka Luwur di mana masyarakat berebut Nasi Uyah Asem yang dipercaya dapat mendatangkan keberkahan. Tradisi ini dilakukan setiap 10 Muharram. Tak tertinggal, wisatawan juga dapat mengenali sejarah dengan melihat barang-barang peninggalan Sunan Kudus.

4. Taman Sardi

Jika kamu ingin menikmati ke daerah pedesaan karena sudah lelah menjalani rutinitas di perkotaan yang sangat padat, taman sardi bisa menjadi pilihan utama. Terletak di Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, taman sardi menawarkan sensasi relaksasi menenangkan karena objek wisata satu ini berkonsep alam.

Di Taman Sardi, kamu bisa memandangi hamparan alam yang indah dari ketinggian. Beragam fasilitas bagi pecinta alam pun tersedia disini, mulai dari outbound hingga camping. Tidak hanya itu, banyak juga spot foto yang indah untuk menambah koleksi fotomu. Salah satu spot paling populer adalah Menara Pisang.

4 dari 5 halaman

Wisata Kudus yang Wajib Dikunjungi

5. Museum Kretek

Setelah menjelajah wisata alam dan wisata air di Kudus ada baiknya jika kamu mengunjungi juga wisata sejarah dan edukasi Kudus, seperti Museum kretek. Ini adalah museum yang berlokasi di Desa Getas pajetan Kecamatan Jati Kudus. Lokasi tersebut tidak jauh dari pusat kota yaitu hanya berjarak sekitar tiga kilometer ke arah selatan.

Sesuai dengan namanya yaitu kretek yang identik dengan rokok. Musem ini mempunyai koleksi berbagai macam peralatan atau mesin untuk membuat rokok pada jaman dulu. Selain itu kamu melihat diorama yang memperlihatkan proses mulai dari penanaman tembakau hingga pembuatan rokok.

6. Air Terjun Kali Banteng

Kudus juga memiliki tempat wisata air yang dikenal dengan nama Air Terjun Kali Banteng. Air terjun ini memiliki dua tingkatan yang menggoda untuk bermain air di dalamnya. Memiliki ketinggian 20 meter dengan kedalaman kurang dari satu meter, membuatmu bakal  merasa sangat puas, meskipun hanya sekadar bermain air.

Arusnya pun tidak begitu deras, sehingga anak-anak pun bisa ikut bermain dengan aman. Akan tetapi, tetap saja di bawah pengawasan orang tua agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tempat wisata yang terletak di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kudus ini cocok bagi kamu yang gemar bermain air.

5 dari 5 halaman

Wisata Kudus yang Wajib Dikunjungi

7. Makam Sunan Muria

Satu lagi makam sunan yang merupakan salah satu wali songo di kudus adalah makan Sunan Muria. Makan Sunan Muria ini juga tidak kalah ramai dikunjungi wisatawan dibandingkan dengan makam Sunan Kudus. Terdapat di Desa Colo di lereng Gunung Muria, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata lainnya di sekitar sini.

8. Air Terjun Montel dan Gonggomino

Selain air terjun Kali Banteng, ada juga air terjun Montel yang tak kalah indah. Air terjun Montel juga berlokasi di kawasan wisata alam Colo Kudus.

Air terjun ini terletak di sebelah utara makam Sunan Muria. Air terjun yang memiliki ketinggian air sekitar 50 meter ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti musola, tempat parkir yang luas, warung makan, kios yang menjual berbagai macam cinderamata khas colo dan lain sebagainya.

Tidak jauh dari air terjun Montel, ada satu air terjun yang juga indah. Dengan menyusuri sungai di kawasan Rejenu, kamu bisa mencapai lokasi air terjun Gonggomini ini.