Sukses

Penyebab Meningitis yang Perlu Diketahui Agar Dapat Tentukan Penanganan Tepat

Liputan6.com, Jakarta Penyebab meningitis penting diketahui agar dapat melakukan pencegahan yang tepat. Meningitis adalah peradangan selaput yang menguraikan otak dan sumsum tulang belakang. Tanpa pengobatan, meningitis dapat menyebabkan kelumpuhan, stroke, kejang, sepsis, dan bahkan kematian.

Meningitis terbagi dalam beberapa tipe dilihat dari penyebabnya. Penyebab meningitis sering dipicu oleh jenis bakteri yang disebut Neisseria meningitidis. Sekitar 1 dari 10 orang membawa kuman ini di hidung atau tenggorokan mereka tanpa tanda-tanda atau gejala penyakit. Selain bakteri, penyebab meningitis dapat berupa virus atau jamur.

Dengan mengenali penyebab meningitis dengan tepat, pengobatan akan mudah dilakukan. Selain itu, pencegahan juga penting untuk menghindari penyebab meningitis. Berikut ulasan mengenai penyebab meningitis yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/6/2019).

2 dari 7 halaman

Mengenal Meningitis

Meningitis adalah peradangan pada meninges. Mening adalah tiga selaput yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis dapat terjadi ketika cairan di sekitar meninges terinfeksi.

Meningitis dapat berupa bakteri atau virus, meskipun ada juga bentuk-bentuk jamur dari penyakit tersebut. Meningitis virus adalah bentuk paling umum. Meningitis bakteri adalah bentuk paling serius.

Infeksi virus dan bakteri adalah penyebab paling umum dari meningitis. Ada beberapa bentuk lain dari meningitis. Contohnya termasuk cryptococcal, yang disebabkan oleh infeksi jamur, dan karsinomatosa, yang berhubungan dengan kanker. Jenis-jenis ini kurang umum.

Setiap jenis meningitis memiliki penyebab yang sedikit berbeda, tetapi masing-masing pada akhirnya bertindak dengan cara yang sama. Bakteri, jamur, virus, atau parasit menyebar melalui aliran darah hingga mencapai otak, atau sumsum tulang belakang. Di sana, ia terbentuk di lapisan atau cairan di sekitar bagian tubuh vital ini dan mulai berkembang menjadi infeksi yang lebih lanjut.

3 dari 7 halaman

Penyebab Meningitis: Virus

Meningitis virus adalah jenis meningitis yang paling umum. Virus dalam kategori Enterovirus menyebabkan 85 persen kasus. Ini lebih umum terjadi di negara yang memiliki musim panas dan gugur. Virus ini diantaranya adalah coxsackievirus A, coxsackievirus dan echovirus.

Virus dalam kategori Enterovirus menyebabkan sekitar 10 hingga 15 juta infeksi per tahun, tetapi hanya sebagian kecil orang yang terinfeksi akan mengembangkan meningitis. Virus lain dapat menyebabkan meningitis diantaranya Virus West Nile, influensa, penyakit gondok, HIV, campak, virus herpes, Coltivirus (menyebabkan demam kutu Colorado)

Meningitis virus biasanya hilang tanpa pengobatan. Namun, beberapa penyebab memang perlu diobati. Meningitis virus bisa menular. Ini menyebar melalui kontak langsung dengan cairan tubuh, termasuk lendir, kotoran, dan air liur. Tetesan cairan yang terinfeksi dapat disebarkan dan dibagikan dengan bersin dan batuk. Anda tidak harus bersentuhan langsung dengan orang yang terinfeksi untuk mendapatkan infeksi ini.

4 dari 7 halaman

Penyebab Meningitis: Bakteri

Meningitis bakteri menular dan disebabkan oleh infeksi dari bakteri tertentu. Ini fatal jika tidak dirawat. Antara 5 hingga 40 persen anak-anak dan 20 hingga 50 persen orang dewasa dengan kondisi ini meninggal. Jenis bakteri yang paling umum yang menyebabkan meningitis bakteri adalah:

- Streptococcus pneumoniae, yang biasanya ditemukan di saluran pernapasan, sinus, dan rongga hidung dan dapat menyebabkan apa yang disebut "pneumokokus meningitis".

- Neisseria meningitidis, yang menyebar melalui air liur dan cairan pernapasan lainnya dan menyebabkan apa yang disebut "meningitis meningokokus".

- Haemophilus influenza, yang dapat menyebabkan tidak hanya meningitis tetapi juga infeksi darah, radang tenggorokan, selulitis, dan radang sendi menular.

- Listeria monocytogenes, yang merupakan bakteri bawaan makanan

- Staphylococcus aureus, yang biasanya ditemukan pada kulit dan saluran pernapasan, dan menyebabkan “meningitis stafilokokus”.

5 dari 7 halaman

Penyebab Meningitis: Jamur

Meningitis jamur adalah jenis meningitis yang langka. Ini disebabkan oleh jamur yang menginfeksi tubuh dan kemudian menyebar dari aliran darah ke otak atau sumsum tulang belakang.

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah lebih cenderung mengembangkan meningitis jamur. Ini termasuk orang dengan kanker atau HIV. Jamur yang paling umum terkait dengan meningitis jamur meliputi:

- Cryptococcus, yang dihirup dari tanah atau tanah yang terkontaminasi oleh kotoran burung.

- Blastomyces, jenis jamur lain yang ditemukan di tanah, terutama di Amerika Serikat bagian Barat Daya.

- Histoplasma, yang ditemukan di lingkungan yang sangat terkontaminasi oleh kelelawar dan kotoran burung, terutama di negara-negara Midwestern dekat Sungai Ohio dan Mississippi.

- Coccidioides, yang ditemukan di tanah di daerah tertentu di AS Barat Daya dan Amerika Selatan dan Tengah.

6 dari 7 halaman

Penyebab Meningitis: Parasit

Meningitis yang disebabkan oleh parasit lebih jarang daripada meningitis virus atau bakteri. Biasanya meningitis jenis ini disebabkan oleh parasit yang ditemukan di tanah, tinja, dan pada beberapa hewan dan makanan, seperti siput, ikan mentah, unggas, atau produk.

Satu jenis meningitis parasit lebih jarang daripada yang lain. Ini disebut meningitis eosinofilik (EM). Tiga parasit utama bertanggung jawab untuk EM adalah Angiostrongylus cantonensis, Baylisascaris procyonis, dan Gnathostoma spinigerum.

Meningitis parasit tidak ditularkan dari orang ke orang. Sebaliknya, parasit ini menginfeksi binatang atau bersembunyi di makanan yang kemudian dimakan manusia. Jika parasit atau telur parasit menular ketika dicerna, infeksi dapat terjadi.

Satu jenis meningitis parasit yang sangat langka, meningitis amebic, adalah jenis infeksi yang mengancam jiwa. Jenis ini disebabkan ketika salah satu dari beberapa jenis ameba memasuki tubuh melalui hidung saat berenang di danau, sungai, atau kolam yang terkontaminasi. Parasit dapat menghancurkan jaringan otak dan pada akhirnya dapat menyebabkan halusinasi, kejang, dan gejala serius lainnya. Spesies yang paling dikenal adalah Naegleria fowleri.

7 dari 7 halaman

Kondisi atau perawatan medis tertentu

Meningitis yang disebabkan oleh kondisi atau perawatan medis tertentu disebut juga dengan Meningitis non-infeksi. Meningitis non-infeksi bukanlah infeksi. Sebaliknya, itu adalah jenis meningitis yang disebabkan oleh kondisi atau perawatan medis lainnya.

Kondisi atau perawatan medis ini dapat meliputi lupus, cedera kepala, operasi otak, kanker atau obat-obatan tertentu.