Sukses

Cara Membuat Smoothies Sehat Penuh Nutrisi, Tak Bikin Gemuk

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat smoothies yang sehat dapat kamu terapkan dalam pola makan sehat. Jika kamu pernah membuat smoothies segar untuk sarapan cepat atau camilan sehat, kamu mungkin menggunakan beberapa kombinasi bahan seperti buah, oats, produk susu, madu, sirup, bahkan gula. Cara membuat smoothies umumnya dengan memasukkan buah dan bahan-bahan pendukung lainnya ke dalam blender.

Masalah dari penggunaan bahan-bahan ini terletak dalam pemecahan nutrisi. Di antara jumlah gula dan lemak yang berlebihan di banyak smoothies buatan sendiri atau dibeli di toko, kamu bahkan bisa mengonsumsi smoothies yang setara dengan beberapa kantong permen. Bukannya sehat, kamu akan menambah berat badan dengan perpaduan yang salah ini.

Ini tidak berarti smoothies tidak baik untukmu. Kamu hanya perlu tahu bahan mana yang harus dimasukkan dan mana yang dibatasi. Cara membuat smoothies yang tepat akan membuat pola makanmu semakin sehat. Maka dari itu penting untuk mengetahui cara membuat smoothies yang sehat.

Cara membuat smoothies yang sehat ini dapat meliputi pilihan buah, pemanis, dan nutrisi yang akan didapat. Dengan mengetahui cara membuat smoothies yang sehatm kamu dapat menikmati smoothies lezat setiap saat tanpa khawatir timbulnya masalah kesehatan.

Nah, apa saja yang perlu diperhatikan dalam cara membuat smoothies yang sehat? Simak tips dan cara membuat smoothies yang sehat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (21/6/2019).

2 dari 4 halaman

Tips cara membuat smoothies sehat

Penambahan bahan-bahan manis biasanya membuat smoothies menjadi tidak sehat. Dengan memilih buah-buahan dengan bijak dan menambahkan protein, susu nabati, dan lemak baik, kamu dapat membuat smoothies sehat yang sama lezat dan memuaskannya dengan yang manis, dan berkalori tinggi.

Berikut tips sehat membuat smoothies yang dapat diterapkan di rumah:

Pilih buah yang memiliki kandungan gula lebih rendah

Sebagian besar beri, seperti blackberry, raspberry, dan bahkan stroberi, rendah gula. Begitu juga jeruk bali, blewah, dan pepaya.

Pisang sering digunakan dalam smoothie untuk membuatnya lebih kental, tetapi satu porsi pisang 3 ons memiliki lebih dari 10 gram gula. Ceri, mangga, anggur, dan buah ara juga memiliki banyak gula. Setengah buah pir dengan segenggam es batu adalah cara lain untuk mendapatkan tekstur smoothie yang luar biasa.

Hindari jus yang dibeli di toko

Sebaliknya, jus buahmu sendiri, atau gunakan cairan lain. Kamu bisa mencoba air putih atau air kelapa. Cairan dari kelapa muda cukup manis. Susu almond tanpa pemanis, susu kedelai, dan susu rami adalah pengganti nondairy yang baik. Susu biasa juga bisa digunakan. Berhati-hatilah dengan kalori tambahan.

3 dari 4 halaman

Tips cara membuat smoothies sehat

Sertakan protein dan lemak

Protein whey atau kacang polong mudah dicerna dan memiliki asam amino esensial. Ini akan berbaur dengan baik dalam smoothiemu. Yoghurt Yunani juga akan meningkatkan jumlah protein.

Menambahkan setengah alpukat adalah cara yang baik untuk mendapatkan vitamin dan nutrisi seperti antioksidan, vitamin B kompleks, dan kalium. Ini juga merupakan sumber lemak yang hebat. Biji chia pilihan teoat untuk mengentalkan dan menambahkan serat serta lemak dan protein sehat.

Jangan lupakan sayuran

Smoothie hijau sangat disukai karena suatu alasan. Beberapa genggam bayam, kangkung, atau wortel membuat smoothiemu terlihat baik tanpa berdampak negatif pada rasanya. Rasa campuran sayuran ini sangat ringan dan biasanya tertutupi dengan rasa buah yang ditambahkan.

Selain itu, kamu mendapatkan manfaat dari sedikit gula dan banyak antioksidan, serat, dan nutrisi penting lainnya. Jika memutuskan untuk menambahkan lebih banyak sayuran, rasa getir dari lemon segar atau jus jeruk nipis dapat membantu menutupi kepahitan tanpa bergantung pada gula.

Maniskan dengansehat

Tidak masuk akal untuk memilih buah-buahan rendah gula dan kemudian menuangkan madu atau gula. Gunakan tangan yang sangat ringan saat menambahkan pemanis, atau coba gunakan rempah-rempah seperti kayu manis dan pala, atau sedikit ekstrak vanila. Kamu juga bisa menggunakan bubuk protein rasa berkualitas tinggi.

4 dari 4 halaman

Resep smoothies sehat

Untuk membuat smoothies kamu cukup menyiapakan blender untuk menghaluskan semua bahan yang ada. Campurkan seluruh bahan smoothies sesuai resep yang ada, blender hingga halus dan siap dinikmati. Berikut bebeberapa pilihan smoothies sehat:

Smoothie alpukat-raspberry

Kombinasi ini mungkin tampak aneh, tetapi alpukat menjinakkan rasa getir dari smoothies ini. Selain banyak kalium dari alpukat, minuman ini juga menyediakan vitamin C, serat, dan antioksidan yang dapat membantu melawan perkembangan jenis kanker tertentu.

Bahan:

1 alpukat

3/4 cangkir jus jeruk

3/4 cangkir jus raspberry

1/2 cangkir raspberry

 

Smoothie tomat

Tidak ada yang menyangkal sifat kesehatan dari tomat. Dikemas dengan vitamin A, C, dan K, tomat dapat meningkatkan kesehatan kulit, meningkatkan pengaturan gula darah, melawan kanker, dan meningkatkan penglihatan.

Bahan:

2 cangkir tomat

1/2 cangkir jus tomat

1/4 cangkir jus apel

1/2 cangkir wortel

1/4 cangkir seledri

2 gelas es

 

Smoothie pepaya-mangga

National Institutes of Health mencantumkan mangga, bersama dengan melon dan aprikot, sebagai sumber vitamin A yang baik. Kaya zat besi dan antioksidan, mangga juga membantu pencernaan. Seperti mangga, pepaya juga mengandung enzim yang membantu pencernaan. Pepaya juga menyediakan sumber serat yang bagus.

Bahan:

1 mangga (dikupas)

1 pepaya (dikupas)

2 cangkir yogurt tawar

2 sdm. air jeruk nipis segar