Sukses

Jadi Mualaf, Ini 5 Fakta Deddy Corbuzier Peluk Agama Islam

Deddy Corbuzier akhirnya sah memeluk agama islam, cek faktanya.

Liputan6.com, Jakarta Deddy Corbuzier, saat ini tengah menjadi sorotan karena dirinya menjadi mualaf. Deddy Corbuzier telah sah memeluk agama Islam setelah mengikrarkan dua kalimat syahadat pada Jumat (21/6/2019) selepas salat Jumat di Pondok Pesantren Ora Aji, Sleman, Yogyakarta.

Momen mengahrukan itu disaksikan oleh puluhan jamaah serta awak media yang hadir. Selepas Deddy mengikrarkan dua kalimat syahadat, para jamaah mengucapkan takbir sebagai tanda syukur karena Deddy telah resmi masuk islam.

Sebelum masuk islam, presenter bernama lengkap Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo tersebut pernah mengaku sudah tertarik dengan ajaran silam dan terus mempelajarinya. Dalam perjalanannya menuju mualaf, memang banyak fakta menarik tentang Deddy Corbuzier.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber fakta-fakta Deddy Corbuzier memeluk agama islam, Jumat (21/6/2019).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Belajar agama Islam dari dua tokoh besar

Deddy Corbuzier sah menjadi muslim setelah membaca dua kalimat syahadat di Masjid Al Mbejaji Pondok Pesantren Ora Aji Tundan, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Jumat (21/6/2019) dengan didampingi Gus Miftah. Sebelumnya beberapa kali Gus Miftah muncul di kanal Youtube Deddy Corbuzier.

Gus Miftah pun menceritakan awal pertemuannya dengan Deddy. Dirinya mulai akrab dengan Deddy setelah bertemu di acara Hitam Putih. Selepas acara itu, keduanya semakin akrab. Menurut Gus Miftah, selain dirinya, Deddy juga mengagumi tokoh muslim lainnya yakni Cak Nun. 

Deddy Corbuzier mengaku ingin belajar islam dengan Cak Nun. Mendengar hal yang diungkapkan Deddy, Gus Miftah berinisiatif menelepon Cak Nun dan terjadilah obrolan Deddy Corbuzier dengan Cak Nun via telepon.

 

3 dari 6 halaman

Sudah pelajari Islam sejak 8 bulan lalu

Selama bertukar pikiran, banyak hal yang menjadi topik pembicaraan Deddy dengan Gus Miftah termasuk mengenai agama Islam. Usut punya usut, Deddy Corbuzier mulai mempelajari agama Islam delapan bulan lalu. Hal itu disampaikan oleh Gus Miftah, tokoh muslim yang sangat dekat dengannya. Menurut Gus Miftah, Deddy sering sekali bertanya tentang Islam secara rasional ataupun tidak rasional.

"Walaupun saya bilang tidak semua ajaran Islam bisa dirasionalkan karena itulah yang membedakan agama dan ilmu pengetahuan," tutur Gus Miftah.

4 dari 6 halaman

Persiapan yang dilakukan pondok pesantren tempat Deddy ikrarkan syahadat

Pondok pesantren Ora Aji menjadi tempat Deddy Corbuzier mengucap kalimat syahadat pada hari Jumat (21/6/2019). Rupanya tidak ada persiapan khusus yang dilakukan oleh pondok pesantren dalam menyambut momen istimewa tersebut.

"Enggak ada (persiapan khusus), kita biasa mengislamkan orang. Enggak ada persiapan, sama aja kayak orang lain," ujar ustaz Arif selaku pengurus dan dan asisten Gus Miftah seperti dikutip Liputan6.com dari Brilio, Jumat (21/6/2019).

Ustaz Arif juga menyampaikan persiapannya lebih untuk persiapan ibadah salat Jumat.  

"Persiapan lain yang beres-beres. Ada tamu, mungkin lebih bersih-bersih," tutup Ustaz Aris.

 

5 dari 6 halaman

Sosok yang jadi saksi Deddy ikrarkan dua kalimat Syahadat

Selesai salat Jumat, Deddy Corbuzier datang ke Pondok Pesantren Ora Aji ditemani oleh Gus Miftah. Gus Miftah menjadi sosok yang menuntun Deddy membaca dua kalimat syahadat. Saksi Deddy masuk Islam ialah perwakilan dari Mualaf Center Yogyakarta (MYC), pacar Deddy Shabrina Khairunissa, dan banyak publik yang menyaksikannya.

Seusai mengucapkan kalimat syahadat, ada momen haru ketika Deddy memeluk Gus Miftah dan beberapa orang menyalami Deddy. Publik dan awak media pun mengumandangkan takbir tanda sujud syukur karena Deddy telah memeluk agama Islam.

6 dari 6 halaman

Alasan Deddy masuk agama Islam

Seperti diketahui, Deddy menjalani hubungan dengan Shabrina Khairunissa, wanita yang beragama islam. Sontak banyak anggapan yang menyebutkan Deddy masuk islam karena faktor Shabrina. Namun hal tersebut dibantah oleh Gus Miftah, selaku tokoh yang menuntun Deddy baca dua kalimat syahadat hari ini.

"Wah bukan karena pacarnya. Dia aja baru tunangan tiga bulan lalu dan dia belajar Islam sudah delapan bulan," ujar Gus Miftah pada Kamis 20 Juni 2019, dikutip Liputan6.com dari Dream.

Menurut Gus Miftah, Deddy memang murni ingin mempelajari islam karena mendapatkan pencerahan. Banyak ilmu yang terus Deddy gali dari Gus Miftah. Bahkan selain Gus Miftah, Deddy juga ingin belajar islam dengan Cak Nun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini