Sukses

5 Manfaat Teh Talua Bagi Kesehatan, Minuman Khas Sumatera Barat

Liputan6.com, Jakarta Teh talua atau dalam Bahasa Indonesia teh telur merupakan minuman khas Sumatera Barat yang sangat digemari dimana-mana. Kombinasi kuning telur dengan teh ini memiliki rasa yang sangat enak dan cocok di lidah semua orang. 

Biasanya teh talua dikonsumsi pada malam hari saat sedang dingin, jadi teh talua dapat menghangatkan tubuh. Teh talua biasanya disajikan dengan jeruk nipis untuk menghilangkan rasa amis kuning telur yang hanya dikocok dan ditambahkan teh ini.

Teh talua terkenal dengan menfaatnya sebagai penambah tanaga. Kamu bisa mengonsumsinya dengan memesan di berbagai rumah makan Minang maupun membuatnya sendiri. Membuat teh talua sendiri di rumah tidak sulit asalkan semua bahan sudah tercukupi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/6/2019) tentang manfaat teh talua bagi kesehatan

2 dari 4 halaman

Menambah Tenaga dan Menjaga Kesehatan Mata

1. Menambah Tenaga

Teh talua memiliki manfaat yang sangat besar dalam menambah tenaga. Apalagi buat orang-orang yang memiliki banyak aktivitas dan pekerjaan yang berat. Sebelum bekerja kamu dapat minum teh talua untuk meningkatkan kekuatan dan tenaga, serta agar tidak mudah lelah.

Selain itu, kandungan teh dan telur juga bisa diminum setelah beraktivitas dan bekerja berat untuk mengembalikan stamina dan energi yang telah habis saat melakukan pekerjaan tersebut. Dengan kemudahan membuatnya dan tidak mengandung bahan kimia, teh talua menjadi alternatif tepat sebagai minuman penambah energi.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Selanjutnya, manfaat teh talua adalah menjaga kesehatan mata. manfaat satu ini mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Kandungan zat karotenoid pada teh talua memiliki peran untuk menjaga kesehatan mata. berbagai gangguan penglihatan mata bisa diatasi oleh zat karotenoid ini.

Bahkan, meminum teh talua juga bisa menurunkan risiko penyakit katarak yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kebutaan. Jadi tidak ada salahnya mengonsumsi teh talua secara teratur untuk menjaga mata agar tetap sehat.

3 dari 4 halaman

Meningkatkan Stamina Pria dan Menunda Lapar

3. Meningkatkan Stamina Pria

Tentunya sudah banyak ornag yang tahu bahwa teh talua dapat meningkatkan stamina pria. Hal ini sudha terlihat dari salah satu bahannya yaiut kuning telur. Kuning telur memiliki lemak yang merupakan sumber tenaga.

Teh talua sangat bermanfaat bagi pria dewasa dalam meningkatkan stamina dan keperkasaan dalam hubungan suami-istri. Jadi bagi pria dewasa yang sudah menikah, kamu bisa mengonsumsi teh talua sebelum melakukan hubungan suami-istri.

4. Menunda Lapar

Manfaat teh talua lainnya adalah dapat menunda lapar. Hal ini terkait dengan bahannya yaitu teh dan telur, serta gula yang di dalamnya menyimpan kalori. Jadi secara tidak langsung, minum teh talua dapat menjaga berat badan agar tetap ideal dan tidak berlebih.

Dengan mengonsumsi teh talua, kamu bisa menekan nafsu makan dalam rangka menjaga agar berat badan tetap ideal.

5. Memenuhi Kebutuhan Vitamin Tubuh

Kuning telur yang ada dalam teh talua memiliki berbagai kandungan vitamin mulai dari vitamin A, D, E dan vitamin K. Berbagai vitamin tersebut masuk ke dalam tubuh dan bekerja ke berbagai bagian yang memerlukannya.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Teh Talua

Sebelum mengetahui manfaatnya, mungkin kamu perlu mengetahui bagaimana cara membuat teh telur. Membuat teh telur memang tidak sulit, kamu cukup menyediakan beberapa bahan seperti teh, telur, gula serta jeruk nipis. Begini langkah-langkahnya:

  1. Pisahkan kuning telur ke dalam gelas
  2. Tambahkan gula ke dalam gelas yang telah berisi kuning telur tadi
  3. Kocok kuning telur dan gula sampai berbusa
  4. Tuangkan teh panas
  5. Tambahkan perasan jeruk nipis untuk mengurangi amis dari telur