Sukses

Menjunjung Tinggi Kesopanan, Begini 10 Etika Makan di Korea

Liputan6.com, Jakarta Sekarang ini banyak orang yang tidak memperhatikan etika makan. Saat makanan datang, sering sekali terlihat orang-orang langsung makan dengan terburu-buru tanpa memikirkan sekelilingnya lagi. Asalkan perut kenyang, kesopanan dikesampingkan. 

Namun kamu tidak bisa melakukan hal tersebut saat berada di Korea. Ada beberapa etika makan yang harus dipatuhi. Walaupun di setiap negara tentu memiliki budaya yang berbeda-beda pula, kamu bisa belajar dari etika makan di Korea ini.

Etika makan di Korea terkenal menjunjung tinggi kesopanan. Jadi tidak ada yang namanya makan hanya untuk mengisi perut, namun lebih dari itu ada tradisi dan tata krama yang hingga kini masih terus dilakukan dan harus dipatuhi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/6/2019) tentang etika makan di Korea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Dahulukuan Orang Tua

1. Dahulukan Orang Tua Saat Duduk

Etika makan di Korea yang pertama adalah dahulukun orang yang lebih tua saat duduk. Bila kamu duduk lebih dulu daripada orang tua, maka kamu akan dianggap tidak sopan. Walaupun kamu benar-benar sudah lapar, pastikan untuk menunggu orang yang lebih tua duduk terlebih dahulu.

2. Tunggu yang Lebih Tua Makan Terlebih Dahulu

Selain itu, etika makan di Korea yang selanjutnya masih berhubungan dengan menghormati orang yang lebih tua, yaitu menunggu orang tua makan terlebih dahulu sebelum kamu juga makan. Kesopanan memang sangat diperhatikan di Korea, jadi pastikan kamu selalu memperhatikannya. Sebelum makan kamu juga wajib mengucapkan “Jalmeokhoseumnida” yang berarti saya akan makan dengan baik.

3 dari 5 halaman

Jangan Bersihkan Hidung di Meja dan Makan Pelan-Pelan

3. Tidak Boleh Membersihkan Hidung Saat Makan

Membersihkan hidung atau bahkan mengeluarkan cairan hidung saat makan sangat tidak sopan dilakukan. Hal ini termasuk ke dalam salah satu etika makan di Korea. kalau benar-benar tidak tertahankan lagi, kamu harus segera mencari tempat lain.

Hal ini dilakukan agar tidak menularkan virus flu kepada orang lain yang makan bersama kamu. Sebenarnya hal ini juga merupakan salah satu etika makan di Indonesia, namun banyak orang menyepelekan hal ini.

4. Makan Pelan-pelan dan Jangan Bersisa

Etika berikutnya adalah makan dengan pelan. Walaupun kamu sudah sangat lapar, kamu wajib mengikuti ritme orang di depanmu agar mengakhiri makan pada waktu yang sama.

Hal ini juga bermanfaat agar kamu tidak tersedak saat makan. Selain itu, Jangan pernah sisakan makanan di tempat makan, karena hal itu akan dianggap tidak sopan dan tidak bersyukur. Di Korea, sangat penting hanya menyisakan mangkuk dalam keadaan bersih setelah makan.

4 dari 5 halaman

Jangan Angkat Mangkuk dan Menuangkan Minum Untuk Orang Lain

5. Jangan Angkat Mangkuk

Mengangkat mangkuk mungkin menjadi salah satu hal yang sering dilihat dari budaya Jepang dan Cinat. Namun dalam budaya Korea, hal ini tidak boleh dilakukan. Di Korea, makan dengan mengangkat mangkuk akan membuat kamu terlihat seperti pengemis. Biarkan mangkuk nasi tetap di atas meja dan makanlah dengan tenang.

6. Menuangkan Minum untuk orang lain

Etika minum ini tentunya sudah sangat sering kamu lihat di drama korea maupun di film korea lainnya. Etika menuangkan minum untuk orang lain ini merupakan hal wajib dilakukan di Korea. Apalagi minum bersama sudah menjadi tradisi bagi orang Korea, baik dilakukan dengan keluarga, teman, maupun rekan kerja.

Kamu wajib menuangkan minum pada bos atau senior terlebih dahulu sebelum menuangkannya ke dalam gelasmu. Selain itu, kamu juga tidak boleh menolak minuamn yang diberikan oleh senior. Bila kamu menolak maka kamu akan dianggap sebagai orang yang tidak sopan. Sebagai informasi, biasanya tradisi minum ini menggunakan minuman yang beralkohol.

5 dari 5 halaman

Menerima Makanan dan Posisi Sumpit

7. Adab Saat Menerima Makanan atau Minuman

Saat menerima makanan atau minuman juga ada etikanya di Korea. Saat seseorang yang lebih tua menuangkan minuman padamu, pegang gelas dengan kedua tangan dan menerimanya dengan duduk sambil melipat kaki ke belakang.

Begitupun ketika ditawari makanan pendamping atau apapun yang ada di atas meja, maka kamu wajib menerimanya. Kamu bisa belajar dari drama korea yang cukup sering menampilkan adegan seperti ini.

8. Perhatikan Posisi Sumpit

Etika selanjutnya adalah memperhatikan posisi sumpit. Bagi kamu yang sering menusuk sumpit ke mangkuk, maka kamu tidak boleh melakukannya di Korea. hal tersebut tidak boleh dilakukan karena dipercaya akan mendatangkan nasib buruk nantinya.

Setelah selesai makan, kamu harus meletakkan sumpit di atas meja dan mengucapkan “Masigaemeokgoseoyo” yang berarti saya menikmati makanannya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS