Sukses

Dampak Negatif Mengurangi Asupan Gula Bagi Tubuh

Jangan mengurangi asupan gula begitu saja.

Liputan6.com, Jakarta Nutrisi dalam makanan yang Anda makan berfungsi sebagai bahan bakar bagi tubuh, tak terkecual gula. Gula yang diserap ke dalam darah bertindak sebagai sumber bahan bakar untuk jaringan di dalam tubuh, termasuk otak. Sementara nutrisi lain seperti protein didaur ulang untuk membantu membentuk protein manusia yang ditemukan di setiap sel.

Pola makan buruk yang kaya akan gula rafinasi dan karbohidrat olahan dapat memengaruhi kesehatan secara negatif, dengan konsumsi gula jangka panjang yang dikaitkan dengan penyakit seperti diabetes tipe 2. Namun, hal semcam ini tak lantas membuat Anda menghindari gula sepenuhnya. Mengurangi konsumsi gula dapat memiliki sejumlah efek samping pada tubuh dan kesehatan.

Seperti yang populer saat ini, diet rendah gula dan karbo begitu banyak digemari. Diet seperti ketogenik, mengharuskan pengurangan konsumsi gula secara signifikan. Walaupun diet ini seringkali memiliki banyak efek menguntungkan bagi tubuh, mengurangi gula sepenuhnya bisa berefek buruk bagi tubuh.

Berikut dampak negatif dari mengurangi asupan gula seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu(22/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kelelahan

Mengikuti diet yang terlalu rendah karbohidrat dan gula dapat memengaruhi tingkat energi. Banyak diet rendah karbohidrat, seperti diet Atkins, memungkinkan konsumsi gula sehat yang sangat terbatas, seperti gula alami yang ditemukan dalam buah-buahan.

Akibatnya, mengikuti diet rendah karbohidrat dengan sedikit atau tanpa asupan gula dapat menyebabkan gula darah rendah, atau hipoglikemia.

Gula darah rendah ini dapat menyebabkan sejumlah gejala termasuk kelelahan, sakit kepala dan kesulitan fokus, lapor University of Maryland Medical Center. Anda dapat membantu mencegah perkembangan hipoglikemia dengan mengikuti diet yang mengandung biji-bijian, buah-buahan dan sayuran sebagai sumber karbohidrat dan gula yang sehat.

3 dari 6 halaman

Keto Flu

Keto flu adalah kumpulan gejala yang dialami oleh beberapa orang ketika mereka pertama kali memulai diet keto. Gejala-gejala ini, yang dapat terasa mirip dengan flu, disebabkan oleh tubuh beradaptasi dengan diet baru yang terdiri dari sangat sedikit karbohidrat dan gula.

Mengurangi asupan karbohidrat memaksa tubuh untuk membakar keton untuk energi alih-alih glukosa. Keton adalah produk sampingan dari pemecahan lemak dan menjadi sumber bahan bakar utama ketika mengikuti diet ketogenik.

Biasanya, lemak dicadangkan sebagai sumber bahan bakar sekunder untuk digunakan ketika glukosa tidak tersedia. Beralih ke membakar lemak untuk energi ini disebut ketosis. Ini terjadi selama keadaan tertentu, termasuk kelaparan dan puasa.

Namun, ketosis juga dapat dicapai dengan mengadopsi diet rendah gula dan karbohidrat. Dalam diet ketogenik, karbohidrat biasanya dikurangi hingga di bawah 50 gram per hari.

Pengurangan drastis ini bisa datang sebagai kejutan bagi tubuh dan dapat menyebabkan gejala seperti penarikan, mirip dengan yang dialami ketika menyapih zat adiktif seperti kafein.

4 dari 6 halaman

Sistem Pencernaan, Endokrin dan Peredaran Darah

Setelah makan, sistem pencernaan memecah karbohidrat gula dan mengubahnya menjadi glukosa. Intinya, glukosa adalah sumber bahan bakar tubuh.

Ketika kadar gula meningkat, pankreas melepaskan hormon yang disebut insulin, yang membantu glukosa diambil dan digunakan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Setiap kelebihan glukosa masuk ke hati untuk disimpan.

Gula darah sangat penting untuk fungsi otak, jantung, dan pencernaan yang baik. Bahkan membantu menjaga kulit dan penglihatan tetap sehat. Kekurangan gula bisa menyebabkan sistem tersebut terganggu. Kadar gula darah yang tidak mencukupi dapat menyebabkan detak jantung yang cepat dan jantung berdebar.

Seringkali, gula darah rendah dapat menandakan kelaparan besar. Namun, terkadang gula darah rendah dapat membuat Anda kehilangan minat dalam makan, bahkan jika Anda lapar.

5 dari 6 halaman

Masalah Sistem Saraf

Kadar gula yang rendah juga dapat menyebabkan berbagai masalah dalam sistem saraf pusat. Gejala awal termasuk kelemahan, sakit kepala ringan, dan pusing. Sakit kepala dapat terjadi karena kekurangan glukosa, terutama jika Anda menderita diabetes.

Anda mungkin juga merasakan tanda-tanda stres, seperti gugup, gelisah, dan mudah marah. Ketika kadar gula darah turun di malam hari, Anda mungkin mengalami mimpi buruk, menangis saat tidur, atau gangguan tidur lainnya.

Kurangnya koordinasi, kedinginan, kulit lembab, dan berkeringat dapat terjadi dengan gula rendah. Kesemutan atau mati rasa di mulut adalah efek lain yang mungkin timbul. Selain itu, Anda mungkin mengalami penglihatan kabur, sakit kepala, dan kebingungan.

Jika tidak segera diatasi, kekurangan asupan rendah yang parah bisa sangat berbahaya. Ini dapat menyebabkan kejang, kehilangan kesadaran, atau kematian.

6 dari 6 halaman

Hipoglikemia

Hipoglikemia terjadi ketika kadar gula darah turun di bawah 70 miligram per desiliter (mg / dl). Hipoglikemia berat dapat mengancam jiwa jika seseorang tidak menerima pengobatan. Perawatan berfokus pada mengembalikan gula darah ke tingkat yang aman.

Pada orang tanpa diabetes, hipoglikemia dapat terjadi akibat tubuh memproduksi terlalu banyak insulin setelah makan, menyebabkan kadar gula darah turun. Ini disebut hipoglikemia reaktif. Ketika seseorang menderita hipoglikemia, mereka mungkin merasa goyah, pusing, buyar, tidak bisa memfokuskan mata, bingung, murung, dan lapar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini