Sukses

Unik, Anjing Laut Ini Bisa Nyanyi Lagu Twinkle Twinkle Little Star

Anjing laut dilatih untuk meniru suara manusia dengan menyanyikan lagu Twinkle Twinkle Little Star.

Liputan6.com, Jakarta Lazimnya, setiap spesies binatang hanya memproduksi suara sesuai tabiat mereka. Misalnya, burung yang berkicau atau anjing yang menggonggong. Namun, beberapa hewan nampaknya bisa berkelakukan lebih dari yang diharapkan seperti anjing laut ini.

Dilansir Liputan6.com dari laman Daily Mail, Senin (24/6/2019), sekelompok anjing laut di kebun binatang El Paso, Inggris nyatanya mampu menirukan melodi lagu terkenal yang berjudul Twinkle Twinkle Little Star. Fenomena ini adalah pencapaian sebuah proyek penelitian Universitas St. Andrews dalam rangka mempelajari gangguan berbicara manusia.

Untuk melakukan penelitian tersebut, para peneliti memilih tiga anjing laut untuk dilatih menirukan suara manusia dengan menyanyikan lagu Twinkle Twinkle Little Star. Penelitian tersebut telah dilakukan sejak ketiga anjing laut itu baru lahir.

Di antara ketiga anjing laut yang dilatih, ada Zola yang bisa dibilang cukup lihai menirukan melodi lagu. Tak hanya lagu Twinkle Twinkle Little Star, Zola bahkan mampu menyanyikan 10 lagu lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saluran vokal anjing laut sama seperti manusia

Dalam penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa anjing laut menggunakan saluran vokal yang sama seperti yang digunakan manusia. Uniknya, primata seperti monyet dan kera yang memiliki hubungan paling dekat dengan manusia justru tidak melakukan cara tersebut.

Dengan meneliti anjing laut, peneliti menyebutkan bahwa anjing laut dapat dijadikan sebagai sistem model terbaru untuk mempelajari perkembangan cara berbicara manusia, khususnya yang berfokus pada gangguan berbicara yang sering dialami.

Dr. Amanda Stansbury dan Profesor Vincent Janik adalah sosok di balik proyek tersebut. Mereka melatih para anjing laut untuk memainkan suara mendekati vocal range alami mereka. Jika sukses, para anjing laut tersebut akan diberi hadiah. Lebih jauh, Dr. Stansbury mengatakan,

"Aku sangat terkesima mereka (anjing laut) bisa meniru contoh suara yang kami mainkan," Ungkapnya.

"Meskipun tidak sempurna, tapi mereka bisa memproduksi suara yang lain dari tabiat mereka. Bagiku, itu cukup mengesankan." Imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Bisa menirukan tanpa mengetahui artinya

 

Profesor Janik juga menyebutkan bahwa memisahkan anjing laut dari induknya sejak lahir juga menjadi salah satu faktor untuk mempermudah penelitian. Pasalnya, anjing laut tersebut belum sempat mempelajari suara yang diajarkan oleh induknya.

Sebelumnya, sebuah penelitian pada tahun 1980-an bahkan berhasil membuat anjing laut menirukan satu frasa bahasa Inggris, seperti "How are you?". Penelitian tersebut dilakukan di akuarium New England di Boston, Massachusetts, Inggris.

Kendati demikian, bukan berarti anjing laut bisa berbicara dengan sempurna layaknya manusia. Pasalnya, mereka tidak akan tahu artinya. Dengan kata lain, anjing laut hanya bisa menirukan cara manusia berbicara tanpa mengetahui makna dari tiap kata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini