Sukses

6 Wisata Alam Semarang yang Wajib Dikunjungi, dari Pantai hingga Air Terjun

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam Semarang sangat cocok untuk dijadikan tempat menyegarkan pikiran. Apalagi udara yang sejuk dan alami yang terdapat di lokasi wisata alam semarang ini dapat membuat liburan lebih bermakna dan menyenangkan.

Berbagai wisata alam seperti umbul, kawasan hutan, pantai, danau, serta air terjun bisa kamu temui di Semarang. Apalagi dengan lokasi berbagai wisata alam ini yang tidak jauh dari kota, tentunya membuat kamu semakin mudah untuk mengakses lokasinya.

Wisata alam Semarang menawarkan kesejukan alam. Setelah menikmatinya, kamu akan merasakan badan lebih lega dan lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas setelah berlibur sejenak.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang Wisata alam Semarang dari berbagai sumber, Senin (24/6/2019). 

2 dari 4 halaman

Wisata Alam Semarang yang Wajib Dikunjungi

Umbul Sidomukti

Wisata alam Semarang yang wajib dikunjungi salah satunya adalah Umbul Sidomukti. Kolam renang alami ini membuat kamu akan merasakan berenang pada ketinggian 1200 mdpl karena terletak di lereng Gunung Ungaran.

Di Umbul Sidomukti juga terdapat beberapa jenis kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda, yang bisa dinikmati oleh anak-anak sampai orang dewasa. Karena berasal dari mata air alami, air dari salah satu wisata alam Semarang ini sangat jernih dan tentunya sangat dingin. Kamu bisa juga sekalian menikmati keindahan pemandangan dari atas ketinggian sembari berenang dan menghirup udara sejuk lereng pegunungan.

Selain itu, sudah banyak fasilitas lainnya yang disediakan di Umbul Sidomukti ini. Berbagai permainan seperti seperti flying fox, rappelling, atau highest triangle, berkuda, ATV, dan berbagai hal menarik lainnya bisa kamu lakukan saat mengunjungi salah satu wisata alam Semarang ini.

Pantai Marina

Wisata alam Semarang yang kedua adalah Pantai Marina. Pantai Marina sudah dilengkapi berbagai macam fasilitas seperti kolam renang, jet ski, hingga taman bermain untuk anak-anak sehingga cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Salah satu pantai di utara Pulau Jawa ini berlokasi di Jalan Yos Sudarso.

Di salah satu wisata alam Semarang ini, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah dan alami. Walaupun berlokasi di dekat kota, namun suasana di Pantai Marina ini tetap sejuk karena banyak pohon-pohon rindang di sekitar pantai.

Kamu juga bisa menikmati matahari tenggelam dan hembusan angin pantai yang sangat menyegarkan. Apalagi, dengan lokasi salah satu wisata alam Semarang ini yang dekat kota, kamu tidak perlu jauh-jauh untuk menyegarkan otak saat bekerja.

3 dari 4 halaman

Wisata Alam Semarang yang Wajib Dikunjungi

Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur merupakan salah satu wisata alam Semarang yang sangat populer. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Semarang dengan ketinggian 150 meter.

Lokasinya terletak di Desa Nogosaren Kecamatan Getasan. Untuk mencapai air terjun ini, kamu harus melewati 900 tangga. Oleh karena itu, kamu tentunya harus menyiapkan stamina agar bisa bersenang-senang saat sampai di lokasi air terjun. Masih banyak orang yang belum tahu tentang Air Terjun Kali Pancur ini.

Rawa Pening

Rawa pening adalah salah satu wisata alam Semarang yang merupakan sbuah danau luas. Dengan luas yang mencapai 2670 hektar, danau ini memiliki panorama yang sangat memanjakan mata. panorama pegunungan dan airnya yang bening membuat Rawa Pening menjadi semakin indah dan sayang untuk dilewatkan.

Di Rawa Pening ini, kamu bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau. Bahkan, kamu juga bisa memancing disini karena danau ini memiliki beragam jenis ikan yang hidup di dalamnya. Dengan pemandangan yang sangat indah, tentunya berfoto adalah salah satu hal yang wajib dilakukan di wisata alam Semarang ini.

4 dari 4 halaman

Wisata Alam Semarang yang Wajib Dikunjungi

Wana Wisata Penggaron

Wisata alam Semarang selanjutnya adalah Wana Wisata Penggaron. Wana Wisata Penggaron adalah hutan lebat alami dengan udara segar yang terletak di Desa Susukan, Ungaran. Kamu akan disuguhkan kehidupan hutan dengan banyaknya hewan liar, terutama burung dari beragam spesies.

Banyak orang yang sengaja menginap dengan mendirikan tenda di Wana Wisata Penggaron ini. Selain itu, kamu juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan seru seperti treking, latihan SAR dan pramuka, serta off road. Wana Wisata Penggaron sangat cocok untuk menyegarkan pikiran dari pekerjaan dengan menghirup udara sejuk alami di hutan.

Curug Lawe

Selain Air Terjun Kali Pancur, ada lagi wisata alam Semarang yang merupakan air mancur, yaiut Curug Lawe. Berbeda dengan Air Terjun Kali Pancur yang masih jarang diketahui, Curug Lawe lebih populer karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Semarang. Pesona air terjunnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Terletak di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Curug Lawe sangat tepat dijadikan sebagai tempat bersantai, apalagi pada pagi hari. Masih sama dengan Air Terjun Kali Pancur, kamu harus melewati perjalanan yang cukup panjang dengan jalan berbatum tanah hingga jembatan kayu untuk sampai ke air terjun satu ini. Oleh karena itu, siapkan staminamu.