Sukses

Cara Akses Google Maps Secara Offline, Tak Perlu Takut Nyasar

Liputan6.com, Jakarta Google Maps menjadikan bepergian di daerah yang asing menjadi mudah dengan peta terperinci dan arah belokan demi belokan. Tetapi apa yang terjadi jika Anda pergi ke suatu daerah tanpa jangkauan jaringan provider, atau Anda bepergian ke luar negeri di mana ponsel cerdas Anda tidak dapat terhubung?

Jika Anda memiliki data internet terbatas, sinyal 4G buruk, tidak ada Wi-Fi, atau bepergian ke tempat asing, ide bagus untuk belajar cara menggunakan Google Maps secara offline. Dengan begitu Anda bisa mencapai tujuan tanpa takut tersesat.

Google Maps telah mempermudah para penggunanya untuk mengakses Maps secara offline. Fitur ini masih merupakan opsi cadangan yang berguna untuk disimpan di saku Anda jika pergi ke suatu tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Anda dapat menyimpan Maps yang Anda butuhkan dan mengaksesnya secara offline nanti.

Berikut cara mengakses Google Maps secara offline yang berhasil Liputan6.com rangkum dari Androidpit, Senin (24/6/2019).

2 dari 4 halaman

Cara mengunduh Maps untuk penggunaan offline

Satu-satunya peringatan untuk menggunakan Google Maps offline adalah Anda harus mengaksesnya secara online terlebih dahulu untuk mengunduh dan menyimpan data yang diperlukan. Anda harus melakukan sedikit persiapan di rumah atau di hotel Anda jika Anda bepergian sebelum dapat pergi dan menggunakan Maps Anda tanpa koneksi jaringan.

Berikut langkahnya:

1. Buka Google Maps (saat online) dan cari lokasi yang Anda inginkan. Anda dapat menggunakan lokasi Anda saat ini untuk menyimpan area di sekitar tempat Anda berada, atau mencari area yang akan Anda kunjungi.

2. Setelah Anda menemukan lokasi / area yang ingin Anda simpan untuk penggunaan offline, cara termudah untuk mengunduhnya adalah dengan masuk ke menu opsi dengan mengetuk ikon tiga baris dan mengetuk maps Offline.

3. Selanjutnya, ketuk select your own map di bagian atas layar dan Anda akan diminta dengan pesan yang mengatakan "download this area?"

4. Seret Maps di dalam kotak kotak biru hingga mencakup area yang ingin Anda Mapskan. Zoom in dan zoom out untuk memperbesar (letakkan dua jari di layar dan satukan) untuk menutup area yang Anda inginkan. Gerakkan jari Anda dengan cara yang berlawanan untuk memperkecil dan mencakup area yang lebih besar.

5. Anda akan melihat bahwa ukuran file akan diperbarui secara otomatis di bagian bawah layar Anda. Semakin besar area yang ingin Anda simpan, semakin besar ukuran file.

6. Setelah Anda puas dengan area Maps, ketuk Unduh (download).

3 dari 4 halaman

Cara menggunakan Maps offline

Jika Anda berada di area Maps offline yang telah Anda simpan, kini Anda dapat bernavigasi seperti biasa, dengan beberapa batasan:

1. Anda tidak akan diminta untuk memberi nama area yang telah Anda unduh segera, tetapi Anda dapat melakukannya nanti melalui area Maps offline yang baru saja Anda masukkan.

2. Setelah mengunduh Maps ke perangkat, Anda dapat mengaksesnya dengan mengetuk ikon menu di kiri atas halaman utama Maps dan kembali ke layar Maps offline.

3. Anda juga akan melihat tanggal kadaluwarsa dan ukuran file dari semua Maps yang telah Anda unduh. Maps akan kedaluwarsa setelah 30 hari kecuali jika Anda tidak menggunakan atau memperbaruinya. Tekan ikon roda gigi di kanan atas layar Maps offline dan pastikan bahwa opsi pertama, secara otomatis memperbarui Maps offline, dihidupkan.

4. Anda dapat memilih apakah Anda ingin Maps Anda diperbarui hanya melalui Wi-Fi atau jika Anda senang melakukannya melalui jaringan seluler Anda. Dimungkinkan juga untuk menggunakan Maps offline sambil menjaga data seluler Anda aktif untuk aplikasi lain. Buka menu Google Maps dan nyalakan mode Wi-Fi only. Anda masih dapat menggunakan Maps offline, dan Anda akan menghemat data baterai dan seluler dengan cara ini.

5. Anda juga dapat menghapus Maps yang disimpan sebelumnya dari layar ini dengan mengklik tiga titik untuk membuka panel opsi.

4 dari 4 halaman

Keterbatasan Maps offline

Setelah mengunduh Maps, Anda akan dapat menggunakan area itu dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan jika Anda terhubung ke jaringan atau Wi-Fi. Namun, ada beberapa batasan pada fungsionalitas Maps offline, sebagian besar mengenai ukuran lokasi yang Anda cari.

Kotak yang Anda gambar di sekitar area yang Anda inginkan memiliki ukuran terbatas, dan tidak mungkin mengunduh apa pun yang membutuhkan ruang penyimpanan lebih dari 1,5 GB.

Anda juga akan kehilangan arah berjalan, arah transportasi umum, informasi lalu lintas langsung dan perubahan rute untuk hal-hal seperti menghindari tol jika Anda menggunakan Google Maps offline. Google Maps yang diunduh cenderung memerlukan cukup banyak ruang penyimpanan untuk mengakomodasi informasi terperinci yang mereka berikan, jadi disarankan untuk terhubung ke Wi-Fi sebelum mengunduh semua Maps yang Anda butuhkan.

Ingatlah ini ketika memilih bagaimana Anda ingin memperbarui Maps offline jika Anda tidak ingin Maps itu kedaluwarsa. Koneksi Wi-Fi tidak sulit ditemukan hari, disarankan Anda membatasi pembaruan otomatis hanya saat berada pada jaringan ini.