Sukses

Kaya Nutrisi, Ini 6 Manfaat Menakjubkan Kelengkeng untuk Kesehatan

Ternyata buah kelengkeng memiliki banyak manfaat.

Liputan6.com, Jakarta Kelengkeng merupakan salah satu buah yang kerap dijadikan salah satu bahan pelengkap dalam resep makanan, terutama untuk dijadikan toping kue atau salad. Buah yang merupakan tanaman asli Asia Tenggara ini memiliki cita rasa manis yang menyegarkan pada daging buahnya. Maka tak heran kalau kelengkeng ini banyak dijadikan sebagai bahan campuran makanan.

Namun cukup sulit untuk menemukan buah kelengkeng ini, karena buah ini merupakan buah musiman. Namun saat buah kelengkeng ini sedang tumbuh, kamu bisa menikmatinya untuk mendapatkan segudang manfaat dari buah kelengkeng.

Ya, siapa sangka buah berwarna cokelat dan berbentuk bundar ini ternyata memiliki manfaat menakjubkan untuk kesehatan tubuh. Manfaat buah kelengkeng berasal dari kandungan fruktosa yang merupakan senyawa yang mampu membantu kadar gula dalam darah. Walaupun memiliki segudang manfaat, perlu diingat bahwa penting untuk tetap menjaga jumlah konsumsinya.

Bila berlebihan akan membuat tubuh menjadi panas akibat kelebihan energi. Nah, untuk lebih jauh membahas manfaat buah kelengkeng ini, berikut Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Senin (24/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kandungan Nutrisi di Buah Kelengkeng

Kandungan nutrisi pada buah kelengkeng sangat melimpah. Pada 100 gram buah kelengkeng saja memiliki protein sebanyak 1,3 gram, karbohodrat sebanyak 15 gram, serat sebanyak 1,3 gram, vitamin C sebanyak 84 mg, kalsium sebanyak 1 mg, dan masih banyak lagi nutrisi lainnya. Berikut ini manfaat buah kelengkeng yang baik untuk kesehatan.

3 dari 6 halaman

Sumber Energi

Meskipun kelengkeng memiliki kandungan lemak dan kalori yang cukup rendah, namun ternyata buah ini memiliki banyak kandungan karbohidrat kompleks. Maka dengan mengonsumsi ini bisa membuat tubuh terpenuhi akan karbohidrat sehingga mampu meningkatkan stamina.

Rasanya yang manis juga menandakan bahwa buah ini mengandung gula yang banyak. Gula sendiri merupakan sumber energi yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Jadi, saat kamu lapar atau kelelahan, konsumsi buah kelengkeng ini untuk mengembalikan energi.

4 dari 6 halaman

Sumber Vitamin C Terbaik

Buah kelengkeng merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik. Hanya dengan mengonsumsi setengah mangkuk kelengkeng, maka 80% asupan harian vitamin C kamu akan tercukupi. Selain itu, penyerapan zat besi juga bergantung pada vitamin C. Ya, vitamin C sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan kulit dari dalam.

5 dari 6 halaman

Antioksidan dan Anti Depresan

Antioksidan

Pentingnya antioksidan bagi tubuh adalah untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit di dalam tubuh. Buah kelengkeng yang kaya antioksidan dan dapat membantu mencegah penyakit jantung, peradangan kronis, serta kanker.

Sebagai Anti Depresan

Bila kamu memiliki beban tugas kerja yang menumpuk, tak heran akan rentan terhadap penyakit dan stress. Nah, untuk mencegah hal ini tidak terjadi, kamu bisa menikmati manfaat buah kelengkeng.

Ya, kelengkeng bisa memberikan efek menenangkan, meningkatkan fungsi syarag, mengatasi iritasi, dan mengurangi rasa lelah. Buah kelengkeng juga bisa mengobati insomnia dan penyakit kelainan tidur lainnya.

 

6 dari 6 halaman

Kesehatan Jantung dan Kulit

Kesehatan Jantung

Buah kelengkeng juga dapat membantu memproduksi sel darah merah melalui kandungan zat besi yang dimilikinya. Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kelengkeng juga mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Kesehatan Kulit

Memiliki kandungan antioksidan dan vitamin di dalam buah kelengkeng, membuat buah ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan julit sehat dan bersinar. Bahkan masyarakat Tiongkok sudah sejak lama mempercayai manfaat buah kelengkeng untuk kesehatn kulit ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini