Sukses

Tak Baik untuk Kesehatan, Begini Cara Kurangi Radiasi pada Handphone

Kebiasaan sederhana yang bisa kurangi radiasi pada handphone.

Liputan6.com, Jakarta Kini banyak orang hampir tidak bisa terlepas dari handphone. Hal inipun menimbulkan isu akan dampak buruk penggunaan handphone dalam jangka waktu yang panjang. Ya, terdapat berbagai macam risiko gangguan kesehatan yang disebabkan oleh radiasi handphone ini. 

Radiasi Radio Frequncy (RF) inilah yang bisa bisa mengganggu kesehatan manusia. Radiasi ini kerap dipancarkan oleh handphone dalam keadaan aktif. Biasanya radiasi ini akan bekerja saat sedang mencari sinyal.

Siapa sangka, terpapar radiasi dalam jangka panjang bisa mengganggu sistem jaringan otak sehingga berpotensi menyebabkan keruskan otak. Memang, aktivitasmu tidak bisa terlepas dari handphone. Namun kamu masih tetap bisa menggunakan handphone secara aman agar tak terpapar radiasi yang tinggi ini.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum beberapa cara mengurangi kinerja radiasi agar tak ganggu kesehatanmu, Senin (24/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hindari Menggunakan Handphone dengan Radiasi Tinggi

Sebelum kamu membeli produk handphone, penting untuk mencari tahu terlebih dahulu seberapa besar radiasi dari perangkat tersebut. Nah, sebelum akhirnya membeli produk handphone, ada baiknya untuk memilih handphone dengan radiasi yang rendah.

3 dari 5 halaman

Menelpon di Ruangan Terbuka dan Batasi Durasinya

Radiasi terbesar terjadi saat kamu sedang menelpon. Apalagi saat kamu sedang mencari sinyal untuk menelpon, radiasi pada handphone kamu sedang bekerja dengan sangat keras untuk mendapatkan sinyal itu. Ya, tinggi rendahnya puncak dapat disebabkan dari ada tidaknya penghalang koneksi.

Bila kamu sedang menelpon di ruangan tertutup, maka handphone kamu akan memancarkan radiasi tinggi yang berguna untuk menembus ruang tertutup yang menghalangi koneksinya.

Pentingnya untuk berada di ruangan terbuka untuk mendapatkan sinyal yang tinggi agar radiasi tidak bekerja keras untuk memancarkannya yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Selain menelpon di ruangan terbuka, kamu juga perlu membatasi durasi dalam menelpon. Durasi menelpon yang lama akan menambah dampak buruk untuk tubuh karena semakin lama tubuh terpapar oleh radiasi.

4 dari 5 halaman

Jangan Terlalu Dekat Menatap Layar Handphone

Selain gelombang radiasi RF, ternyata layar pada hansphone kamu juga menimbulkan radiasi cahaya. Ya, radiasi cahaya pada hanphone ini bisa merusak mata bila tidak dikondikan dengan baik.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengukur jarak aman mata kamu. Hal ini untuk menjaga agar mata tetap sehat.

5 dari 5 halaman

Jangan Menyimpan Handphone di Kantong Pakaian

Begitu juga dengan kebiasaan menyimpan handphone di kantong celana atau kantong baju. Menyimpannya di sana akan membuat radiasi handphone menjadi sangat dekat dengan tubuh kamu.

Namun apabila kondisi tertentu mamaksakan kamu untuk menyimpannya di sana, maka kamu perlu menggunakan atau mengaktifkan mode pesawat. Dengan mengaktifkannya, maka sinyal akan mati dan akan menonaktifkan radiasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.