Sukses

Ini 6 Cara Merawat Kamera Digital Agar Tak Cepat Rusak

Liputan6.com, Jakarta Cara merawat kamera digital agar lebih awet sangat diperlukan karena kamera ini memiliki komponen sensitif yang mudah sekali rusak. Selain itu harga untuk memperbaikinya pun tidaklah murah.

Sama dengan barang elektronik lainnya yang kerap membutuhkan perawatan khusus, maka ketika kamu memiliki kamera digital harus bersiap menjaganya dengan baik agar tak cepat rusak. Hal ini perlu dilakukan terlebih kita tinggal di daerah tropis dengan kelembapan yang cukup tinggi.

Kondisi ini merupakan salah satu alasan utama buat kamu selalu menjaga perlindungan dan perawatan kamera untuk mengurangi kelembapan agar kamera dan lensa lebih awet dan tahan lama.

Nah, berikut ini Liputan6.com, Selasa (25/6/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara merawat kamera digital agar selalu terjaga dan tetap awet.

2 dari 6 halaman

Gunakan Tas Kamera

Bila kamu berencana menggunakan kamera untuk hunting di luar ruangan, pastikan untuk membawanya dengan menggunakan tas khusus kamera digital. Dengan menggunakan tas khusus kamera kamu bisa tetap aman saat membawanya.

Pada tas khusus ini dilengkapi dengan bantalan empuk yang di dalamnya bisa menjaga kamera dari segala jenis benturan. Di dalam tas khusus ini tersedia ruang khusus untuk menyimpan lensa, charger kamera, filter, dan perlengkapan lainnya yang akan mendukung aktivitas fotografi kamu.

Dengan menggunakan tas khusus ini, bisa meminimalisir terjadinya risiko kamera menjadi rusak. Perlu diketahui, hindari untuk memasukkan kamera ke dalam tas biasa atau tas ransel karena jenis tas ini tidak dilengkapi dengan pelindung untuk menjaga kamera agar tetap aman.

3 dari 6 halaman

Lindungi LCD Kamera dengan Pelindung Layar

Cara merawat kamera digital khususnya DSLR adalah dengan memasangkan pelindung layar atau screen guard pada bagian LCD-nya. Dengan menggunakan pelindung ini, akan membantu manjaga layar agar tidak tergores atau terkena sidik jari.

Bahkan pelindung kamera ini akan menjaga layar LCD agar terlindung dari air atau debu secara langsung. Untuk itu, jangan lupa untuk memasangkan pelindung layar LCD agar tetap mulus dan bersih.

4 dari 6 halaman

Membersihkan Body dan Lensa Kamera Secara Berkala

Tidak hanya melakukan perawatan detail pada bagian-bagian kamera, namun kamu juga harus memperhatikan kebersihan body dan lensa kamera itu sendiri. Menjadi bagian inti dari kamera, maka kamu harus rutin membersihkan body dan lensa kamera agar selalu terjaga kondisinya.

Kamu bisa membersihkan body dan lensa kamera dengan menggunakan cairan khusus pembersih untuk merawat body dan lensa kamera. Aplikasikan cairan tersebut ke kain halus, lalu poleskan kain tersebut ke seluruh body juga lensa kamera. Jangkau seluruh bagian body dan lensa kamera, jangan sampai ada yang terlewatkan.

Untuk lensa, pastikan untuk selalu memasang lens cap ketika lensa tidak digunakan. Lens cap akan melindungi lensa kamera dari debu atau sidik jari. Selain itu, fungsi lens cap juga mampu menjaga agar lensa tetap bersih dan terlindung dari segala benturan.

5 dari 6 halaman

Gunakan Filter untuk Melindungi Lensa

Cara merawat kamera agar selalu awet adalah dengan memperhatikan perlindungan terhadap lensa. Ya, kamu bisa memasang UV Filter pada lensa kamu agar terjaga. Pemasangan filter pada lensa tidak akan mengurangi kualitas hasil gambar yang diambil.

Pelindung UV Filter berfungsi untuk menjaga lensa dari pengaruh buruk sinar matahari yang mengandung iltraviolet. Selain itu, fungsi dari filter ini juga untuk mencegah dari debu dan kotoran menempel di lensa.

6 dari 6 halaman

Perawatan Baterai Kamera dan Simpan Kamera di Dry Box

Perawatan Baterai Kamera

Agar baterai juga terjaga kualitas dan tetap awet adalah jangan membiarkan baterai kamera disimpan di ruangan dengan subu ekstrem 43 derajat celsius. Jangan lupa juga untuk mengisi daya baterai apabila kamu sudah tidak menggunakan kamera tersebut dalam jangka waktu panjang.

Simpan Kamera di Dry Box

Cara merawat kamera yang benar adalah dengan menyimpannya di dalam dry box. Penyimapanannya di dalam dry box bisa menjaga kamera terhindar dari jamur. Ya, bila kamu menyimpan kamera di tempat yang lembab bisa membuat kamera berjamur, khususnya pada bagian optik lensa.

Dengan menyimpannya di dry box akan melindungi kamera dari perubahan suhu yang tergolong ekstrem. Sesuai dengan namanya, kotak penyimpanan ini akan menjaga kamera kamu agar tetap kering dan terhindar dari kelembaban yang dapat merusak komponen internal kamera.