Sukses

Video 'Beli Ikan Cupang' Viral dan Jadi Trending, Ini Fakta Sosok Diwan

 

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, ketika sidang sengketa Pilprees 2019 tengah memanas, ada video seorang bocah yang mengalihkan perhatian publik. Video tersebut bahkan menjadi trending topik nomor 1 di YouTube. Video berjudul 'Diwan Beli Ikan Cupang' itu sempat menempati urutan teratas daftar trending Youtube.

Uniknya video tersebut tidak sama sekali membahas masalah sidang sengketa Pilpres 2019 yang ada di Mahkamah Konstitusi, namun berisi interaksi seorang adik dengan kakaknya. Dalam video 'Diwan Beli Ikan Cupang' itu memperlihatkan momen kakak-adik yang sedang berada di toko penjual ikan.

Awalnya, sang adik yang diketahui bernama Diwan itu mengkritik kakaknya yang tak mau mencuci baju sendiri. Lalu percakapan berlanjut membahas ikan cupang. Diwan rupanya tertarik ingin membeli ikan cupang untuk diadu dengan kucing.

Penasaran kan seperti apa sih sosok Diwan yang ada dalam video 'Diwan Beli Ikan Cupang' itu? Berikut sosok Diwan bocah viral yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/6/2019).

2 dari 5 halaman

Diwan dan Fadlu

Mengutip dari KapanLagi pada Selasa (25/6/2019), Muhammad Diwan Al Fariz atau akrab disapa Diwan, adalah seorang bocah berusia belasan tahun. Dalam setiap kehadirannya di YouTube, Diwan selalu muncul bersama sang kakak, Fikri Fadlu.

Awalnya, mereka populer di Instagram karena kolaborasinya di Video Instagram atau dikenal dengan sebutan Vidgram. Tak neko-neko, dalam setiap videonya mereka hanya bercerita seputar interaksi antara kakak dengan adik cowoknya. Namun, rupanya cerita seputar saudara yang lekat dengan kehidupan sehari-hari itu berhasil memikat hati para warganet.

Setelah jadi viral di Vidgram, Diwan dan Fadlu pun melebarkan sayapnya ke dunia YouTube. Mereka mulai aktif mengunggah video sejak tahun 2017 silam. Hingga saat ini sudah ada puluhan video yang bisa ditonton pada kanal YouTube fikrifadlu.

3 dari 5 halaman

Diwan selalu viral, tak pernah di bawah 1 juta penonton

Menariknya lagi, video-video postingan fikrifadlu dalam kanal YouTubenya yang menggunakan keyword judul 'Diwan'. Meski menampilakn momen-momen sederhana, jumlah views-nya kerap lebih dari 1 juta penonton lho. Padahal, judul yang dipilih juga cukup sederhana, seperti Diwan Minta Sepeda, Diwan Pengen Main Game, Diwan Ngambek dan sejenisnya.

Bahkan, salah satu videonya yang bertajuk Diwan Makan Bakso hingga berita ini diturunkan sudah menjaring views sebesar 52 juta. Saat ditonton, video tersebut sama sekali tak ada clickbait. Video tersebut memang menceritakan sosok Diwan yang sedang makan bakso. Sungguh sederhana. Bahkan tidak ada efek-efek video yang canggih ala konten YouTuber ternama di dalamnya.

4 dari 5 halaman

Baim Wong sampai bingung kenapa bisa viral

Melihat video-video Diwan yang selalu sukses menarik perhatian warganet itu pun membuat banyak banyak orang heran. Bahkan hal ini pun bikin seorang Baim Wong kebingungan, yang mana Baim setiap harinya juga membuat konten di kanal YouTubenya.

"Kadang aku pusing 'mikir' konten. Kamu beli ikan cupang trending nomor 1. Besok aku janji beli ikan CUPANG. Aku bersumpah akan upload besok ketika aku beli cupang.. Diwan, Salam kenal," tulis Baim di kolom komentar video Diwan Beli Cupang.

Nah, salah satu jawaban yang paling masuk akal mengenai alasan viralnya Diwan adalah karena kesederhanaan yang ditampilkan. Seperti diketahui, saat ini kebanyakan konten-konten Youtube selalu berisi hal-hal yang berbau 'drama' atau sekedar pamer kekayaan dan sebagainya.

Mungkin saja para penonton Diwan adalah mereka-mereka yang sudah lelah dengan drama-drama Youtube zaman now, dan butuh sebuah pelarian untuk nonton hal-hal receh yang lekat dengan kehidupan sehari-hari.

Terlepas dari itu, akting dari Diwan dan Fadlu memang harus diacungi jempol kok. Sebagai kakak-beradik, mereka begitu kompak dan konsisten dalam berkarya.

 

5 dari 5 halaman

Tanggapan kocak Tretan Muslim dalam Twitternya

Selain selebriti Baim Wong yang mengomentari video viral Diwan, ternyata ada pula komedian Tretan Muslim yang membagikan potongan video Diwan beli ikan cupang yang sedang trending topik di YouTube nomer satu.

"Sidang MK apa itu? Minggir kalian semua" ungkap Tretan Muslim dalam akun Twitternya @TretanMuslim pada, Kamis (20/6/2019)

Selain itu, banyak sekali komentar netizen yang menanggati cuitan Tretan Muslim tersebut.

"Ponakanku yg umur 5 thn seneng bgt tuh nonton in vidiony dia. Diulang2 trs, ampe bosen. The power anak kecil" ungkap akun @Kajos75353962

"kekuatan gabut memang sekuat ini" Imbuh akun @pinchipow_

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Momen Kocak Saat Lebaran Kurban Ala Netizen Ini Bikin Cengar Cengir
Artikel Selanjutnya
Viral Video Bapak Muslik Main Tik Tok, Ini 6 Aksinya yang Menggelitik