Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Sering Diabaikan, Ini 5 Penyebab Smartphone Menjadi Mudah Error

Liputan6.com, Jakarta Smartphone sekarang ini sudah menjadi perangkat yang wajib dimiliki semua orang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa kebanyakan sudah memiliki smartphone. Apalagi smartphone sudah menjadi perangkat yang bisa mempermudah kehidupan. 

Dengan penggunanya yang beragam, tentu saja membuat smartphone memiliki masalah yang bermacam-macam pula. Namun, masalah yang umum terjadi adalah seringnya smartphone error. Hal ini tentunya sangat menjengkelkan bila kamu sedang sangat membutuhkannya.

Penyebab smartphone menjadi mudah error biasanya berkaitan dengan kapasitas memori. Selain itu, banyak juga hal-hal kecil yang tidak diperhatikan dan disepelekan pengguna, sehingga smartphone menjadi error.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/6/2019) tentang penyebab smartphone menjadi mudah error

2 dari 6 halaman

Tidak Menghapus Cache atau Sampah

Cache atau sampah bisa memenuhi memori eksternal bila tidak dihapus secara berkala. Saat cache atau sampah ini menumpuk dan tidak pernah dibersihkan maka smartphone akan menjadi mudah error dan berat saat digunakan. Biasanya cache atau sampah ini didapatkan dari aplikasi internet ataupun dari penggunaan aplikasi tertentu lainnya.

Dengan menghapus cache secara berkala dan tidak membiarkan sampah-sampah tersebut menumpuk pada memori smartphone kamu, maka kamu bisa menjaganya dari error dan memberikan ruang agar smartphone bekerja sebagaimana mestinya.

3 dari 6 halaman

Membuka Beberapa Aplikasi Dalam Waktu yang Bersamaan

Membuka beberapa aplikasi secara bersamaan juga dapat membuat smartphone menjadi error. Hal ini disebabkan karena smartphone dipaksa untuk bekerja lebih keras dari semestinya. Padahal untuk membuat kerja smartphone tetap normal, kamu diharuskan untuk hanya membuka satu aplikasi dalam satu waktu.

Apalagi bila smartphone yang kamu gunakan memiliki memori dan RAM yang kecil, maka tidak seharusnya kamu memaksanya bekerja lebih keras. Daripada nantinya malah mengakibatkan smartphone menjadi error, lebih baik kamu tidak melakukan hal tersebut dan menjaganya agar tahan lama.

4 dari 6 halaman

Tidak Menutup Aplikasi yang Sudah Tidak Digunakan

Penyebab smartphone menjadi mudah error satu ini sangat sering dilakukan kebanyakan orang. Seringkali sesorang tidak menutup aplikasi yang sudah tidak digunakannya, dan membiarkannya terus berjalan.

Padahal hal ini tidak bisa disepelekan. Dengan tidak menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan, maka smartphone malah tidak akan berfungsi dengan baik saat digunakan. Apalagi saat smartphone yang kamu gunakan memiliki memori dan RAM dengan kapasitas yang masih kecil.

Sebaiknya tutup aplikasi yang sudah tidak digunakan bila ingin menjaga smartphone tetap tahan lama.

5 dari 6 halaman

Kualitas Baterai Menurun

Selain berbagai masalah pada memori, baterai juga dapat membuat smartphone menjadi error. Apalagi bila kapasitas baterai pada smartphone kamu memang dari awal sudah kecil.

Kamu jadi tidak bisa sembarangan dalam menginstal aplikasi karena bisa membuatnya malah semakin berat dan lambat saat digunakan. Biasanya setelah 2 atau 3 tahun, masalah baterai yang performanya menurun ini akan muncul.

Kamu bisa mengatasinya dengan mengisi daya tanpa menggunakan smartphone terlebih dahulu, serta tak membiarkannya benar-benar mati kehabisan baterai sebelum mengisi daya.

6 dari 6 halaman

Terlalu Banyak Foto

Penyebab smartphone menjadi udah error satu ini biasanya terjadi pada perempuan yang sering menggunakannya untuk berfoto dimana saja. Hal ini kembali berkaitan dengan memori pada smartphone. Bila foto-foto kamu tidak segera ditransfer ke laptop atau komputer, maka smartphone dapat semakin mudah error karena memori penuh dengan foto.

Jadi jangan pernah menyepelekan hal-hal kecil yang menjadi penyebab smartphone menjadi mduah error. Bila kamu bisa menjaga smartphone dengan baik, maka walaupun smartphone kamu murah, kualitasnya tidak akan jauh berbeda dengan yang mahal karena selalu dijaga dengan baik.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Menggunakan Kartu Memori Sebagai Penyimpanan Internal di Android