Sukses

Suhu Capai Minus 9 Derajat Celcius, Begini 6 Potret Dieng Bersalju Bak di Eropa

Liputan6.com, Jakarta Memasuki musim kemarau, beberapa wilayah di Indonesia dilanda cuaca yang lebih dingin dari biasanya. Suhu dingin yang terasa di berbagai daerah merupakan fenomena wajar. Hal ini menandakan datangnya periode musim kemarau. Seperti yang terjadi di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Menurut Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), R. Mulyono R Prabowo, mengatakan suhu dingin sebenarnya tidak hanya terjadi di wilayah Jawa, tapi juga mencapai Nusa Tenggara, mengalami penurunan suhu signifikan saat malam hari, bahkan mencapai di bawah 15 derajat Celsius.

Bahkan, di Dataran Tinggi Dieng (Jawa Tengah) serta daerah pegunungan lainnya yang merasakan dampaknya. Pada senin pagi, 24 Juni 2019 suhu di Dataran Tinggi Dieng mencapai minus 9 derajat Celcius yang membuat embun beku atau frost semakin tebal dan luas dikarenakan cuaca ekstrem tersebut.

Di wilayah Dieng ini embun es menyelimuti kawasan yang luas. Layaknya seperti di Eropa, embun membeku menjadi es muncul cukup tebal dan luas. Suhu minus 9 derajat Celcius di antaranya tercatat di kompleks Candi Arjuna Dieng.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 6 potret Dieng yang bersalju seperti di Eropa saat suhu mencapai minus 9 derajat Celcius, Selasa (25/6/2019).

2 dari 7 halaman

1. Dieng mulai bersalju layaknya di Eropa dengan suhu mencapai minus 9 derajat Celsius

3 dari 7 halaman

2. Dalam sepekan terakhir, suhu di Dieng mencapai titik terendah

4 dari 7 halaman

3. Suhu di Dieng sempat juga mencapai minus 8 derajat Celcius

5 dari 7 halaman

4. Momen ini merupakan pertama kali bagi Dieng bisa mencapai suhu -8 hingga -9 derajat Celcius

View this post on Instagram

Snowy Duck.... Suhu Dieng pagi ini minus 5'C . ••• Penasaran dengan Salju Dieng.... Segera ke sekitar Candi Arjuna nanti sekitar pukul 06 - 07 WIB Sabtu tanggal 22 Juni 2019...karena sekarang pukul 01.38 sudah terbentuk es di rerumputan...suhu minus 2'C... Cuuzz Candi Arjuna Dieng....gesss . . from @aryadidarwanto . . . #demangdieng #banjarnegara #instambanjarnegara #pesonabanjarnegara #sekitarbanjarnegara #explorebanjarnegara #banjarnegara24jam #banjarnegarazone #banjarnegaraexplore #banjarnegarakeren #infobanjarnegara #banjarnegarahits #pastrip_id #janganlupajalan #ayodolan #exploreindonesia #mainkesini #instagunung #instagram #parapejalan #wonosobozone #ayodolanwonosobo #diengexperience #pesonaindonesia #wonderfulindonesia #indonesiatravel #jatengwow

A post shared by wonosobozone (@wonosobozone) on

6 dari 7 halaman

5. Fenomena ini membuat banyak wisatawan datang ke Dieng untuk melihat salju akibat suhu dingin ini

7 dari 7 halaman

6. Selamat menikmati Dieng yang bersalju layaknya di Eropa

Loading