Sukses

Walaupun Bau, Ini 6 Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan yang Tak Terduga

Walaupun bau, ternyata jengkol memiliki berbagai manfaat yang tak terduga bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Jengkol termasuk salah satu makanan yang cukup sering dikonsumsi oleh orang Indonesia. Cocok diolah dan dikombinasikan dengan berbagai bahan makanan lain membuat jengkol tidak jarang menjadi makanan utama di rumah.

Namun banyak juga yang tidak menyukai jengkol, terutama karena efek bau setelah makan. Seringkali setelah makan jengkol mulut menjadi bau dan saat buang air kecil juga menjadi bau jengkol. Hal inilah yang menyebabkan sebagian orang tidak menyukainya.

Walaupun bau, ternyata jengkol memiliki berbagai manfaat yang tak terduga bagi kesehatan. Beruntunglah bagi orang yang menyukainya karena tidak hanya kelezatannya saja yang bisa didapatkan, namun juga kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat tak terduga jengkol bagi kesehatan dari berbagai sumber, Selasa (25/6/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Mencegah Anemia

Jengkol dapat mencegah anemia. Dengan kandungan zat besi yang tinggi, membuat jengkol berperan penting dalam mencegah dan mengatasi mengatasi kekurangan produksi sel darah merah pada tubuh seseorang.

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan produksi sel darah menjadi emnurun dan pasokan nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh menjadi berkurang. Oleh karena itu, kamu bisa memulihkan tubuh dari anemia dengan mengonsumsi jengkol secara teratur.

Mencegah Diabetes

Manfaat jengkol yang selanjutnya adalah mampu menurunkan kadar gula darah setelah makan. Hal ini menunjukkan bahwa jengkol dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes.

Tidak hanya mencegah terjadinya penyakit diabetes, jengkol juga dapat mengendalikan gula darah pada penderita diabetes. Menurut sebuah penelitian, jengkol memiliki kelenjar Langerhans yang bertanggung jawab dalam menghasilkan hormon insulin dan berbagai hormon yang penting untuk mengatur gula darah di dalam tubuh seseorang.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Mencegah Penyakit Maag

Selain itu, jengkol juga memiliki manfaat dalam mencegah berbagai gangguan yang terjadi pada pencernaan. Salah satunya adalah mencegah terjadinya penyakit maag. Jengkol dapat meningkatkan salah satu enzim yang memiliki peran sangat penting dalam melindungi dinding lambung dari luka yang diakibatkan asam lambung.

Mengatasi Sembelit

Selanjutnya, jengkol juga memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit, terutama pada ibu hamil. Hal ini berkaitan dengan kandungan serat yang dimiliki oleh jengkol, sehingga dapat mengatasi sembelit yang dialami oleh ibu hamil.

Namun, diperlukan pengaturan yang tepat dan konsumsi yang teratur agar tidak menyebabkan efek yang buruk nantinya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Memperkuat Tulang dan Gigi

Manfaat tak terduga jengkol bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat memperkuat tulang dan gigi. Hal ini tidak lepas dari kandungan kalsium dan fosfor pada jengkol.

Untuk membuat tulang dan gigi agar menjadi lebih kokoh serta mencegah tulah cepat rapuh, dibutuhkan dua kandungan tersebut. Jadi, dengan mengonsumsi jengkol, maka tulang akan cenderung lebih kuat daripada orang yang tidak mengonsumsinya.

Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

Jengkol bahkan bisa mencegah berbagai penyakit kronis yang berbahaya terhadap tubuh. Hal ini disebabkan karena jengkol mengandung antioksidan yang tinggi. Dengan begitu, mengonsumsi jengkol bisa mencegah pertumbuhan kanker, karena antioksidan merupakan kandungan yang sangat tapt dalam melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Kamu bisa menemukan berbagai antioksidan seperti polifenol, flavoniod, terpenoid, dan alkaloid pada jengkol. Berbagai zat antioksidan yang dimiliki oleh jengkol ini memiliki kemampuan untuk menjaga tubuh dari bahaya penyakit jantung dan gangguan metabolisme lainnya.

Namun perlu diperhatikan kembali, jengkol harus dikonsumsi dalam takaran yang cukup dan tidak berlebihan. Dengan begitu kamu tetap bisa menjaga kesehatan agar tidak terserang berbagai penyakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.