Sukses

Genap Berusia 83 Tahun, Ini 7 Potret Transformasi BJ Habibie Presiden RI Ke-3

Kilas balik masa muda BJ Habibie, Presiden RI Ke-3.

Liputan6.com, Jakarta Presiden RI ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang biasa dikenal sebagai BJ Habibie hari ini, Selasa (25/6/2019) genap berusia 83 tahun. Bertepatan dengan hari spesialnya, BJ Habibie menghadiri acara Habibie Institute for Public Policy and Governance (HIPPG), di Balai Sidang Universitas Indonesia.

BJ Habibie lahir di Parepare, 25 Juni 1936 silam. Di usianya yang ke-62 tahun, BJ Habibie menjabat sebagai Presiden RI menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan. Sebelum menyandang status orang nomor satu di Indonesia, BJ Habibie telah lebih dulu terjun menjadi seorang ilmuwan cerdas.

Dirinya memiliki IQ sangat tinggi yakni 200. Dengan kata lain, nilai IQ-nya melebihi IQ milik Albert Einstein yang hanya 160. Dia membidangi kelahiran sederet industri strategis Indonesia. Misalnya Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) yang sekarang bernama PT Dirgantara Indonesia (PTDI), PT PAL Indonesia, PT PINDAD, dan banyak lainnya.

Selain kecerdasannya, BJ Habibie juga terkenal dengan kesetiannya terhadap sang istri, Hasri Ainun Besari. Keduanya menikah pada 12 Mei 1962 silam. Namun sayang, BJ Habibie harus terpisahkan dari Ainun karena sakit yang diderita istrinya.

Kisah cinta antara BJ Habibie dan Ainun sendiri telah dibukukan dan diangkat ke layar lebar pertama kali pada tahun 2012. Banyak orang yang dibuat mewek dengan perjalanan cinta pasangan yang lebih akrab disebut Habibie Ainun itu. Untuk itu, berikut Liputan6.com paparkan 7 potret transformasi BJ Habibie dari masa mudanya hingga sekarang seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (25/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Masa remaja BJ Habibie berfoto di belakang ibunda bersama kerabatnya diabadikan dalam jepretan kamera jadul.

3 dari 8 halaman

2. Masa muda BJ Habibie dan Ainun yang telah resmi menyandang status suami istri.

4 dari 8 halaman

3. Foto lawas keharmonisan keluarga kecil BJ Habibie saat kualitas kamera masih sederhana.

5 dari 8 halaman

4. BJ Habibie dikenal sangat sayang dengan sang cucu, tak heran dirinya lekat dengan sapaan Eyang.

6 dari 8 halaman

5. Bak anak muda, BJ Habibie tak mau ketinggalan merayakan malam tahun baru 2017 lalu.

7 dari 8 halaman

6. Penampilan BJ Habibie selepas berolahraga di sebuah tempat gym di Jerman pada April 2018 lalu.

8 dari 8 halaman

7. BJ Habibie mengunjungi Presiden Jokowi di Istana Merdeka pada akhir Mei lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini