Sukses

Paket Wisata Dieng, Mulai dari Candi hingga Puncak Gunung

Liputan6.com, Jakarta Dieng merupakan salah satu daerah dataran tinggi yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dengan kondisi alam yang indah nan mempesona. Kawasan yang membentang di dua kabupaten yakni Banjarnegara dan Wonosobo ini sering ditawarkan dalam paket wisata Dieng.

Tepatnya, kawasan vulkanik aktif ini ada di sisi barat kompleks Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Dieng juga dinobatkan sebagai dataran tertinggi kedua di dunia setelah Tibet dengan tinggi sekitar 2.000 mdpl. Sementara itu Dieng memiliki luas mencapai 600.000 hektare. Maka tak heran kalau Dieng dinobatkan sebagai dataran tertinggi terluas di Indonesia.

Buat kamu yang suka berwisata dengan menikmati nuansa alam, Dieng menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Ya, dataran tinggi Dieng menjadi titik sempurna untuk menikmati panorama alam nusantara. Dari kawasan ini, ada banyak paket wisata Dieng yang ditawarkan dan dinikmati.

Selain gugusan gunung yang memesona, Dieng juga memiliki wisata candi berusia ratusan tahun yang tak kalah cantik, telaga, kawah dengan kepulan uap tebal, dan masih banyak lagi. Jadi, buat kamu yang berencana menghabiskan waktu berlibur, sempatkan diri untuk menginjak wilayah tertinggi di Indonesia ini.

Berikut ini Liputan6.com, Rabu (26/6/2019) rangkum paket wisata Dieng yang bisa dijadikan destinasi wisatamu.

2 dari 5 halaman

Kunjungi Deretan Candi yang Sarat Nilai Sejarah

Terdapat banyak rangkaian paket wisata Dieng yang sangat sayang sekali bila dilewatkan. Tidak hanya keindahan alamnya saja yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Dieng. Tetapi kamu juga bisa belajar nilai kebudayaan di Dataran Tinggi Dieng yang patut untuk disaksikan. Berikut ini paket wisata Dieng yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera liburanmu:

Bila kamu yang menyukai nuansa liburan dengan deretan candi-candi karena terdapat nilai sejarah di dalamnya, kamu bisa coba mengunjungi kompleks candi di kawasan Dieng ini. Konon peradaban Hindu yang ada di Dataran Tinggi Dieng ini merupakan peradaban Hindu tertua di Pulau Jawa.

Dibangun sekitar abad ke-7, candi-candi di kawasan Dieng ini merupakan tempat pemujaan untuk Dewa Siwa. Dulunya, terdapat sekitar 400 bangunan candi yang bisa ditemui di Dieng. Namun akibat banjir besar yang melanda kompleks percandian, saat ini hanya bisa ditemukan sebanyak 8 candi saja.

Salah satu candi yang bisa kamu kunjungi saat sedang ke Dieng adalah Candi Arjuna. Candi Arjuna sendiri merupakan peninggalan dari Kerajaan Kuno dan dibuat untuk menyebah Dewa Syiwa. Ketinggiannya yang berada lebih dari 2.000 mdpl membuat candi ini begitu memesona dengan suasana pegunungan Dieng yang sejuk.

Dalam kawasan Candi Arjuna, terdapat lima buah candi yang saling berjajar lurus. Selain itu taman yang berada di sekitar candi pun terlihat bersih sehingga kamu bisa bersantai sambil bercengkarama di atas rerumputan. Uniknya lagi, Dieng Culture Festival yang diadakan setiap tahun biasanya berlokasi di komplek candi terbesar yang ada di Dieng ini.

3 dari 5 halaman

Nikmati Wisata Air di Telaga Menjer dan Telaga Warna

Telaga Menjer

Kalau kamu juga menyukai indahnya wisata alam dengan nuansa air, kamu bisa melanjutkan perjalanan paket wisata Dieng ke Telaga Menjer. Telaga dengan luas 70 hektare dan kedalaman 60 meter ini membuat telaga ini menjadi yang terbesar di kawasan Dieng.

Telaga Menjer ini terletak tepat di bawah Gunung Sikudi. Maka bila kamu berkunjung ke sini akan disuguhkan panorama perbukitan yang memesona sambil menikmati hawa dinginnya yang sangat sejuk.

Telaga Menjer ini kerap digunakan sebagai irigasi sawah di sekitar. Selain itu, Telaga Menjer juga dijadikan sebagai PLTA alias sumber listrik bagi sebagian besar masyarakat di kawasan Dieng.

Telaga Warna

Nah, kalau berkunjung ke Dieng, wajib banget mengunjungi Telaga Warna. Tempat wisata ini juga selalu ditawarkan dalam setiap paket wisata Dieng karena memiliki kecantikan warna airnya. Ya, warna air pada Telaga warna di ketinggian 2.000 mdpl ini dapat berubah-ubah. Terkadang menjadi warna hijau, kuning, bahkan pelangi.

Perubahan warna yang terjadi pada air di Telaga Warna ini dikaibatkan oleh kayanya kandungan sulfur yang bertemu dengan paparan sinar matahari. Untuk bisa menikmati keindahan Telaga Warna ini, waktu terbaik untuk megunjunginya adalah saat siang hari.

Ya, bila kamu ingin mendapatkan spot terbaik untuk bersantau atau berswafoto, kamu bisa menuju Bukit Ratapan Angin. Sembari duduk di atas batu di ketinggian, kamu bisa menghabiskan waktu dengan menikmati indahnya panorama di sana.

4 dari 5 halaman

Nikmati Ketinggian dari Bukit Sikunir dan Gunung Prau

Bukit Sikunir

Dikenal dengan wisata dari ketinggiannya, maka kurang afdal rasanya bila tak mengunjungi tempat wisata dari ketinggian seperti Bukit Sikunir. Tak perlu diragukan lagi untuk menikmati keindahan alam Dieng dari ketinggian Bukit Sikunir ini. Di sini kamu bisa menikmati semburat kemerahan matahari terbit menjelang pagi hari.

Bukit Sikunir ini terletak di Desa Sembungan yang dikenal sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa. Akses untuk menuju Bukit Sikunir ini terbilang cukup mudah, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju kaki bukit sebelum akhirnya mendaki Bukit Sikunir.

Gunung Prau

Paket wisata Dieng yang bisa kamu coba sambangi untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian adalah Gunung Prau. Gunung Prau juga merupakan pilihan yang sangat tepat untuk menikmati indahnya Dieng dari ketinggian.

Saat kamu berada di puncak Gunung Prau, kamu bakal disuguhkan dengan pamandangan alam yang sangat indah. Dari sana kamu dapat melihat awan-awan putih yang menggelantung di sekitar gunung hingga hijaunya pedesaan yang berada di sekitar lereng Gunung Prau.

Salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan ketika mengunjungi Gunung Prau ini adalah menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam. Dari puncak gunung ini, kamu bisa menyaksikan langit jingga atau kuning keemasan ketika matahari sedang berada di ufuk. Keindahan ini bisa kamu dapatkan bila beruntung mendapatkan cuaca yang cerah.

5 dari 5 halaman

Kawah Sikidang dengan Uapnya yang Tebal

Sedikit berada di bukit, Kawah Sikidang merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat sedang berada di Dieng. Letak kawah belerang ini tidak terlalu jauh dari Bukit Sikunir, sehingga setelah melihat golden matahari terbit yang memesona, tidak ada salahnya kamu melihat kawah panas dengan bau belerang yang menyengat.

Kawah Sikidang ini terletak di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara. Meskipun begitu, akses yang lebih cepat dan mudah untuk menuju kawah ini adalah dari Wonosobo. Selain menyaksikan keindahan kawah dengan legenda Pangeran Kidang Garungan ini, kamu juga dapat melihat berbagai kerajinan tradisional yang dibuat di tempat tersebut.

Loading