Sukses

Dianggap Sepele, 5 Kebiasaan Ini Bisa Buat Baterai Handphone Cepat Rusak

Jangan lakukan lagi kebiasaan buruk ini agar baterai handphone awet.

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan handphone kini semakin meningkat dikarenakan segala aktivitas yang dilakukan dapat dimudahkan dengan bantuan dari gadget mungil satu ini. Semakin aktif kamu menggunakan handphone, tentunya bisa membuat komponen atau bagian dari handphone menjadi berkurang kinerjanya.

Salah satu komponen yang mudah menurun kinerjanya atau cepat rusak adalah baterai handphone. Padahal baterai pada handphone merupakan sumber utama yang digunakan. Tak jarang beberapa orang menjadi panik saat baterai handphone berkurang atau bahkan habis. Nah, tahu nggak sih kondisi cepat habis atau berkurangnya daya handphone ini diakibatkan oleh kebiasaan yang kamu lakukan.

Tanpa disadari, kebiasaan kurang baik yang kamu lakukan pada handphone ini bisa membuat usia baterai handphone kamu cepat menurun hingga mengalami kerusakan yang parah. Untuk itu, kamu perlu mengurangi bahkan berhenti dari kebiasaan buruk yang bisa mengakibatkan usia baterai menjadi berkurang. Agar usia betarai handphone kamu bertahan hingga waktu yang lama, kamu perlu menghindari kebiasaan yang bisa merusak baterai handphone kamu.

Berikut ini Liputan6.com, Rabu (26/6/2019) rangkum dari berbagai sumber beberapa kebiasaan buruk yang perlu dihindari agar kondisi baterai handphone selalu awet atau tahan lama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Layar Handphone yang Terlalu Cerah

Salah satu penyebab baterai handphone kamu cepat habis adalah kecerahan layar yang diatur terlalu tinggi. Daya baterai handphone akan lebih cepat habis ketika cahaya yang digunakan pada layar handphone dibuat sangat terang. Ketika kamu selalu kehabisan daya baterai yang diakibatkan oleh tingginya pengaturan cahaya layar, maka kamu akan terbiasa untuk selalu mengisi dayanya secara terus menerus.

Nah, daripada kamu membiasakan untuk mengisi daya baterai yang justru akan merusak masa baterai, alangkah baiknya untuk mengurangi kadar cahaya atau menggunakan latar belakang atau background gelap untuk lebih membantu daya hidup agar tahan lama.

3 dari 6 halaman

Selalu Mengaktifkan Jaringan WiFi

Kebiasaan yang bisa membuat baterai handphone cepat rusak selanjutnya adalah dengan terus-menerus mencari sinyal WiFi. Kebiasaan selalu mengaktifkan mode WiFi bisa berakibat penggunaan daya baterai yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan handphone terus-terusan mencari sinyal WiFi.

Untuk menghindari masalah ini, kamu bisa menonaktifkan jaringan WiFi saat berada di luar ruangan yang jauh dari area WiFi. Hal ini berguna untuk mencegah handphone mencari sinyal yang tidak digunakan. Dengan begitu kamu bisa mengurangi habisnya daya baterai dan pengisian ulang secara terus-menerus.

4 dari 6 halaman

Sering Melakukan Pengisian Daya Baterai di Mobil

Kebiasaan mengisi daya baterai di mobil hampir sering dilakukan oleh beberapa orang. Padahal kebiasaan ini tidak dianjurkan. Sama halnya dengan melakukan pengisian daya menggunakan powerbank. Mengisi daya baterai handphone di mobil dapat mengurangi usia baterai. Hal ini dikarenakan arus listrik yang tidak sesuai dengan kebutuan handphonemu.

5 dari 6 halaman

Aplikasi Terus Bekerja di Latar Belakang

Tanpa disadari, ternyata beberapa aplikasi yang kamu miliki di handphone bisa tetap aktif bekerja walaupun handphone tidak sedang dimainkan. Ada beberapa aplikasi yang masih saja bekerja di latar belakang sepanjang harinya. Hal ini merupakan salah satu penyebab baterai cepat dan harus dilakukan pengisian secara berkala terus-menerus.

Oleh karena itu, kamu perlu selalu memeriksa aplikasi mana saja yang menggunakan daya baterai paling banyak. Kamu harus mengetahui aplikasi mana saja yang paling sering banyak mengonsumsi baterai. Kamu bisa mengeceknya di menu pengaturan pada opsi fitur baterai. Setelah mengetahuinya, kamu bisa menonaktifkan aktivitas latar belakang aplikasi tersebut.

6 dari 6 halaman

Mengisi Daya Baterai Terlalu Sering

Beberapa kebiasaan di atas tadi rata-rata membuat kamu terlalu sering untuk mengisi daya baterai. Bila sedikit-sedikit kamu melakukan pengisian daya, akan merusak masa baterai kamu. Setidaknya, lakukan pengisian daya ketika bateraimu sudah menunjukkan 30 atau 40 persen.

Saat sedang mengisi daya baterai, hindari untuk sambil memainkannya. Hal ini akan merusak masa baterai, karena baterai tidak terisi dengan baik dan sempurna. Selain itu, saat terbaik untuk melepaskan pengisian baterai ketika sudah mencapai 40 hingga 80 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini