Sukses

Selain Sebagai Bahan Dapur, Ini 5 Manfaat Tepung Terigu yang Jarang Diketahui

Tepung terigu memiliki manfaat lainnya selain untuk urusan dapur.

Liputan6.com, Jakarta Tepung terigu adalah bahan utama yang biasanya digunakan untuk pembuatan kue dan roti. Selain itu, tepung terigu juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan mi, menjadi bahan pengental sup, menjadi perekat makanan, serta campuran dalam membuat bakso.

Jadi tepung terigu memiliki kegunaan yang sangat banyak, khususnya dalam menjadi salah satu bahan dapur. Tidak heran bila di setiap dapur kamu bisa menemukan keberadaan tepung terigu dengan mudah, karena manfaat yang beragam tersebut.

Tepung terigu bahkan memiliki manfaat lainnya selain untuk masalah dapur. Hal ini tentunya jarang diketahui karena memang tepung terigu biasanya hanya digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan dapur.  

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/6/2019) tentang manfaat tepung terigu yang jarang diketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengembalikan kilau barang logam

Salah satu manfaat tepung terigu yang jarang diketahui adalah dapat mengembalikan kilau barang yang terbuat dari logam. Barang-barang yang terbuat dari logam biasanya akan terlihat kusam jika umurnya sudah tua dan tidak rajin dibersihkan. Meski begitu, ternyata ada cara mudah untuk mengembalikan kilau barang logam tersebut, yaitu menggunakan tepung terigu, cuka, dan garam.

Campur ketiga bahan tersebut hingga menjadi pasta dengan perbandingan yang sama. Oleskan campuran tersebut pada barang logam yang akan dibersihkan dan tunggu hingga kering. Kemudian bersihkan dengan kain lap yang lembut.

3 dari 6 halaman

Sebagai masker untuk mencerahkan kulit

Manfaat tepung terigu yang jarang diketahui adalah dapat mencerahkan kulit. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat masker atau lulur dari tepung terigu. Jadi, selain bermanfaat dalam membuat berbagai makanan, tepung terigu juga bermanfaat dalam merawat kecantikan.

Untuk mencerahkan kulit dengan masker atau lulur tepung terigu ini, kamu bisa mencampurkan dua sendok makan tepung terigu, satu sendok makan yoghurt, dan sedikit bubuk kunyit. Gunakan campuran tersebut pada bagian yang kamu inginkan dan diamkan selama 25 menit. Setelah kering, basuh dan bersihkan dengan air hangat.

4 dari 6 halaman

Sebagai pengganti sampo kering

Masih bekaitan dengan perawatan kecantikan, kali ini tepung terigu bisa dimanfaatkan sebagai pengganti sampo kering. Cukup taburkan sedikit tepung terigu pada akar rambut lalu sisir rambut secara merata. Dengan begitu rambut tidak akan terlihat berminyak karena tepung terigu sudah menyerapnya. Jadi, bila kamu tidak sempat keramas karena jadwal yang padat dan takut rambut jadi berminyak, kamu bisa menggunakan tepung terigu sebagai sampo kering.

5 dari 6 halaman

Mempercepat proses pematangan buah alpukat

Manfaat tepung terigu yang jarang diketahui selanjutnya adalah dapat mempercepat proses pematangan buah alpukat. Hanya dengan menaruh buah alpukat yang belum matang ke dalam mangkuk atau wadah yang berisikan tepung terigu hingga alpukat tidak terlihat lagi, kamu bisa mempercepat proses pematangannya. Jadi tepung terigu tidak hanya bermanfaat dalam pembuatan makanan saja.

6 dari 6 halaman

Membersihkan tempat cuci piring stainless steel

Tempat cuci piring biasanya seiring berjalannya waktu lama kelamaan akan kotor. Bahkan sering juga tempat cuci piring di rumah menjadi sulit untuk dibersihkan. Tepung terigu juga bisa digunakan sebagai alat pembersih tempat cuci piring, khususnya yang berbahan stainless steel.

Kamu bisa menuangkan tepung terigu sebanyak seperempat gelas dalam tempat cuci piring kemudian gosok perlahan ke seluruh permukaan. Tapi pastikan sebelumnya kamu sudah mencuci bersih tempat cuci piring dengan air dan cairan disinfektan. Dengan cara ini tempat cuci piringmu bisa kembali bersih dan kinclong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.