Sukses

Penampakan Black Diamond, Apel Hitam yang Harganya Fantastis

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan buah apel? Buah yang satu ini sangat familiar dan bisa dijumpai di manapun, baik di pasar tradisional, swalayan bahkan supermarket. Apel adalah jenis buah-buahan yang masih satu famili dengan keluarga mawar (rosaceae). Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika masak dan (siap dimakan), namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning.

Pernah melihat apel berwarna hitam? Pasti sebagian dari kamu berpikiran apel hitam tersebut adalah apel busuk, salah. Tak banyak yang tahu ternyata ada apel langka berwarna hitam yang tumbuh di daratan tinggi Tibet. Ternyata kondisi geografis lah yang membuat apel ini menjadi unik dan langka.

Apel Black Diamond ini hanya tumbuh di pegunungan Tibet. Apel hitam ini adalah jenis apel Hua Niu yang dikenal juga sebagai Chinese Red Delicious, seperti yang Liputan6.com lansir dari Goods Times, Rabu (26/6/2019). Warna hitam gelap ini, terjadi karena kondisi geografis Nyingchi, daerah otonom Tibet.

2 dari 5 halaman

Apel Langka dan Mahal

Perbedaan suhu antara siang dan malam yang sangat signifikan membuat buah-buahan mendapatkan banyak sinar matahari dan sinar ultraviolet yang menyebabkan kulit mereka berubah dari merah tua khas apel Hua Niu menjadi ungu tua bahkan hamper hitam. Selain warnanya yang unik, yang membuat apel ini menjadi kegemaran banyak orang adalah rasanya yang sangat manis. Hal itu disebabkan karena apel hitam punya kandungan glukosa yang lebih banyak.

Apel Black Diamond ini dibudidayakan di kebun seluas 50 hektar yang didirikan oleh perusahaan Tiongkok Dandong Tianluo Sheng Nong E-Commerce Trade Co, Ltd, dan memiliki ketinggian 3.100 meter di atas permukaan laut. Hal inilah yang menjadikan wilayah ini sebagai tempat ideal untuk menumbuhkan tumbuhan unik ini.

Apel hitam ini memiliki beberapa keuntungan selama penanaman, apel ini tahan dingin dan secara alami bisa mencegah serangga.Kketika digigit, warnanya akan berubah jadi merah. Budidaya apel ini sudah dimulai pada tahun 2015 di kebun Nyingchi.

Apel langka ini hanya dapat ditemukan di supermarket premium di Beijing, Shanghai, Guangzhou dan. Harga apel Black Diamond dijual dengan harga 50 yuan atau sekitar Rp 105.000 per buah.

Berikut penampakan apel Black Diamond yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/6/2019).

3 dari 5 halaman

1. Saking mahalnya biasanya apel ini dijual dalam bentuk parcel berisi 6 samapi 8 buah.

4 dari 5 halaman

2. Merupakan buah langka karena selain warnanya yang unik, apel Black Diamond ini juga tidak tumbuh setiap saat.

5 dari 5 halaman

3. Dibandingkan dengan pohon apel biasa, menanam pohon apel hitam harus menunggu hingga 8 tahun dan hanya ada 30% buahnya yang berwarna hitam sempurna baru bisa dijual.