Sukses

Bisa Meredakan Stres, Ini 6 Manfaat Berteriak Bagi Kesehatan

Berteriak tanpa disadari memberikan banyak manfaat bagi kesehatan mental maupun kesehatan fisik

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak alasan mengapa orang berteriak. Bisa karena marah, sakit, atau sedang berada dalam sebuah tekanan mental.

Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa berteriak adalah sesuatu yang tidak baik. Tapi ternyata sebuah penelitian mengungkapkan sebaliknya.

Berteriak tanpa disadari memberikan banyak manfaat bagi kesehatan mental maupun kesehatan fisik. Kamu juga mungkin sering menyadari bahwa setelah berteriak selepas-lepasnya perasaan menjadi lebih lega dan lebih tenang dari sebelumnya.

Berteriak seakan mengeluarkan semua perasaan-perasaan dan beban-beban berat yang menumpuk dalam tubuh. Jadi, kamu bisa berteriak untuk melepaskan seluruh beban yang terpendam, tentunya dengan pertimbangan tidak mengganggu orang lain pula.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat berteriak bagi kesehatan dari berbagai sumber, Kamis (27/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meredakan Rasa Sakit dan Melancarkan Peredaran Darah

Meredakan Rasa Sakit

Salah satu manfaat dari berteriak adalah dapat meredakan rasa sakit. Hal ini mungkin masih belum banyak disadari walaupun sudah sering terlihat dalam kehidupan sehari-hari kamu.

Kamu bisa melihat contoh ketika berobat ke dokter atau mengobati luka. Biasanya seseorang akan berteriak saat akan diberikan obat ke lukanya dan setelahnya tiba-tiba bisa diam dan tenang.

Dengan berteriak dapat meredakan bahkan bisa menghilangkan rasa sakit yang kamu alami. Jadi tidak ada salahnya berteriak dengan manfaatnya dalam meredakan rasa sakit ini. Namun kamu harus memperhatikan keadaan sekamur, jangan sampai teriakanmu mengganggu orang lain.

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat berteriak selanjutnya adalah dapat melancarkan peredaran darah. Hal ini dapat terjadi karena hormone adrenalin pada tubuh akan meningkat saat kamu sedang berteriak, sehingga jantung akan bekerja dalam memompa darah dengan lebih optimal.

Dengan kerja jantung yang optimal, maka pembuluh darah yang menuju ke jantung dan keluar akan membuka ruang yang lebar agar darah mengalir dengan lebih lancar.

3 dari 4 halaman

Menyehatkan Jantung dan Mengatasi Stres

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Masih terkait dengan manfaat sebelumnya, saat aliran darah mengalir degan lancar, maka fungsi jantung tentunya akan berjalan juga dengan baik. Dengan begitu kesehatan jantung akan berbanding lurus kondisinya dengan kondisi peredaran darah, di mana saat peredaran darah lancar dapat dipastikan jantung juga bekerja dengan optimal dan terjaga kondisinya.

Apalagi penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia.

Mengatasi Stres

Manfaat berteriak selanjutnya adalah dapat mengatasi stress. Seperti yang disebutkan sebelumnya, berteriak memiliki manfaat untuk mengeluarkan segala beban pikiran yang selama ini menumpuk.

Apalagi mungkin setiap orang pernah mengalami stres. Dengan berteriak kamu bisa sekaligus melepaskan penat dan stres dengan kegiatan sehari-hari. Berteriak dapat memberikan sensasi pengendoran otot yang tegang karena keadaan stres.

4 dari 4 halaman

Menghindari Risiko Stroke dan Membangkitkan Semangat

Menghindari Risiko Stroke dan Hipertensi

Masih sejalan dengan manfaat sebelumnya terhadap kesehatan jantung, dengan fungsi jantung yang berjalan dengan optimal, maka risiko penyakit stroke hingga hipertensi dapat dihindari. Dengan berteriak, aliran darah kamu akan lebih cepat, sesaat kemudian kamu akan merasakan ketenangan yang membuat darah cepat dan lambat secara bergantian.

Dampaknya, jantung kamu akan terlatih untuk menerima kondisi aliran darah yang bervariasi dan akan membuat resiko hipertensi bisa di kurangi.

Membangkitkan Semangat

Selanjutnya, berteriak dapat membangkitkan semangat. Hal ini tentunya juga mungkin sudah sering dialami, namun masih belum banyak yang menyadarinya. Mungkin orang-orang yang menyenangi olahraga akan langsung menyadarinya.

Kamu bisa ambil contoh dalam pertandingan sepak bola. Para pemain biasanya meningkatkan semangatnya dengan berteriak kencang. Bahkan berteriak juga bisa membangkitkan semangat orang lain.

Pelatih atau kapten kesebelasan biasanya akan berteriak kepada semua pemain untuk semangat, dan segera setelah itu biasanya para pemain langsung membalas dengan berteriak juga dan seakan mendapatkan energi lebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.