Sukses

Macam-Macam Pekerjaan yang Kekinian, Cocok untuk Generasi Masa Kini

Liputan6.com, Jakarta Di era yang serba digital ini, media sosial memang sudah menjadi salah satu kebutuhan utama hampir semua orang. Fungsi dari media sosial pun semakin bergeser, dari yang hanya sebagai media komunikasi, kini sudah menjadi wadah untuk eksistensi diri.

Melihat antusiasme orang Indonesia khususnya terhadap media sosial, ternyata ada beberapa keuntungan yang bisa diambil manfaatnya. Ya, salah satunya adalah menjadikan media sosial sebagai lahan untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Banyak macam-macam pekerjaan yang sudah ada sebelumnya. Namun dengan semakin berkembangnya zaman, pekerjaan pun juga harus mengikutinya agar semakin berkembang.

Berikut ini Liputan6.com, Kamis (27/6/2019) telah mengumpulkan macam-macam pekerjaan yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk berkarier. Dengan media sosial, pekerjaan ini semakin mudah.

2 dari 8 halaman

Social Media Specialist

Social Media Specialist merupakan salah satu dari banyaknya macam-macam pekerjaan masa kini yang cukup menguntungkan. Pekerjaan ini berfungsi untuk melakukan pengamatan terhadap traffic yang terjadi pada media sosial. Pekerjaan ini umumnya bergerak untuk kepentingan sebuah perusahaan.

Kalau kamu memiliki kemampuan untuk selalu update mengenai perkembangan dalam media sosial, pekerjaan ini cocok untuk kamu. Soalnya perusahaan membutuhkan orang yang bisa terus update dengan perkembangan dalam media sosial guna mengerti pasar yang ditujunya.

3 dari 8 halaman

Youtuber atau Vlogger

Kalau dulu YouTube hanya digunakan sebatas melihat video klip dari penyanyi favorit atau bahkan cuplikan film, kini fungsi YouTube sudah semakin berkembang. Ya, beberapa tahun terakhir ini YouTube mulai dimanfaatkan untuk mengisi pundi-pundi rupiah. Siapa sangka, kalau YouTube kini bisa kamu jadikan salah satu pekerjaan tetap dengan penghasilan yang sangat memuaskan.

Caranya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari YouTube ini adalah dengan memiliki kemampuan untuk membuat konten kreatif. Ya, tak hanya memiliki kemampuan mengoperasikan kamera serta alat edit video lainnya, namun yang utama untuk menjadi YouTuber atau Vlogger adalah memiliki ide yang kreatif. Setelah memiliki ide yang kreatif, barulah mengasah kemampuan edit video.

4 dari 8 halaman

Blogger

Sama halnya dengan menjadi YouTuber atau Vlogger, Blogger juga termasuk ke dalam macam-macam pekerjaan yang cukup digandrungi saat ini. Pekerjaan kekinian yang satu ini cukup beragam, d imana memiliki banyak kategori. Mulai dari food blogger, travel blogger, fashion blogger, hingga lifestyle blogger, dan lain sebagainya.

Hanya bermodalkan gadget seperti laptop, komputer, hingga smartphone saja, kamu sudah bisa mengandalkan kemampuan menulismu sebagai pekerjaan masa kini. Kedengarannya memang terlihat mudah, namun jangan menyepelekan pekerjaan yang satu ini. Ya, kamu harus memiliki konsistensi untuk terus menerus menghasilkan tulisan-tulisan baru.

Pekerjaan ini sangat cocok bagi kamu yang butuh fleksibelitas tinggi dalam bekerja karena tidak menghasruskan kamu untuk berada di kantor atau suatu tempat tertentu dengan lama. Serunya lagi, kamu juga bisa menyesuaikan tulisan yang kamu buat dengan passion yang dimiliki. Kamu dapat menjadi blogger untuk akun blog-mu sendiri maupun untuk blog suatu perusahaan tertentu.

5 dari 8 halaman

Videografer

Kebanyakan macam-macam pekerjaan masa kini berdiri dari hobi yang terus dikembangkan. Salah satunya lagi adalah menjadi videografer. Bukan tergolong pekerjaan baru, namun kini pekerjaan yang satu ini sangat memberikan peluang yang sangat besar untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Ya, dengan hadirnya media sosial dengan pengguna yang sangat aktif di sana, memberikan peluang bagi kamu memamerkan hasil video yang kamu ciptakan. Kamu bisa membagikannya di aplikasi media sosial yang sangat banyak digunakan saat ini seperti Instagram.

Sama halnya dengan dunia kerja pada umumnya, menjadi videografer juga juga harus selalu mengembangkan ide-ide cemerlangnya. Jadi tak hanya sebatas memiliki kemampuan video saja. Melainkan kamu harus mampu menjadi videografer profesional, yang siap bekerja di lokasi-lokasi berbeda. Hal ini bertujuan untuk sekaligus mengasah kreativitas yang kamu miliki agar bisa melakukan inovasi di setiap hasil karya yang kamu hasilkan.

6 dari 8 halaman

Makeup Artist (MUA)

Bagi kamu yang memiliki hobi merias wajah, kini kamu bisa lebih menekuninya dan melebarkan sayap hingga menjadikannya sebagai pekerjaan yang menyenangkan. Memang sudah ada sejak lama, namun MUA kini semakij diminati banyak orang dan sangat menjanjikan. Walaupun konsumen yang didapat tak menentu, tetapi hasil yang didapat terbilang cukup besar.

MUA sangat digandrungi karena banyak masyarakat zaman sekarang ini yang menggunakan makeup untuk pesta atau acara besar saja. Melainkan untuk kegiatan sehari-harinya saja, beberapa orang kerap ingin mengenakan makeup dan tentunya membutuhkan jasa dari MUA ini.

7 dari 8 halaman

Digital Marketers

Kini media konvensional seperti brosur, poster, billboard, dan lain sebagainya mulai tersaingi dengan adanya teknologi digital. Hal ini sangat berpengaruh pada strategi pemasaran yang dilakukan, di mana kini lebih mudah dan murah melakukannya dengan mengandalkan teknologi digital.

Bagi pemasar digital harus menguasai SEO, strategi media sosial hingga memproduksi konten digital yang tepat dan menarik. Tuntutan pekerjaan tersebut sepadan bila kamu yang memilih bekerja disni mendapatkan hasil atau gaji yang tinggi.

8 dari 8 halaman

Animator

Pekerjaan ini memang bukan termasuk ke dalam macam-macam pekerjaan baru. Namun kini menjadi animator sangatlah menjanjikan. Perkembangan teknologilah yang menjadi faktor seorang animator masih sangat berjaya hingga saat ini. Adanya teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) menjadi lading pekerjaan bagi para animator ini.

Ya, konten dalam VR dan AR ini diproduksi oleh para animator yang bekerja dalam suatu perusahaan. Ini bertujuan untuk memasarkan produk dari perusahaan itu dengan bentuk yang lebih menarik. Maka tak heran, kalau jasa animator sangat dicari oleh perusahaan besar untuk membuat konten guna menarik minat konsumennya.