Sukses

3 Cara Scan Dokumen dengan Ponsel, Tak Perlu Scanner Lagi

Liputan6.com, Jakarta Memindai suatu dokumen fisik ke dalam bentuk digital biasanya diperlukan perangkat pemindai yang biasa disebut scanner. Namun, bagaimana jika suatu saat Anda harus memindai sebuah dokumen dengan cepat tapi tak menemukan alat pemindai? Tak jarang seseorang tak memiliki alat pemindai sendiri mengharuskanya untuk meminjam atau pergi ke tempat pemindaian. Alat pemindai atau scanner juga bisa terbilang mahal.

Beruntungnya, kemajuan teknologi mempermudah segalanya, tak terkecuali memindai dokumen. Tak perlu alat scanner khusus, Anda dapat memindai dokumen apapun menggunakan ponsel. Kini, memindai dokumen tidak harus melibatkan mesin ukuran printer yang besar itu.

Yang Anda butuhkan hanyalah ponsel cerdas dan aplikasi pemindai yang bagus. Cara ini pastinya lebih hemat dan mudah, hasilnya pun tak kalah baik dari alat pemindai. Dengan aplikasi tertentu Anda dapat memindai dokumen hanya dengan mengambil gambar.

Tidak hanya itu, Anda dapat mengubah dokumen yang dipindai menjadi PDF dan membagikannya melalui layanan seperti Dropbox atau Google Drive. Berikut cara memindai dokumen dengan ponsel yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/6/2019).

2 dari 4 halaman

Menggunakan Google Drive

Bagi Anda pengguna Android, tak perlu repot mengunduh aplikasi scan tambahan. Google Drive dapat dimanfaatkan sebagai pemindai dokumen. Anda pun dapat menyimpannya dalam format PDF di Google Drive Anda. Berikut caranya:

1. Buka aplikasi Google Drive

2. Di kanan bawah, ketuk Tambah (Add)

3. Pilih opsi "Scan"

4. Ambil foto dokumen yang ingin Anda pindai.

Sesuaikan area pemindaian: Ketuk Pangkas (Crop).

Ambil foto lagi: Ketuk Re-scan halaman "Re-scan current page".

Pindai halaman lain: Ketuk Tambah (Add).

5. Untuk menyimpan dokumen yang sudah selesai, ketuk Selesai (Done).

Dokumen yang Anda foto akan terpindai layaknya Anda memasukkannya ke dalam mesin pemindai. Pindaian yang diunggah ditambahkan ke Google Drive sebagai PDF dan namanya diawali dengan kata “Scanned”, diikuti oleh tanggal dan waktu. Anda dapat memindahkan, mengganti nama, atau menghapus dokumen yang dipindai dengan mengklik tiga titik di sebelah nama file.

Untuk lebih mempermudah dalam memindai di kemudian hari, Anda dapat menambahkan pintasan Pemindai Google Drive ini ke layar utama ponsel Anda. Berikut caranya:

1. Buka widget ponsel atau tablet Android Anda.

2. Temukan widget "Drive scan".

3. Sentuh dan tahan widget.

4. Seret ke layar utama Anda. Anda mungkin diminta untuk memilih akun.

5. Pilih folder tempat Anda menyimpan dokumen. Jika Anda ingin membuat folder, ketuk Folder Baru Folder baru.

6. Ketuk Pilih. Anda akan melihat nama folder di widget.

3 dari 4 halaman

Cara memindai menggunakan iPhone

Rilis iOS 11 menambahkan fitur pemindaian baru ke Notes, jadi untuk menggunakan opsi ini, pertama-tama pastikan iPhone Anda telah diperbarui ke iOS 11. Berikut adalah langkah-langkah untuk memindai dokumen ke iPhone menggunakan fitur pemindaian di Notes:

1. Buka Notes.

2. Ketuk ikon kotak dengan pensil di dalamnya untuk membuat catatan baru.

3. Ketuk lingkaran dengan tanda + di dalamnya.

4. Menu muncul di atas keyboard Anda. Di menu itu, ketuk lagi lingkaran dengan tanda + di dalamnya.

5. Pilih Scan Documents.

6. Posisikan kamera ponsel Anda di atas dokumen yang akan dipindai. Notes akan secara otomatis fokus dan mengambil gambar dokumen Anda atau Anda dapat mengontrolnya secara manual dengan mengetuk tombol rana sendiri.

7. Setelah Anda memindai halaman, Notes akan menunjukkan kepada Anda pratinjau dan memberikan opsi untuk Keep Scan atau Retake.

8. Setelah selesai memindai semua halaman, Anda dapat meninjau daftar dokumen yang dipindai di Notes. Jika Anda perlu melakukan koreksi, seperti memotong gambar atau memutar gambar, cukup ketuk gambar halaman yang ingin Anda koreksi dan itu akan membuka halaman itu dengan opsi pengeditan ditampilkan.

10. Ketika Anda selesai dengan koreksi apa pun, ketuk Selesai/Done di sudut kiri atas untuk menyimpan pemindaian yang disesuaikan secara otomatis.

11. Saat Anda siap untuk mengunci pemindaian sebagai PDF, ketuk ikon Unggah/Upload. Anda kemudian dapat memilih untuk membuat PDF, menyalin ke program lain, dan sebagainya.

12. Ketuk Buat PDF. PDF dari dokumen yang dipindai Anda akan terbuka di Notes. Ketuk Selesai/done.

4 dari 4 halaman

Menggunakan CamScanner – Phone PDF Creator

Jika Anda tidak dapat menggunakan Google Drive untuk memindai, masih banyak aplikasi gratis di Play Store untuk memindai. Salah satu aplikasi yang cukup populer adalah CamScanner – Phone PDF Creator. CamScanner menawarkan fitur yang Anda butuhkan untuk memindai dokumen Anda secara efisien.

Dengan menggunakan kamera ponsel Anda, Anda dapat memindai faktur, kwitansi, catatan, kartu nama, sertifikat, dan lainnya. Jadikan pemindaian Anda sempurna dengan fitur penambah otomatis dan smart shortcut.

Aplikasi ini dengan cepat menemukan pemindaian khusus dengan fitur pencarian cepat hanya dengan memasukkan kata kunci untuk menghemat waktu yang berharga. Anda juga dapat berbagi file PDF / JPG melalui media sosial atau sebagai lampiran email.

Jika Anda mengupgrade aplikasi ke akun Premium, Anda dapat menikmati fitur seperti mengekstraksi gambar dari teks, berkolaborasi dengan teman-teman, membuat folder dalam jumlah tak terbatas, dan banyak lagi.