Sukses

Penyebab Wasir dan Gejalanya yang Tak Boleh Disepelekan, Bisa Semakin Parah

Liputan6.com, Jakarta Wasir atau yang biasa disebut juga dengan ambeien merupakan penyakit yang tergolong tidak berbahaya. Namun bila didiamkan dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa berakibat fatal bagi penderitanya.

Wasir merupakan suatu kondisi simana terjadi pelebaran dari pembuluh darah yang berlokasi di sekitar anus. Pembuluh darah anus yang melebar ini seringkali teregang hebat, menipis, dan teriritasi.

Kondisi tersebut terutama terjadi bila faktor-faktor risiko terus berulang misalnya saja sering mengalami buang air besar yang keras. Selain itu, masih ada beberapa penyebab wasir yang kerap disepelekan. Walaupun memang tak terlihat berbahaya, namun bila wasir ini dibiarkan terlalu lama atau semakin parah bisa sampai pada operasi.

Kamu tak bisa menyepelekan penyakit ini. Oleh karena itu, pentingnya untuk mengetahui penyebab wasir, gejala wasir, serta cara menghilangkan rasa sakitnya yang kerap mengganggu aktivitasmu. Berikut Liputan6.com, Sabtu (29/6/2019) telah mengulas seputar penyebab wasir yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 6 halaman

Mengenal Tentang Wasir

Ambeien atau wasir merupakan suatu penyakit patologis yang terjadi akibat melebarnya pembuluh vena pada area anus. Dalam dunia medis, wasir disebut dengan hemorrhoid. Pelebaran pembuluh darah vena ini seringkali disebabkan karena adanya dorongan atau daya mengejan yang terlalu kuat disertai dengan sembelit.

Penyakit ini tidaklah menular. Namun meski begitu, wasir akan menyebabkan penderitanya merasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan sensasi sakit, perih bahkan gatal. Wasir memang tidak akan terlihat, namun apabila penyakit ini sudah parah sampai pada tahap IV, akan sangat mengerikan karena bisa sampai pada operasi.

3 dari 6 halaman

Gejala Umum yang Dirasakan

Tanda atau gejala umum yang sering tidak disadari oleh kebanyakan orang adalah saat selesai buang air besar merasa perih atau gatal. Belum lagi bila mengejan dan ternyata kotoran yang keluar beserta dengan darah. Bila hal ini sudah terjadi, maka kamu perlu mewaspadainya dan mulai menghindari penyebabnya.

4 dari 6 halaman

Penyebab Wasir yang Jarang Diketahui

Mengejan Saat Buang Air Besar

Penyebab wasir yang pertama sering dilakukan adalah seringnya mengejan saat buang air besar. Mengejan bisa menimbulkan efek penekanan pada plexus haemorrhoidalis atau pembuluh darah yang mengelilingi rektum dan anus.

Pembukuh darah inilah yang nanti akan merenggang karena mendapat tekanan tinggi dari dalam. Mengejan biasanya dipicu oleh konstipasi atau frekuensi buang air besar yang tidak lancar serta feses yang kering.

Kurangnya Asupan Berserat

Berikutnya, kebiasaan yang menjadi penyebab wasir adalah kurangnya asupan makanan berserat. Penyebab wasir yang satu ini sering tidak disadari. Hampir kebanyakan orang hanya sebatas mementingkan rasa kenyang tanpa memikirkan asupan makanan yang mudah dicerna. Nah, bila kamu kekurangan serat di dalam tubuh bisa membuat feses menjadi kering sehingga sulit turun untuk keluar menuju anus.

Maka sebisa mungkin untuk memperhatikan konsumsi serat yang cukup. Hindari makanan yang mengandung minyak dan digoreng dalam waktu lama. Selain itu juga perlu menghindari konsumsi makanan pedas tanpa ditakar.

5 dari 6 halaman

Penyebab Wasir yang Wajib Diwaspadai

Kurangnya Asupan Air Putih

Penyebab wasir yang selanjutnya adalah kurangnya mengonsumsi air putih dan terlalu sering mengonsumsi kopi atau alkohol. Ya, mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup sangatlah penting. Di mana hal ini bisa membantu feses menjadi lebih lunak sehingga buang air besar bisa lebih mudah.

Nah, kalau kamu kekurangan air putih karena jarang minum air putih, maka hal ini bisa menyebabkan feses menjadi kering dan membuat kototan harus didorong keluar dan mengakibatkan dinding anus bagian dalam terluka. Hal ini bisa mengakibatkan darah keluar.

Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi air putih sebanyak dua liter dalam sehari atau disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu.

Kebiasaan Duduk yang Lama

Selain kebiasaan yang tidak baik di atas, masih ada lagi penyebab wasir yang kerap disepelekan. Ya, penyebab wasir selanjutnya adalah duduk terlalu lama. Kegiatan yang mengharuskan kamu untuk duduk terlalu lama akan membguat peredaran darah di sekitar pembuluh vena di area anus terhambat sehingga akan menimbulkan ambeian atau wasir.

Risiko terjadinya wasir bila kamu tidak mengimbanginya dengan mengambil sedikit waktu untuk berjalan-jalan. Selain itu, tidak pernah berolahraga yang bisa membuat badan tidak sehat karena tidak melakukan aktivitas bergerak sehingga menyumbangkan peran dalam penyebab wasir.

6 dari 6 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Wasir, Aman dan Ampuh

Kompres dengan Air Hangat

Cara menghilangkan rasa sakit karena wasir pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Gunakan kain atau lap bersih yang sudah dicelupkan ke dalam air panas. Kemudian tepuk-tepukkan atau tempelkan pada bagian belakang yang terasa sakit selama 20 menit.

Kamu juga bisa berendam dengan menggunakan air panas ketika mandi, untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan karena wasir yang iritasi. Mengompres wasir dengan air hangat bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari atau setiap kamu buang air besar.

Perbanyak Konsumsi Serat

Feses yang keras dan sulit keluar akan membuat wasir terasa sakit bahkan bisa mmebuatnya lama untuk sembuh karena tekanan yang berlebihan saat buang air besar. Oleh karena itu, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi.

Tidak hanya untuk meringankan rasa sakit saat buang air besar, makanan dengan kandungan serat yang tinggi juga bisa meredakan inflamasi, mengurangi pendarahan pada wasir, dan mencegahnya bertambah besar. Kamu bisa mendapatkan asupan serat yang tinggi pada makanan seperti brokoli, gandum utuh, buah segar, beras merah, dan lain sebagainya.

Mengonsumsi Obat

Mengonsumsi obat minum juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa sakit saat wasir. Terutama bila terjadi penggumpalan darah yang kadang sakitnya terlalu intens. Obat untuk ambeien umumnya aman dikonsumsi dan bisa ditemukan dengan mudah di apotek terdekat. Kamu bisa mengecek terlebih dulu kandungan obatnya sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya.

Flavonoid merupakan kandungan yang sebaiknya ada pada obat wasir. Flavonoid adalah zat alami yang berfungsi sebagai antioksidan, antiinflamasi, antimutagenik, antikarsinogenik, dan membantu meningkatkan fungsi enzim seluler.

Pada pengobatan wasir, flavonoid berfungsi meningkatkan laju peredaran darah ke seluruh tubuh, mengurangi kebocoran pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dari jantung, mengurangi peradangan, dan membantu pembuangan racun pada limpa.