Sukses

7 Manfaat Sekoteng Untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol

Sekoteng sangat baik dikonsumsi oleh semua kalangan

Liputan6.com, Jakarta Sekoteng merupakan minuman khas Jawa Tengah dengan rasa jahe yang biasanya dihidangkan dalam keadaan masih panas. Sekoteng biasanya dicampurkan dengan berbagai isian, seperti kacang hijau, potongan roti, kacangan tanah, dan lain-lain. 

Sekoteng sangat pas menemani kamu saat menikmati udara dingin malam. Apalagi dengan jahe sebagai bahan utamanya, membuat minuman penghangat badan satu ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sekoteng sangat baik dikonsumsi oleh semua kalangan. Dengan seduhan jahe yang memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan, sekoteng bahkan bisa menetralkan tubuh setelah mengonsumsi gorengan seperti pisang goreng, tempe goreng, dan lain sabagainya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (30/6/2019) tentang manfaat sekoteng untuk kesehatan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menghangatkan Badan dan Mengurangi Pusing

Menghangatkan badan

Manfaat sekoteng yang pertama tentunya adalah sebagai penghangat badan. Air jahe yang merupakan bahan utamanya dapat menaikkan suhu di dalam tubuh. Bagi orang-orang yang tinggal di daerah dingin, minum sekoteng di malam hari akan sangat berguna dan bermanfaat dalam menangkal rasa dingin pada tubuh.

Mengurangi Pusing

Manfaat sekoteng yang selanjutnya adalah dapat mengurangi pusing. Rasa jahe yang dikandung oleh sekoteng dapat merangsang darah untuk mengalir ke otak. Dengan begitu, sekoteng memiliki manfaat luar biasa dalam mengatasi sakit kepala. Jadi buat kamu yang sering merasakan pusing dan sakit kepala, sekoteng merupakan solusi yang sangat tepat untuk dikonsumsi.

3 dari 4 halaman

Mengurangi Nyeri Menstruasi dan Mencegah Morning Sickness

Mengurangi nyeri menstruasi

Selain itu, sekoteng juga bermanfaat bagi wanita, terutama wanita yang sedang haid. Mengonsumsi sekoteng dapat mengurangi rasa sakit atau nyeri yang dialami saat sedang menstruasi. Manfaat jahe pada sekoteng ini sama dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat. Jadi para wanita bisa berjaga-jaga saat menstruasi dengan menyiapkan sekoteng.

Mencegah Morning Sickness

Mornign sickness merupakan suatu gejala mual dan muntah yang biasanya dialami oleh wanita pada masa awal kehamilan. Dalam hal ini, sekoteng bisa mengurangi gejala morning sickness ini dengan kandungan jahe.

Namun, hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, karena pada masa kehamilan tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan dan minuman.

4 dari 4 halaman

Mengurangi Mual, Mencegah Osteoporosis, dan Menurunkan Kolesterol

Mengurangi mual dan muntah setelah operasi

Selain bermanfaat dalam mengatasi mual dan muntah pada masa awal kehamilan, sekoteng juga bisa mengurangi mual dan muntah yang biasa terjadi setelah operasi. Hal ini terkait dengan khasiat jahe yang dapat mempengaruhi otak dan sistem saraf. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk minum jahe terlebih dahulu sebelum operasi.

Mencegah Osteoporosis

Seperti yang telah banyak diketahui, sekoteng memang sangat bermanfaat untuk orang tua dengan usia lanjut. Salah satunya karena mengonsumsi sekoteng dapat mencegah osteoporosis. Osteoporosis adalah kondisi yang sering dialami oleh orang-orang usia lanjut dimana tulang-tulang tubuhnya menjadi lemah dan tubuh akan sakit jika banyak bergerak.

Hal ini karena jahe dalam sekoteng berguna dalam mengurangi peradangan pada sendi dan merangsang tubuh untuk menproduksi asam salisilat. Asam salisilat ini sangat bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit yang biasa dialami oleh orang-orang yang lanjut usia.

Menurunkan kolesterol

Sekoteng juga dapat menetralkan tubuh setelah makan gorengan. Hal ini berkaitan dengan kolesterol sebagai penyakit yang sering dialami di Indonesia karena pemilihan makanan yang tidak teratur. Namun, kamu tetap harus berhati-hati dalam memilih makanan. Bila tetap sering makan gorengan dan makanan berlemak lainnya, maka efek yang diberikan sekoteng tetap tidak akan cukup menjaga kesehatanmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.