Sukses

6 Benda Ini Tidak Seharusnya Disimpan di Kamar Mandi, Bisa Berbahaya

Liputan6.com, Jakarta Sebagai tempat untuk mandi, membersihkan diri atau sekedar buang air kecil dan cuci kaki, setiap orang tentu punya kamar mandi di rumah. Namun, dewasa ini tampaknya kamar mandi tak hanya digunakan untuk mandi saja.

Lebih jauh, kamar mandi juga sering kali digunakan sebagai tempat untuk mencuci, merias diri, bercukur dan lain sebagainya. Karena semakin banyak aktivitas yang dilakukan di kamar mandi, hal ini juga memungkinkan seseorang untuk menaruh berbagai perabotan dan benda di kamar mandi.

Walaupun begitu, hanya karena menghabiskan banyak waktu di kamar mandi, bercukur, merias wajah, tidak berarti kamu menyimpan semua barang di sana. Ada barang-barang yang memang tidak seharusnya disimpan di kamar mandi.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang benda yang tidak seharusnya disimpan di kamar mandi dari berbagai sumber, Senin (1/7/2019). 

2 dari 4 halaman

Handuk dan Sikat Gigi

Handuk

Benda pertama yang tidak seharusnya disimpan di kamar mandi adalah handuk. Tentunya banyak orang yang meletakkan handuknya di kamar mandi karena akan lebih praktis saat akan memakainya. Padahal kamar mandi merupakan tempat yang paling buruk untuk menyimpan handuk.

Hal ini disebabkan karena kamar mandi merupakan tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri yang tentunya menyebabkan berbagai penyakit pada tubuh nantinya.

Biasakan taruh di tempat yang kering setelah menggunakan handuk. Ini akan mengurangi sumber pertumbuhan jamur. Hal ini juga berlaku pada cucian yang biasa kamu biarkan di kamar mandi.

Sikat gigi

Benda kedua yang mungkin juga sering ditempatkan di kamar mandi adalah sikat gigi. Padahal meletakkan sikat gigi di kamar mandi juga bisa membahayakan buat kesehatan kamu.

Pertimbangkan untuk menyimpan sikat gigi di tempat yang kering. Bila diletakkan di wastafel, terlebih tempat sampah berada tak jauh darinya, ini dapat menaikkan risiko pertumbuhan bakteri.

Sikat gigi yang ditaruh di wastafel berada di jalur langsung untuk kuman yang berasal dari orang yang mencuci tangan. Tak hanya itu, saat menyiram toilet, kuman dan bakteri akan tersemprot ke udara dan langsung menuju sikat gigi kamu.

3 dari 4 halaman

Peralatan Make Up dan Obat-Obatan

Peralatan Makeup

Makeup juga sering sekali diletakkan di kamar mandi oleh kebanyakan orang karena lebih praktis dalam merias wajah. Apalagi pencahayaan terbaik untuk merias wajah mungkin di kamar mandi, tapi jangan letakkan peralatan makeup di sana. Suhu tinggi, uap, dan kelembaban di kamar mandi dapat mendorong pertumbuhan jamur dan membuat produk makeup kedaluwarsa lebih cepat.

Makeup seharusnya disimpan di tempat dengan suhu ruangan. Sedangkan suhu di kamar mandi mudah berubah. Selain itu, hal ini juga berlaku bagi cat kuku. Kalau ingin cat kuku lebih tahan lama, simpan jauh-jauh dari kamar mandi yang suhunya mudah berubah.

Obat-obatan

Benda selanjutnya yang tidak seharusnya disimpan di kamar mandi adalah obat-obatan. Hampir sama dengan makeup, obat-obatan juga seharusnya disimpan di suhu ruangan, plus di tempat yang kering.

Taruh obat-obatan di tempat seharusnya, di lemari obat-obatan. Panas dan kelembaban dari air di kamar mandi dapat mengacaukan keefektifan obat tersebut. Bila tidak memiliki lemari obat-obatan, bisa ditaruh di meja samping tempat tidur. Tapi pastikan tidak terjangkau oleh anak-anak.

4 dari 4 halaman

Alat Cukur dan Parfum

Alat Cukur

Udara lembab di kamar mandi tidak baik untuk pisau cukur kamu. Daripada tumpul dan harus membelinya berulang-ulang kali, mending disimpan di luar kamar mandi saja.

Lingkungan lembab bisa menyebabkan mata pisau teroksidasi dan berkarat sebelum digunakan. Kecuali pisau cukur tadi disimpan dalam bungkusan kedap udara, temukan tempat lain untuk menyimpan peralatan bercukur kamu.

Parfum

Parfum favorit kamu bisa berubah jadi berbau tak sedap jika berada di kamar mandi terlalu lama. Perubahan suhu yang drastis akan merusak wanginya. Sebaiknya simpan parfum di atas lemari atau meja rias, jauh dari sinar matahari langsung dan di tempat yang suhunya konstan.

Loading