Sukses

Wanita Bawa Anjing Masuk Masjid di Bogor, Ini Keterangan Polisi dan MUI

Seorang perempuan membawa anjing masuk ke dalam Masjid Al Munawaroh Sentul City, Kabupaten Bogor.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan seorang perempuan yang membawa anjing masuk ke dalam Masjid Al Munawaroh Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Perempuan berinisial SM (52) itu masuk ke dalam masjid tanpa melepas alas kaki sambil menggendong anjing.

Wanita tersebut datang ke masjid untuk mencari suaminya yang katanya akan menikah di masjid tersebut. Kemudian perempuan tersebut berseteru dengan marbot dan jamaah masjid memintanya untuk keluar dari area masjid.

Akan tetapi, SM justru mengamuk dan melepaskan hewan peliharaannya itu di atas karpet masjid. Petugas keamanan masjid dan jemaah yang hendak melaksanakan salat zuhur terus berupaya menghalang-halangi perempuan paruh baya itu serta mengusir anjing agar tidak masuk ke dalam masjid.

Tak lama kemudian, petugas polisi tiba di lokasi dan membawa wanita yang membawa anjing tersebut ke kantor polisi setelah sebelumnya dibawa pulang ke rumahnya terlebih dulu. 

Lebih lanjut, kasus ini sudah ditangani oleh polisi. Kasubag Humas Polres Bogor AKP Ita Puspitalena membenarkan kejadian tersebut dan telah memintai keterangan beberapa saksi serta mengamankan pelaku SM.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diduga Depresi

Pihak Polres Bogor membenarkan kejadian tersebut serta mengamankan pelaku SM. Wanita itu diduga sedang depresi. Dugaan itu diperoleh setelah SM diperiksa di kantor polisi. Saat diperiksa, perempuan tersebut berteriak-teriak histeris dan memberikan keterangan berbelit-belit.

"Saat pemeriksaan tadi malam, SM emosinya meluap dan tidak memberikan keterangan secara konsisten, seperti depresi berat sehingga sulit diperiksa," kata Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky, Senin (1/7/2019).

"Dari keterangan suaminya, yang bersangkutan memiliki gangguan kejiwaan. Pada saat kejadian itu, suaminya juga mengaku tidak ada di masjid. Jadi tuduhan suaminya akan nikah lagi di masjid itu masih simpang siur," katanya.

Namun demikian, pemeriksaan terhadap SM bukan berarti penyelidikan perkara ini berhenti. Kepolisian membawa perempuan itu menjalani pemeriksaan kejiwaan di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur.

Kasubag Humas Polres Bogor AKP Ita Puspitalena juga membenarkan kejadian tersebut dan telah memintai keterangan beberapa saksi serta mengamankan pelaku SM. "Kami sudah kumpulkan 4 orang saksi dari DKM dan jamaah mesjid Al Munawaroh untuk diperiksa," tukas Ita, Minggu (30/6) kemarin.

Hingga kini, motif aksi tersebut masih terus diselidiki. "Keterangan sementara tujuannya datang ke masjid mencari suaminya," sambung Ita.

3 dari 3 halaman

MUI Minta Masyarakat Tidak Terprovokasi

Menanggapi aksi wanita yang membawa anjing masuk ke dalam masjid, ketua MUI Kabupaten Bogor KH Mukri Aji mengingatkan umat Islam agar tidak emosional. Umat Islam diimbau tetap tenang dan menyerahkan perkara tersebut dituntaskan secara terbuka agar kejadian serupa tidak terulang.

 

"Hewan tidak layak ke masjid, apalagi yang bersangkutan masuk memakai sepatu. Kita percayakan kasus ini kepada polisi," kata Mukri.

Mukri meminta masyarakat tidak terprovokasi dengan kasus tersebut. Ia berharap kasus itu menjadi pembelajaran bagi semua pihak. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini