Sukses

Macam-Macam Bahasa Pemrograman yang Menarik Untuk Dipelajari

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam bahasa pemrograman digunakan supaya kamu bisa menikmati berbagai program yang ada di komputer. Bahasa pemrograman ini wajib dikuasai oleh seorang pengembang program agar dapat membangun sebuah aplikasi atau software.

Bahasa pemrograman sendiri adalah rangkaian kata-kata yang merupakan instruksi atau perintah-perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang bisa dimengerti oleh komputer. Seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data disimpan dan jenis langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Macam-macam bahasa pemrograman memiliki tingkatan dan kegunaannya masing-masing. Jumlah bahasa pemrograman ini sangat banyak. Untuk Mengembangkan sebuah software biasanya developer menggunakan satu atau dua bahasa pemrograman saja.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (1/7/2019) tentang macam-macam bahasa pemrograman.

2 dari 5 halaman

Tingkatan Bahasa Pemrograman

1. Bahasa Tingkat Tinggi

Bahasa pemrograman masuk tingkat ini karena bahasa tersebut mendekati bahasa manusia. Contohnya seperti Bahasa Basic, Visual Basic, Pascal, Java, dan lainnya.

2. Bahasa Tingkat Menengah

Disebut tingkat menengah karena bisa masuk ke dalam bahasa tingkat tinggi maupun rendah. Contohnya seperti Bahasa C.

3. Bahasa Tingkat Rendah

Bahasa pemrograman tingkat ini karena bahasanya masih jauh dari bahasa manusia. Contohnya bahasa Assembly

3 dari 5 halaman

Macam-macam bahasa pemrograman

Bahasa pemograman Python

Bahasa Pemrograman python akhir-akhir ini sedang sangat populer dibandingkan macam-macam bahasa pemrograman lainnya. Python dalam tingkatan bahasa pemrograman termasuk bahasa tingkat tinggi.

Python adalah bahasa pemrograman dinamis yang mendukung pemrograman berorientasi obyek. Sebagai salah satu macam-macam bahasa pemrograman, pyhton dapat digunakan untuk berbagai keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi.

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun berbasis mobile. Bahasa pemrograman phyton ini sering dibahas dimana-mana.

Bahasa pemograman Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer serta perangkat mobile. Java menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler bukan karena tanpa alasan, bahasa pemrograman ini memiliki beberapa kelebihan, misalnya bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda. Bahasa pemrograman ini termasuk ke dalam pemrograman orientasi objek sehingga programer lebih mudah dalam menyusun program menggunakan bahasa ini.

Selain itu bahasa ini juga memiliki library yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan programer. Sebagai salah satu dari macam macam bahasa pemrograman, Java tidak boleh disalahpahami sebagai JavaScript. JavaScript adalah bahasa scripting yang digunakan oleh web browser yang akan dibahas juga setelah ini.

4 dari 5 halaman

JavaScript dan PHP

Bahasa Pemrograman Javascript

Sepeti yang telah disebutkan sebelumnya, sebagai salah satu macam-macam bahasa pemrograman, javascript berbeda dengan bahasa pemrograman java. Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape.

Penggunaan JavaScript saat ini kebanyakan terdapat pada pengembangan web. Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript. Dengan JavaScript ini kita bisa membuat web yang interaktif dan menarik.

Bahasa pemograman PHP

PHP juga merupakan salah satu macam-macam bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.

Bahasa pemrograman satu ini selain gratis, juga banyak digunakan karena bahasa pemrograman ini merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis.

5 dari 5 halaman

Bahasa pemrograman C Serta Bahasa Pemrograman HTML dan CSS

Bahasa pemrograman C

Bahasa pemrograman C merupakan salah satu dari macam-macam bahasa pemrograman tertua. Bahkan bahasa pemrograman C ini menjadi dasar untuk mempelajari bahasa pemrograman yang lain, karena memang bahasa C ini merupakan "bapak" dari bahasa pemrograman lain seperi C#, Java, C++, dan lain sebagainya.

Hampir sebagian besar perguruan tinggi jurusan IT ataupun lembaga kursus pemrograman menggunakan bahasa ini untuk dipelajari pertama kali sebelum mempelajari bahasa pemrograman yang lain

Dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia.

Bahasa pemrograman HTML dan CSS

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Macam macam bahasa pemrograman selanjutnya adalah Cascading Style Sheets (CSS) yang merupakan suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup.

Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

 

Loading