Sukses

6 Wisata Tawangmangu, Suguhkan Panorama Pegunungan yang Sejuk

Liputan6.com, Jakarta Wisata Tawangmangu bisa menjadi alternatif rekreasi saat berkunjung ke Kota Solo. Tawangmangu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sekitar 40 Km dari Kota Solo, Anda dapat merasakan kesejukan udara pegunungan. Wisata Tawangmangu memang terkenal dengan objek wisata pegunungan di lereng barat Gunung Lawu.

Tawangmangu berada pada daerah pegunungan yang subur dan dikelilingi oleh hutan dan perbukitan. Wisata Tawangmangu cocok bagi Anda yag mencari kesegaran alam. Terdapat berbagai pilihan wisata Tawangmangu untuk para wisatawan. Mulai dari air terjun, perkemahan, hingga wisata edukasi, wisata Tawangmangu tak boleh terlewatkan.

Akses menuju berbagai wisata Tawangmangu ini pun terbilang mudah. Pemerintah setempat telah memelihara jalur transportasi dengan baik. Berikut pilihan wisata Tawangmangu yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/7/2019).

2 dari 7 halaman

Bumi Perkemahan Sekipan

Seperti namanya, Bumi Perkemahan Sekipan merupakan area perkemahan yang terletak di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Karanganyar. Area ini berada pada ketinggian 1.100 meter dari permukaan laut. Bumi Perkemahan Sekipan merupakan tempat yang tepat untuk berkemah bersama keluarga atau teman.

Di samping berfungsi sebagai arena Camping Ground, Sekipan juga menjadi ajang penelitian jenis tanaman hutan dan edukasi alam. Tak cuma berkemah, pengunjung juga bisa sekadar menikmati kesejukan pohon pinus yang menjulang tinggi dan suasana pegunungan yang menenangkan.

Untuk dapat masuk ke Bumi Perkemahan Sekipan Anda cukup membayar Rp 7.500 per orang. Jika ingin berkemah, dikenakan tarif Rp 10.000 per malamnya.

3 dari 7 halaman

New Balekambang

Tak jauh dari Bumi Perkemahan Sekipan, ada tempat wisata keluarga yang tak kalah menarik. Taman New Balekambang Tawangmangu menawarkan wana wisata keluarga berupa taman dengan berbagai fasilitas. Wisata ini tergolong wisata baru dan menjadi tujuan favorit wisatawan saat berkunjung ke Tawangmangu.

Disini terdapat miniatur ikon dunia, mulai dari Menara Eiffel hingga Candi Borobudur yang cocok bagi Anda pemburu foto instagramable. Selain itu ada pula wahana outbound dan flying fox, ATV, Paint Ball, High Rope dan masih banyak lagi.

Untuk dapat masuk ke tempat ini, Anda cukup merogoh kocek 12.000/orang untuk hari biasa, dan 15.000/orang di akhir pekan atau hari libur nasional. Untuk permainan seperti Flying fox, high rope, paint ball dan ingin menaiki skuter, sepeda lipat dan ATV, anda akan dikenai biaya tambahan.

4 dari 7 halaman

Rumah Atsiri Indonesia

Rumah Atsiri Indonesia merupakan wisata edukasi yang baru dibuka pada 2018 lalu. Rumah Atsiri Indonesia merupakan taman rekreasi dan edukasi atsiri pertama di Indonesia. Atsiri atau yang biasa dikenal denang minyak esensial merupakan bahan utama dari berbagai produk seperti kosmetik, kesehatan, hingga makanan.

Rumah Atsiri Indonesia ini dulunya merupakan pabrik citronella yang sudah ada di Indonesia sebelum Perang Dunia Kedua dan telah menjadi salah satu penghasil minyak atsiri terbaik di dunia. Di Rumah Atsiri Indonesia pengunjung bisa menambah pengetahuan seputar minyak atsir dengan mengikuti tur yang telah disediakan oleh pengelola. Mata pengunjung juga akan dimanjakan dengan hamparan taman atsiri yang indah.

Untuk dapat menikmati pengalaman di Rumah Atsiri Indonesia, Anda cukup menyiapkan uang Rp 50.000 per orang untuk membeli voucher. Voucher ini dapat digunakan untuk mengikuti berbagai aktivitas di Rumah Atsiri Indonesia seperti workshop, berbelanja oleh-lehm hingga menikmati hidangan atsiri di resto yang ada.

5 dari 7 halaman

Grojogan Sewu

Salah satu wisata Tawangmangu yang paling terkenal sejak lama dalah Air Terjun Grojogan Sewu. Grojogan Sewu berarti air terjun seribu. Kata sewu atau seribu berasal dari seribu pecak, atau satuan jarak yang digunakan saat itu yang merupakan tinggi air terjun. Satu pecak sama dengan satu telapak kaki orang dewasa.

Hutan Wisata Grojogan Sewu memiliki luas 20 Ha. Kawasan hutan ini banyak ditumbuhi berbagai jenis pohon hutan dan dihuni oleh sekelompok kera jinak. Beberapa fasilitas dari hutan wisata ini adalah Flying Fox, kolam renang, tempat istirahat, kios makanan, kios buah-buahan dan cinderamata, mushola dan MCK. Untuk masuk ke Air Terjun Grojogan Sewu, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang.

6 dari 7 halaman

Puncak Lawu

Puncak Gunung Lawu atau sering disebut Puncak Lawu merupakan wisata pendakian yang menantang dan penuh misteri. Puncak Lawu dapat diakses melalui Cemoro Kandang, desa Gondosuli Kecamatan Tawangmangu.

Obyek wisata ini dipercaya oleh sebagian masyarakat Jawa sebagai pusat kekuatan spiritual dengan sejumlah petilasan bersejarah, peninggalan Raja terakhir Kerajaan Majapahit.

Di Puncak Gunung Lawu terdapat kawah yang dikenal sebagai Kawah Condrodimuko, dan tempat-tempat spiritual seperti Sendang Drajat, Sumur Jolotundo, Argo Dalem, Argo Dumilah, Pasar Dieng, Batu Tugu “Punden Berundak”, Lumbung Selayur, Telaga Kuning, dan Pawon Sewu. Gunung Lawu merupakan gunung api yang berstatus istirahat. Puncak Lawu kerap dijadikan tempat pendakian bagi para pendaki.

7 dari 7 halaman

Pasar Wisata Tawangmangu

Saat berkunjung ke Tawangmangu, tak lengkap jika tak mampir ke Pasar Tawangmangu. Pasar wisata Tawangmangu merupakan pasar tradisional yang bernuansa modern. Disini Anda bisa menemukan aneka oleh-oleh khas Tawangmangu, kuliner, dan aneka tanaman hias.

Pasar yang terletak di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar ini tertata rapi dengan bangunan representatif berlantai tiga, penataan pedagang yang cukup rapi dengan tata ruang yang sudah diklasifikasi sesuai dengan komoditas dagangannya. Di depan pasar Tawangmangu juga terdapat banyak jajanan khas Tawangmangu seperti molen dan sate kelinci.

Loading