Sukses

Punya Bentuk Mata Aneh, Ular Ini Justru Tak Terlihat Menyeramkan

The Arabian Sand Boa adalah jenis ular yang punya bentuk mata aneh.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak jenis hewan yang hidup di muka bumi ini. Salah satu jenis hewan yang banyak ditakuti oleh manusia pada umumnya adalah hewan jenis reptil seperti ular. 

Meski tak semua ular berbisa dan berbahaya, namun tetap saja bagi masyarakat awam, ular adalah hewan yang menakutkan. Ular sering dianggap berbahaya dan menganggu.

Berbagai jenis ular hidup hampir di seluruh penjuru dunia seperti di wilayah tropis bahkan hingga di wilayah gurun sekalipun. Jika ular selalu dicap menyeramkan, sepertinya jenis ular satu ini sedikit berbeda.

Pasalnya, ular ini memiliki struktur wajah dan letak mata yang membuatnya aneh dan jauh dari kata menyeramkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ular Jenis Boa Pasir Arab

Jenis ular ini adalah The Arabian Sand Boa atau ular boa pasir Arab. Spesies ular ini hanya hidup dan tinggal di Semenanjung Arab dan perlu diketahui jika ular ini tidak berbahaya untuk manusia. 

Berbeda dari ular-ular kebanyakan, spesies ular ini memiliki bentuk wajah dan mata yang unik. Jika ular lainnya memiliki mata besar di sisi kanan dan kirinya serta bentuk kepala yang jelas, ular ini justru sebaliknya.

Jenis ular Boa Pasir Arab ini memiliki mata kecil yang terletak diatas kepalanya. Bentuk matanya pun kecil berwarna kuning dan hitam. Selain itu, tengkorak kepalanya pun tak terlihat begitu jelas. 

Maka dari itu, ular ini termasuk dalam jenis boa yang cukup aneh. Meskipun memiliki mata yang berbeda dan aneh, para ilmuwan tidak yakin apakah ada alasan khusus mengapa mata ular ini begitu kecil. 

 

3 dari 3 halaman

Punya Sistem Tubuh yang Baik

Meskipun beberapa kawasan semenanjung Arab ditumbuhi beberapa pohon, namun ular ini lebih bisa bertahan hidup di area gurun yang panas dan berpasir. Selain itu ular ini memiliki sistem tubuh yang mampu mengatur suhu tubuhnya dengan sangat baik. 

Ia mampu mengatur tubuhnya hingga 50 derajat celcius pada siang dan malam hari. Padang pasir menjadi tempat para pemangsa untuk mencari makanan karena biasanya banyak reptil kecil seperti tikus, kadal kecil atau tokek akan berkeliaran pada malam hari. 

Jika ular pada umumnya berkembang biak dengan ovovivipar atau bertelur dan beranak, spesies ular Arab ini berkembang biak dengan cara bertelur. Beredarnya foto-foto ular boa pasir Arab ini membuat beberapa netizen meninggalkan komentarnya. 

"Itu seperti mata palsu yang ditempel di ekornya," tulis salah satu netizen di Facebook. 

"Saya tidak menyangka kalau wajah mereka seperti kartun," imbuh lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini