Sukses

Tinggalkan Bollywood Demi Hijrah, Begini Perjalanan Karier Zaira Wasim

Bintang film Dangal ini memutuskan untuk tinggalkan industri Bollywood dan berhijrah.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini industri Bollywood sedang digemparkan dengan keputusan berhentinya aktris muda Zaira Wasim dari dunia hiburan. Hal ini disampaikan Zaira Wasim melalui akun media sosial Twitter, Facebook dan Instagram pribadinya pada Minggu (30/6/2019).

Alasan Zaira Wasim berhenti dari dunia Bollywood adalah ingin lebih mendalami agama Islam. Curahan hatinya itu diungkapkan lewat tulisan di Instagram yang diunggahnya.

"5 tahun lalu aku membuat keputusan yang mengubah hidupku, dan hari ini aku membuat keputusan lain yang mengubah hidupku lagi. Dan kali ini untuk hidup yang lebih baik, Insya Allah! :)," tulis Zaira di Instagram.

Di tengah raihan prestasi dan kegemilangannya, Zaira Wasim memutuskan untuk berhenti berkarier sebagai aktris ternama. Ia menyatakan sepenuhnya meninggalkan Bollywood untuk berhijrah, kembali memfokuskan diri pada iman dan kepercayaannya.

Zaira Wasim merasa perjalanannya di industri hiburan berimbas pada hubungannya dengan Tuhan (agama). Sehingga bintang film Dangal dan Secret Superstar ini merasa kelelahan, kerap kali melawan hati nuraninya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menuai Kontroversi

 

Keputusan Zaira Wasim untuk hijrah menuai berbagai kontroversi di India. Ia pun mendapatkan banyak kecaman dari berbagai pihak karena pernyataannya ketika mengumumkan pensiun dari dunia akting di Bollywood.

Pro dan kontra dihadapi bintang film Dangal ini karena pernyataan yang ia tulis di media sosial. Khususnya mengenai kalimat Zaira yang menyebut bahwa akting merusak hubungannya dengan agama dan Tuhan.

"Dunia ini memang memberikan banyak cinta, dukungan, dan pujian untukku, tapi akting juga membuatku menapaki jalan ketidaktahuan, aku diam-diam dan tidak sadar menjauh dari iman," kata Zaira.

"Ketika aku bekerja di lingkungan yang secara konsisten menjauhkanku dengan iman, hubunganku dengan agama jadi terganggu," ujarnya dalam akun media sosial.

Dalam akun Instagram, unggahan Zaira itu mendapat lebih dari 27.000 komentar. Manajer Wasim mengonfirmasi unggahan sang aktris untuk tidak lagi berada dalam industri hiburan Bollywood.

3 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Zaira Wasim

Meski usia Zaira Wasim terbilang muda yakni 18 tahun, namun ia dianggap sebagai aktris yang sukses. Perempuan yang lahir di Kashmir, 18 tahun silam itu, tiba di Bollywood membawa segudang prestasi.

Zaira Wasim memulai debutnya di Bollywood lewat film Dangal pada 2016 silam. Terlihat mulus, nyatanya perjalanan karier Zaira banyak mendapatkan tentangan dari keluarga.

Orangtuanya tidak setuju ia menjadi aktris dan berkarier di Bollwyood. Namun Zaira didukung oleh sang tante yang mendorongnya untuk meraih cita-cita jadi aktris.

Dorongan dari sang tante yang kemudian membawa Zaira ke Bollywood dan bakatnya dilihat oleh Aamir Khan. Ia pun bermain menjadi salah satu anak Aamir di film Dangal.

Di film ini, Zaira berpenampilan seperti anak lelaki dengan rambut super pendek. Penampilan ini kemudian dikecam oleh kaum konservatif India. Rambut pendek Zaira dianggap tak Islami, tidak mencerminkan sosok perempuan Muslim. Gayanya terlalu lelaki dan mencoreng agama Islam dengan rambut pendeknya.

Pada tahun 2017, Zaira kembali memainkan peran sebagai perempuan muslim yang teremansipasi. Dalam film Secret Superstar, ia berperan sebagai Insia Malik yang meski taat beragama, namun tetap bisa menikmati kebebasan seperti menari dan bernyanyi.

4 dari 4 halaman

Merasa Tidak Cocok Menjadi Aktris

Dalam pernyataannya, Zaira Wasim bahkan menganggap keputusannya terjun menjadi aktris bukanlah hal yang pas. Ia kehilangan berkah dalam hidupnya.

"Walau aku merasa cocok di sini tapi aku merasa ini bukan tempatku. Saat aku berusaha tak peduli dan berusaha menyakinkan diriku ini baik-baik saja dan tidak mempengaruhi hidupku. Tapi aku kehilangan barakah dalam hidupku," tulisnya.

"Bukan hanya kebahagiaan, dan berkah, tapi kehilangan kestabilan hidup, dalam jiwaku terus bergulat untuk memperbaiki imanku dan aku sangat gagal. Tidak hanya sekali tapi beratus kali," paparnya.

Pergolakan jiwa yang selama ini dirasakan akhirnya terjawab saat ia membaca Alquran. Diakui Zaira Wasim, ia menemukan kedamaian saat membaca ayat-ayat Alquran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.